Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

UPBS
Sinar Tani
web mail
satulayanan
kalender
SERBA SERBI

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 51 Tamu online
Berita
Hari Kemerdekaan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 17 Agustus 2014 18:51
Minggu 17 Agustus 2014, di halaman kantor BPTP Bengkulu mengadakan upacara bendera memperingat hari kemerdekaan RI yang ke 69. Upacara diikuti oleh seluruh staff BPTP Bengkulu dan siswa/I SMKN Bengkulu yang sedang prakerin di BPTP. Bertindak selaku komandan upacara Kepala Seksi Pelayanan Teknis (Dr. Rudi Hartono, SP MP), Pembacaan UUD 1945 (Zainani),  Doa  (Yahumri). Upacara pada pagi hari sangat terasa hikmat dengan diiringi musik.

Pengibaran bendera merah putih yang diiringi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta mengheningkan cipta untuk mengenang perjuangan para pahlawan. Dilanjutkan menyanyikan lagu 17 Agustus dan Satu Nusa Satu Bangsa.

Dalam memeriahkan hari kemerdekaan diadakan lomba nyanyi antar kelompok pengkajian, pelayanan lingkup BPTP Bengkulu.







LAST_UPDATED2
 
Temu Lapang dan Panen Raya Padi Rawa PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 16 Agustus 2014 22:29
14 Agustus 2014, Kamis sore yang sejuk setelah semalaman diguyur hujan lebat di Desa Tirta Mulya, Kecamatan Air Manjunto, Kabupaten Mukomuko diadakan acara Panen Raya dan Temu Lapang lahan Sub Optimal Lahan Rawa Lebak.

Acara dihadiri Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mukomuko, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mukomuko, Kapolres Kabupaten Mukomuko, Perwira Penghubung, Sekda Kab. Mukomuko, Kepala Dinas P3K, Kepala BP2KP, Kepala Dinas Perindag, Kepala Dinas PMD, Kajari, Camat Air Manjunto, Kepala Desa Tirta Mulya, Ketua Gapoktan dan Kelompok Tani beserta pengurus dan anggotanya.

Panen raya dihadiri oleh 300 orang petani yang terdiri dari 226 orang petani yang berasal dari 7 kelompok tani yang tergabung dari Gapoktan Sukamaju. 74 orang petugas lingkup pertanian (peneliti dan penyuluh BPTP bengkulu dan Pemda Mukomuko).

Acara diawali sambutan ketua kelompok tani Jati Makmur (Ngadimo) menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPTP Bengkulu yang telah membimbingnya dalam penanaman dan pemberian pupuk yang benar, contoh dalam penanam jajar legowo dan dosis pupuk yang sesuai. Mengalihkan lahan sawit menjadi lahan sawah.

Dilanjutkan sambutan Kepala BPTP Bengkulu yang diwakili oleh Dr. Rudi Hartono, SP, MP menyampaikan bahwa kegiatan Diseminasi Inovasi Teknologi Padi yang dilakukan di lahan rawa, walaupun sebagian lahan sudah mengalami perbaikan, dan sebagian lagi masih dalam bentuk lahan rawa. Diseminasi Inovasi Teknologi Padi Rawa yang dilakukan melibatkan 25 orang petani dengan luas 12 ha. Varietas yang ditanam : 10 ha varietas inpara 2 dengan label ungu, 1 ha varietas inpara 2 dengan label putih dan 1 ha varietas inpara 14 berlabel putih. Varietas inpara 2 dan inpara 14 rata-rata dapat dipanen pada umur 105 dan 120 hari setelah tanam.

Varietas inpara 2 ini telah di lepas dari tahun 2009 oleh Badan Litbang Pertanian. Varietas yang ditanam di Desa Tirta Mulya ini bersumber dari Balai Penelitian Rawa Kalimantan dikarenakan Balitpa Sukamandi kehabisan stock. Dari hasil ubinan yang dilakukan oleh petani bersama petugas baik dari BPTP, Dinas Pertanian, BP2KP pada lahan beberapa orang petani, produktivitas yang dicapai 5 ton/ha, berarti hasil relatif lebih tinggi. Inovasi teknologi yang diterapkan ini sudah sesuai sehingga ke depan dapat dijadikan pedoman untuk penanaman selanjutnya.

Dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Kabupaten Mukomuko menyampaikan bahwa Pelaksanaan Temu Lapang dan Panen Raya ini merupakan hasil dari tindak lanjut dari MoU antara Badan Litbang Kementerian Pertanian dan Pemda Kabupaten Mukomuko yang ditanda tangani oleh Bupati Mukomuko dan Kepala Badan Litbang Pertanian saat acara Pekan Pertanian Spesifik Lokasi (PPSL) di Kendari Sulawesi Tenggara pada bulan November 2013. Penerapan teknologi on farm di tingkat petani perlu dilakukan pengawalan dan bimbingan yang intensif dari berbagai pihak yang terkait. Pengawalan teknologi dianggap penting karena Provinsi Bengkulu berpotensi untuk pengembangan usaha pertanian yang produktif dengan sumber daya alam yang mendukug, sehingga kedepannya sarana produksi harus dekat dengan sentra produksi. Kelembagaan penyuluhan dengan tenaga penyuluh di lapangan yang dekat dengan masyarakat tani sangat berperan dalam pengawalan dan bimbingan penerapan teknologi. Diharapkan para petani dapat terus meningkatkan produktivitasnya untuk meningkatkan usahatani kita menuju petani mandiri dan sejahtera. Diakhiri dengan acara diskusi yang sangat meriah dengan harapan2 yang telah diberikan bapak Bupati semoga segera terealisasi.
LAST_UPDATED2
 
Temu Teknis Pengembangan Kawasan Ternak Kambing Kabupaten Kepahiang PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 13 Agustus 2014 01:33

Telah dilaksanakan kegiatan Temu Teknis Pengembangan Kawasan Ternak Kambing Kabupaten Kepahiang pada tanggal 12 Agustus 2014 di Aula Badan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kepahiang. kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang dirangkum dalam Pekan Agro Inovasi di Provinsi Bengkulu yang berlangsung pada tanggal 11 – 29 Agustus 2014.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Kepahiang M. Salihin, M.Si, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang Ir. Ramlan, MM, Kepala BP4K Kabupaten Kepahiang Aidil. F. S, SH, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Bapak Ir. Nusa Chandra Deta, BP3K Kecamatan Kabawetan, Ketua KTNA Kabupaten Kepahiang  Syaiful A, Pengurus Kelompok Tani dari Sentra Kambing dan Mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Acara diawali sambutan Kepala BPTP Bengkulu yang diwakili oleh Ir. Siswani Dwi Daliani menyampaikan bahwa Kabupaten Kepahiang memiliki potensi sebagai kawasan Pengembangan Ternak Kambing. Dilanjutkan sambutan Kepala Bappeda Kepahiang yang diwakili oleh Sekretaris Bappeda M. Salihin, M.Si. menyampaikan bahwa terpilihnya Kabupaten Kepahiang sebagai kawasan pengembangan Ternak Kambing dikarenakan potensi dan kapabilitas yang dimiliki. Hal ini harus disyukuri oleh semua pihak sekaligus menjadi tantangan untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Kami dari Bappeda akan berusaha membantu agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, tentunya dengan kapasitas kami sebagai perencana pembangunan. Kami memberikan apresiasi kepada BPTP Bengkulu dan instansi terkait yang akan menyukseskan kegiatan ini.

Pada sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang Ir. Ramlan, MM sekaligus membuka acara secara resmi. Kita harus bangga karena dengan kerja keras semua pihak sehingga Kabupaten Kepahiang dapat terpilih sebagai pengembangan kawasan ternak Kambing PE. Namun kita tidak boleh terlalu berbangga karena diadakannya percontohan itu ada dua alasan. Pertama karena memang kondisinya yang sudah bagus atau yang kedua karena tertinggal dari daerah lain. Namun kita tetap berpikiran positif bahwa kegiatan ini karena potensi wilayah Kabupaten Kepahiang, dukungan dari masyarakat dan pengalaman dari kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya, ujar Bapak Ir. Ramlan, MM.

Pemaparan materi  dari Penyuluh Senior Ir. Ruswendi, MP, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Kepahiang Ir. Ramlan, MM, dan Kepala BP4K Kabupaten Kepahiang Aidil. F. S, SH dan diakhiri oleh diskusi dengan peserta untuk menjaring umpan balik. 
LAST_UPDATED2
 
Halal bihalal 1435 H PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 07 Agustus 2014 10:28
Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Senin 4  Agustus 2014   Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu  mengadakan acara halal bihalal, di Kemuning Pantai Panjang Bengkulu.
 
Tema yang diusung dalam acara tersebut adalah “Dengan Halal Bihalal Kita Pererat Tali Silaturrahim Keluarga Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu”  Perayaan halal bihalal kali ini dihadiri oleh Kepala Balai beserta ibu, Peneliti dan keluarga, Penyuluh dan keluarga,  seluruh pegawai dan keluarga BPTP Bengkulu.

Acara halal bihalal tersebut dibuka langsung oleh Kepala BPTP Bengkulu yang diwakili oleh Ka Tata Usaha (Wilda Mikasari). Dalam sambutanya,  mengucapkan selamat Idul Fitri 1435 H kepada seluruh hadirin yang merayakan, serta menyatakan bahwa silaturahmi ini penting untuk lebih mengenal dan memahami satu dengan yang lain
 
Acara dilanjutkan dengan saling bersalam-salaman dan saling memaafkan diantara satu dengan yang lain. Untuk lebih memeriahkankan acara halal bihalal pada peringatan Idul Fitri 1435 H ini diadakan lomba bagi anak-anak berupa lomba lari karung, makan kerupuk, lomba karoeke dan joged. Tak ketinggalan untuk lomba karung ikut serta bapak dan ibu yang hadir, dan untuk saling bertukar kado. Untuk anak-anak pemenang lomba diberikan hadiah yang unik. Pada acara diiringi organ tunggal selalu siap melayani permintaan lagu yang direquest.
 

 
LAST_UPDATED2
 
Prakerin SMKN 6 Bengkulu di BPTP PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 07 Agustus 2014 09:55
Sebagai salah satu bentuk kerjasama BPTP Bengkulu dengan Pemerintah Daerah setiap tahunnya. Senin, 4 Agustus 2014 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 06 Bengkulu menugaskan sejumlah siswa untuk melakukan praktek/magang di kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu.  Saat ini tercatat 17 orang siswa dari SMK Negeri 06 Bengkulu melakukan magang selama 3 bulan dan berakhir pada Oktoberl 2014. BPTP Bengkulu memberikan ilmu pengetahuan dan pelatihan kerja yang disebut praktek kerja industri guna menambah dan memperdalam ilmu yang dipelajari di sekolah dengan ilmu yang dilaksanakan langsung  dengan teknologi pertanian pada kegiatan pengkajian BPTP Bengkulu yang sedang berjalan. Selama magang siswa/siswi  dibimbing oleh Alfayanti SP;  Waluyo A.Md; Ir. Eddy Makruf; Taufik Hidayat.

Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 06 Bengkulu adalah menambah dan mensinkronkan teori dengan praktek sesuai program keahlian pertanian dalam kompetensi teknologi pengolahan hasil pertanian dalam rangka agar lulusan memiliki kompetensi dengan jurusannya. Membuat kesepakatan dalam rangka peningkatan mutu lulusan melalui pelaksanaan kegiatan Prakerin siswa

Direncanakan setiap hari jumat siswa diberi kuliah umum, seperti Pengenalan Website BPTP Bengkulu, Perpustakaan, Laboratorium Diseminasi, Labor Pasca Panen, Laboratorium Tanah, Klinik Agribisnis.  Setelah magang para siswa diwajibkan membuat laporan kerja usaha untuk setiap kelompok. Kepala BPTP berpesan kepada siswa agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, agar nanti akan sangat bermanfaat untuk kita sendiri.

Diakhir pelaksanaan siswa/siswi diwajibkan membuat laporan prakerin yang berupa proposal yang isinya tentang praktek kerja industri dan disahkan oleh Kepala BPTP Bengkulu dan sekolah/pembimbing. Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 06 Bengkulu (Bapak Hasan Backsin) menitipkan siswa/siswi kepada BPTP Bengkulu untuk dibina untuk menambah wawasan dalam teknologi pertanian.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com