Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

DB function failed with error number 2
Could not connect to MySQL

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 504 Tamu online
Berita
Tim Audit ISO 9001:2008 ke BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 24 September 2014 14:38


Bertempat di ruang Kepala Balai 24 September 2014 Auditor dari PT. Mutu Agung Lestari datang ke BPTP Bengkulu dalam rangka audit (tahap Surveillance I ISO 9001:2008). Rangkaian acara pembukaan langsung  dibuka oleh Kepala BPTP dengan  menyampaikan tujuan dari audit adalah mengetahui peningkatan kapasitas kenerja pegawai apakah meningkat, tetap atau berkurang dari tahun sebelumnya. Rapat dihadiri oleh Peneliti Penyuluh, Stuktural dan perangkatnya.

Auditor yang mengaudit BPTP Bengkulu kali ini adalah Bambang Yudi Susanto sebagai Lead Auditor QMS, dalam sambutannya menyampaikan tujuan audit kali ini adalah melaksanakan proses audit dengan meninjau konsistensi penerapan sistem manajemen mutu terhadap ISO 9001:2008, juga dilakukan efektifitas tindakan perbaikan atas hasil audit sebelumnya. Memeriksa kesesuaian penggunaan logo sertifikasi dan meninjau peluang-peluang untuk peningkatan sistem manajemen kinerja yang diaudit.

Metode pelaksanaan audit : Wawancara, Review dokumen dan lapangan. Direncanakan audit akan dilaksanakan dari tanggal 24 s/d 26 September 2014.

Penutupan acara ditutup dengan membacakan hasil audit. Diharapkan pada audit kali ini tidak ada temuan baik temuan mayor ataupun minor, diharapkan hanya berupa saran perbaikan saja sehingga dengan demikian hal tersebut menunjukkan bahwa BPTP Bengkulu telah menerapkan ISO 9001:2008 pada setiap staf  dan menunjukkan peningkatan kinerja yang baik.
LAST_UPDATED2
 
Apresiasi Inovasi Teknologi dalam meningkatkan Produktivitas Ternak Sapi di Kabupaten Kepahiang PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 21 September 2014 16:21


Menurut Keputusan Bupati Kepahiang Nomor: 452 Tahun 2010 tentang Penetapan Lokasi Pengembangan Kawasan Produksi Peternakan Kabupaten Kepahiang adalah Kecamatan Kabawetan sebagai lokasi pengembangan kawasan produksi peternakan.
Dalam rangka mendukung program daerah Kabupaten Kepahiang sebagai salah satu daerah pengembangan ternak sapi di Provinsi Bengkulu  perlu didukung inovasi teknologi sesuai kondisi wilayah. Badan Litbang Pertanian melalui BPTP berupaya melakukan dukungan melalui berbagai Pengembangan inovasi bidang peternakan di Kabupaten Kepahiang, antara lain Kegiatan Pendampingan, Diseminasi, Pengkajian inovasi dan Penyebaran hasil kajian melalui media informasi. Untuk melihat capaian hasil dan umpan balik permasalahan dan kebutuhan inovasi bidang peternakan maka dilakukan kegiatan Apresiasi Inovasi terkait. Sosialisasi/Apresiasi Inovasi Teknologi dalam meningkatkan Produktivitas Ternak Sapi dilaksanakan di Kantor Desa Mekar Sari, Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang tanggal 18 September 2014. Tujuan diadakan acara ini adalah mempertahankan, mendorong dan memotivasi peternak rakyat baik secara individu maupun kelompok.

Sasaran apresiasi adalah : 1)Tersedianya teknologi spesifik lokasi bidang peternakan; 2) Penyebarluasan (diseminasi) teknologi bidang peternakan; 3) Sinergi program daerah dan pengkajian pengembangan inovasi bidang peternakan; 4) Peningkatan perekonomian masyarakat dan peternak di Kab. Kepahiang

Hadir Kepala BPTP Bengkulu didampingi oleh Kepala Bappeda Kabupaten Kepahiang, Camat Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang, Kepala BP4K Kabupaten Kepahiang, Kepala Dinas UKM dan Diperindak Kabupaten Kepahiang, Kepala Desa Mekar Sari Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang. Peserta berjumlah 80 orang terdiri dari Kelompok Tani Peternak Desa Mekar Sari Kabupaten Kepahiang, penyuluh, peneliti, PPL.

Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala BPTP Bengkulu menyampaikan ucapan terimakasih kerjasamanya kepada Pemda Kepahiang terutama Kecamatan Kabawetan dengan dilaksanakan 3 kegiatan pengkajian. Kabupaten Kepahiang yang menghasilkan produk utama berupa biji kopi juga memiliki potensi besar untuk menghasilkan berbagai produk samping yang memilikl nilai ekonomi namun hingga kini belum banyak termanfaatkan. Tujuan dari Apresiasi ingin mendapatkan masukan dari pemerintah daerah, kegiatan apa yang dibutuhkan di Kabupaten  Kepahiang yang berkaitan dengan kebijakan pembangunan peternakan besar.

Dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang menyampaikan berterimakasih atas kepercayaan BPTP Bengkulu melaksanakan kegiatan  di Kabupaten Kepahiang khususnya sektor peternakan.  BPTP Bengkulu telah memberikan sentuhan inovasi teknologi pada sektor peternakan  melalui kegiatan : 1) Pendampingan Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau (PSDSK); 2) Model Pengembangan Pertanian Perdesaan Berbasis Inovasi (m-P3BI); 3) Pengkajian Agribisnis Sapi Perah, sehingga dapat memotivasi peternak yang ada. Kebiasaan yang dilakukan petani peternak di Kabupaten Kepahiang adalah malas mengarit dalam pemberiaan pakan ternak, yang digunakan adalah limbah batang jagung yang dipanen umur 70 hari. Dengan adanya teknologi baru sehingga dapat mengefisienkan tenaga dan biaya seperti Pembuatan Pakan Sapi dan Pupuk Kompos untuk pengembangan peternakan dan peningkatan produktivitas ternak sapi. Akhir sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang membuka acara secara resmi.

Materi yang disampaikan :
  1. Kebijakan Perencanaan Pembangunan Pertanian di Kabupaten Kepahiang
  2. Kebijakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang dalam pengembangan peternakan di Kabupaten Kepahiang 
  3. Peran BP4K dalam menunjang pengembangan peternakan di Kabupaten Kepahiang oleh Kepala BP4K Kabupaten Kepahiang
  4. Inovasi Teknologi Peternakan mendukung peningkatan produktivitas ternak sapi di Kabupaten Kepahiang oleh Peneliti BPTP Bengkulu (Ir. Ruswendi, MP)

Setelah pemaparan materi  dilanjutkan dengan diskusi dan diselingi dengan pihak BRI dengan misinya untuk memberikan dana pimjaman kepada petani peternak.

Petani peternak Desa Mekar Sari telah menghasilkan 20 ton pakan sapi tambahan yang telah difermentasi (fermentasi adalah campuran dari kulit kopi dan dedak padi). Dimana BPTP sebagai pemberi teknologi dan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang memfasilitasi dan selanjutnya diharapkan petani terampil dan dapat membuat sendiri. Pakan sapi dibagikan kepada 16 kelompok tani. Apresiasi diakhir dengan demonstrasi pembuatan pakan sapi dan pupuk kompos.


LAST_UPDATED2
 
Pekan Agro Inovasi BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 15 September 2014 11:31



Bulan Bakti Pekan Agro Inovasi Teknologi Pertanian  dalam rangka memperingati  ulang tahun yang ke-40 Balitbangtan merupakan ajang untuk  diseminasi inovasi teknologi pertanian hasil penelitian dan pengkajian spesifik lokasi kepada masyarakat pengguna. Acara ini juga sebagai ajang komunikasi antara lembaga penelitian dengan institusi terkait, penyuluh, petani, masyarakat dan pelajar.

Pekan Agro Inovasi menggelar beberapa kegiatan pameran, pertemuan dan lapangan. Puncak dari acara Ulang Tahun Balitbang telah diadakan tanggal 9 dan 10 September 2014 di Kantor BPTP Bengkulu dengan tema “Agro Inovasi : Kreativitas Tiada Henti untuk Kesejahteraan Masyarakat dan Petani”. 

Hadir pada acara Kepala Balitbangtan yang diwakili oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Informasi Teknologi Pertanian Balitbangtan (Ir. Gayatri K Rana, M.Sc), Gubernur Bengkulu (H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd), Komda SDG Provinsi Bengkulu, Kapolres Provinsi Bengkulu. Kepala Dinas/Badan/Balai Lingkup Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota, Lembaga Universitas di Bengkulu, BUMN/Swasta, kontak tani.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, dilanjutkan sambutan laporan Pelaksanaan Pekan Agro Inovasi Tahun 2014 oleh Kepala BPTP Bengkulu (Dr. Dedi Sugandi) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Gubernur Bengkulu dan para undangan dapat hadir. Tujuan Pekan Agro Inovasi antara lain : 1) Menyediakan dan menyebarluaskan informasi teknologi pertanian; 2) Membangun komunikasi antara lembaga penelitian dengan pengguna inovasi teknologi; 3) Menumbuh kembangkan apresiasi dan minat generasi muda pada bidang pertanian.

Sambutan Kepada Balitbangtan yang diwakili oleh Kepala Pusat Perpustakaan dan Informasi Teknologi Pertanian Badan Litbang Pertanian (Ir. Gayatri K Rana, M.Sc), menyampaikan permohonan maaf Bapak Dr. Haryono tidak dapat hadir. Menyambut baik program yang telah dicanangkan oleh Gubernur Bengkulu dalam rangka mendukung program P2BN yaitu peningkatan produksi beras 500 ribu ton menjadi 1 juta ton pada tahun 2014 di Provinsi Bengkulu.

Sambutan Gubernur Bengkulu sekaligus untuk membuka Pekan Agro Inovasi dan  Lounching Taman Agro Inovasi secara resmi.

Penyampaian buku rekomendasi Kebijakan Peningkatan Produksi Padi di Provinsi Bengkulu dari  Ir. Gayatri K Rana, M.Sc kepada Bapak Gubernur Bengkulu. Dilanjutkan peninjauan Taman Agro Inovasi Pameran Pekan Agro Inovasi.

Penyerahan Produk Inovasi kepada stakeholder antara lain :
  1. Buku Rekomendasi Peningkatan Produksi Padi Provinsi Bengkulu untuk Gubernur Bengkulu
  2. Varietas unggul Baru Padi sebanyak 500 kg untuk Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Utara 
  3. Sirsak Ratu sebanyak 100 batang untuk Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Rejang Lebong 
  4. Pepaya Merah Delima sebanyak 500 batang untuk Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kaur
  5. Benih Aneka Sayuran sebanyak 1.000 batang untuk Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kota Bengkulu
  6. Caplak Roda sebanyak 20 unit untuk Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Seluma
  7. Ayam KUB sebanyak 400 ekor untuk Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Kepahiang
  8. Peta Pewilayahan Komoditas Pertanian skala 1 : 50.000 untuk Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Bengkulu Tengah
  9. Benih Alpukat sebanyak 20 batang  untuk Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Lebong
  10. Benih Manggis sebanyak 20 batang  untuk Kepala Dinas Pertanian Peternakan Kabupaten Bengkulu Selatan
  11. Bahan Informasi Inovasi Pertanian sebanyak 20 judul untuk Kepala Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko
  12. Benih Serai Wangi sebanyak 1.000 batang untuk Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepahiang
Pameran dilaksanakan selama 2 hari  dan menampilkan produk unggulan tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan, pengolahan hasil, karantina dan produk-produk dari BUMN/swasta. Pekan Agro Inovasi dihadiri 400 orang peserta pengunjung berasal dari Pemda, Dinas Terkait, Universitas Bengkulu, Kelompok Tani dan Petani, Pelajar/Mahasiswa dan Swasta.
Kegiatan pertemuan antara lain :
  1. Sosialisasi Sumber Daya Genetik (SDG)
  2. Temu tugas antara peneliti, penyuluh, KTNA dan dinas terkait
  3. Program Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP)

Sebelum acara puncak tanggal 9 September 2014 telah dilaksanakan rangkaian kegiatan antara lain :
  1. Temu Teknis Pengembangan Kawasan Kambing di Kabupaten Kepaiang (Penanggung-jawab Ir. Ruswendi, MP, 12 Agustus 2014)
  2. Temu Teknis Pengembangan Kawasan Padi di Kabupaten Bengkulu Utara (Ir. Siswani Dwi Daliani, 28 Agustus 2014)
  3. Temu Lapang, Gelar Teknologi dan Panen Raya kegiatan Model Pengembangan Pertanian Perdesaan melalui Inovasi (m-P3BI) Lahan Rawa, Model Akselerasi Pengembangan Pertanian yang Ramah Lingkungan Lestari (m-AP2RL2), Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) dan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) bersama Bupati dan SKPD di Kabupaten Muko-muko (Ir. Ahmad Damiri, M,Si, 14 Agustus 2014).
Acara ditutup dengan pemberian dooprize kepada pelajar yang mampu menjawab pertanyaan tentang inovasi teknologi pertanian.

LAST_UPDATED2
 
Temu Teknis Kawasan Padi di Kabupaten Bengkulu Utara PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 02 September 2014 18:29
Dalam rangka menyambut Ulang Tahun Badan Litbang Pertanian ke 40 BPTP Bengkulu melaksanakan beberapa rangkaian acara, salah satunya Temu Teknis Kawasan Padi. Kawasan tanaman padi adalah kawasan usaha tanaman padi yang disatukan oleh faktor alamiah, social budaya dan infrastruktur fisik buatan, serta dibatasi oleh agroekosistem yang sama sedemikian rupa sehingga mencapai skala ekonomi dan efektivitas manajemen usaha tanaman padi. Kawasan tanaman padi dapat berupa kawasan yang telah eksis atau calon lokasi baru dan lokasinya dapat berupa hamparan atau spot partial namun terhubung dengan aksesibilitas memadai untuk tanaman padi. Kriteria khusus kawasan tanaman padi dalam aspek luas agregat kawasan adalah 5.000 hektar  

Untuk itu Kamis 27 Agustus 2014, BPTP Bengkulu melaksanakan Kegiatan Temu Teknis Kawasan Padi di Dinas Pertanian dan Perternakan Kabupaten Bengkulu Utara. Tujuan dari kegiatan Temu Teknis Kawasan Padi dalam kegiatan peningkatan kuantitas, kualitas, dan efektivitas interaksi antara penyuluh/peneliti BPTP Bengkulu dengan pemangku kebijakan didaerah Kabupaten adalah : 1) Meningkatnya sinergi program BPTP dengan dinas lingkup pertanian, Bapeluh Kabuapaten, Dinas Pertanian dan Perternakan, BP3K Kecamatan; 2) Meningkatnya peran dan fungsi dinas/instansi dalam pelaksanaan pengembangan kawasan; 3) terpokusnya pelaksanaan pengembangan kawasan di Provinsi Bengkulu. 

Peserta berjumlah 45 orang berasal dari  Dinas Pertanian Kab.Bengkulu Utara, BP4K Kabupaten Bengkulu Utara, BPS Kabupaten  Bengkulu Utara, Bappeda  Kabupaten Bengkulu Utara, Koord Penyuluh BP3K lokasi Pengembangan kawasan, KTNA Kabupaten, Kios Saprodi, Koperasi, PT. Hyang Sri. 

Acara diawali dengan sambutan Kepala BPTP Bengkulu  yang diwakili oleh Dr. Wahyu Wibawa dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan  Kabupaten Bengkulu Utara sekaligus membuka acara Temu Teknis secara resmi. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Pemda Kabupaten Bengkulu Utara menyambut baik program yang akan dilaksanakan BPTP Bengkulu dan mendukung sepenuhnya. Selanjutnya akan melibatkan diri dengan kegiatan yang dijalankan dan dukungan pihak Gapoktan dan Penyuluh diharapkan. 

Acara berikut penyampaian materi : 
  1. Konsep Pengembangan Kawasan Padi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkulu 
  2. Kebijakan/Program Pengembangan Kawasan Padi di Kabupaten Bengkulu Utara
  3. Peranan Penyuluh dalam pelaksanaan pengembangan Kawasan Padi, Kebutuhan teknologi dalam pengembangan kawasan Padi (pelaksanaan dan masalah/hambatan)

Dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dari seluruh peserta dengan kritik dan saran-2 . Setelah diskusi selesai Hasil diskusi dan saran dapat disimpulkan bahwa : 1) Kebijakan pusat dan daerah bahwa BPP/BP3K/PP Kecamatan adalah pusat dan disimpulkan kegiatan pertanian, perikanan, dan kehutanan.  Oleh karena itu, semua kegiatan dapat dikoordinasikan dan dilaksanakan di BPP. Tetapi jika berbasis di kecamatan, disimpulkan di BPP; 2)  Penyuluh minimal berjumlah 8 Kelompok Tani (KT).  Total semua KT 1.254 siap untuk melaksanakan kegiatan ini.  Ketenagaan : BP4K punya penyuluh PNS 72 orang dan Penyuluh THL/TBPP ada 73 orang; 3) BP4K siap memfasilitasi dan meminta agar BPP dijadikan simpul kegiatan yang dilaksanakan.  Teknologi yang diminta adalah jarwo, ada yang bisa ada yang tidak.  Meminta untuk dikaji lokasi yang telah melaksanakan jarwo/tidak (spesifik jarwo, berapa) sehingga penyuluh tidak mengkaji lagi, langsung menetapkan.  Jika memungkinkan, spesifik Kabupaten Bengkulu Utara yang permanen. Produktivitas awal dan setelah ada teknologi sehingga pada saat terjadi alih fungsi lahan ada alasan dan rekomendasi.  Hasil dapat didiseminasikan dan disebarluaskan ke penyuluh dan petani.

LAST_UPDATED2
 
Lounching Gerakan Ketahanan Pangan oleh Gubernur Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 29 Agustus 2014 11:58
 
Salah satu rangkaian kegiatan Pekan Agroinovasi yang diadakan oleh BPTP Bengkulu dari tanggal 11 s/d 29 Agustus 2014 adalah Gelar Teknologi dan Lounching Gerakan Ketahanan Pangan dalam pemanfaatan pekarangan di Desa Air Sulau Kabupaten Bengkulu Selatan. Gelar Teknologi dan Lounching telah dilaksanakan Selasa, 26 Agustus 2014  di Desa Air Sulau Kabupaten Bengkulu Selatan, yang merupakan kabupaten ke delapan yang di kunjungi Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah. 

Peningkatan ketersediaan konsumsi pangan rumah tangga dalam pemanfaatan lahan pekarangan yang digelar oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu yang bekerjasama dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Dinas Kelautan, Badan Koordinasi Penyuluh, Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu. 

Selain Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah juga dihadiri : Bupati Bengkulu Selatan, Reskan Efendi E Waludin dan diikuti oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Muslih, Kepala BPTP Bengkulu (Dr. Dedi Sugandi) seluruh Kepala dan jajaran SKPD Provinsi dan Kabupaten Bengkulu Selatan dan terlihat juga hadir Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Abdul Muis. 

Gubernur Bengkulu menyampaikan apresiasi dengan lounching Gerakan Ketahanan Pangan dalam pemanfaatan pekarangan, diharapkan kegiatan yang sudah ada dipertahankan untuk selalu dipelihara dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan. Ucapan terimakasih kepada BPTP Bengkulu yang telah membimbing dan membina dengan teknologi dan inovasi di Desa Air Sulau. Lokasi  yang lain masih banyak yang menunggu bimbingan dan binaan BPTP Bengkulu. 

Koordinator acara yakni Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, Muslih, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa acara ini gabungan dari berbagai SKPD di Provinsi Bengkulu. Dalam sambutannya Kepala Badan B4K Provinsi H Muslih menyampaikan bahwa acara ini terselenggara atas kerjasama dan bantuan dari BPTP Bengkulu, Bank Indonesia, Dinas Pertanian, Dinas Kelautan, Bakorluh dan Badan Penanggulangan Bencana Bengkulu. 

Dalam sambutannya Muslih juga menyampaikan program pemanfaatan lahan pekarangan ini sudah dimulai dilaksanakan pada tahun 2013 yang lalu dan sudah 26 kelompok yang dibina dan dana dikucurkan sudah mencapai Rp. 789 juta.
Lanjut Muslih dari ke 26 kelompok tidak semua berhasil namun lebih banyak yang berhasilnya, dan juga yang memanfaatkan dana bansosnya saja sementara programnya mandek. Diharapkan Muslih kepada ke 26 kelompok yang sudah mendapat bantuan agar dapat memanfaatkan dana tersebut sesuai dengan program pemerintah, dan yang betul memanfaatkan dana sesuai program pasti akan merasakan manfaatnya.
Kepala Desa Air Sulau Sugeng Prabowo dalam sambutannya, dihadapan gubernur, Bupati dan para Kepala SKPD Provinsi dan Kabupaten Bengkulu Selatan itu,  mengharapkan, kepada Gubernur Junaidi untuk dapat mengucurkan dana ke Kabupaten Bengkulu Selatan khususnya Desa Air Sulau Kecamatan Kedurang.

Disampaikan agar kiranya Bapak Gubernur dapat memperhatikan dan dapat mengalokasikan dana untuk perbaikan jalan-jalan sentra produksi, dan jalan lingkungan yang di bangun dari tahun 1977 itu sekarang ini sudah rusak parah. Sampai saat ini jalan tersebut tidak pernah diperbaiki, sehingga nantinya diharapkan Kepala Desa  Air Sulau dapat berkembang seperti Desa-desa yang lainnya. 

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com