Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

web mail
satulayanan
SERBA SERBI
Sinar Tani
UPBS
kalender

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 10 Tamu online
Berita
Tausiyah menyambut Ramadhan 1435H PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 27 Juni 2014 13:32
Untuk menyambut bulan Ramadhan Tahun 1435H, BPTP Bengkulu mengadakan Tausiyah bersama hari Jumat Tanggal 27 Juni 2014 di mushala Kantor BPTP Bengkulu. Sebagai  penceramahnya Ustad Dani Hamdani, M.Pd. Kepala BPTP yang diwakili oleh Dr. Wahyu Wibawa dalam sambutannya mengatakan supaya dapat mempererat tali surahmi diantara kta, mempersiapkan diri dalam menyambut bulan suci dan supaya kita dapat mengintropeksi diri pada masa yang lalu.

Dani Hamdadi, M.Pd, mengatakan bahwa sesama kita saling meminta maaf secara pribadi  dan secara institusi dan supaya dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.  Ramadhan dapat  membersihkan dosa kita, karena Allah mencintai orang-orang yang membersihkan diri. Persiapan dalam membersihkan diri persiapan ilmu dan keimanan.

Tausiyah ditutup dengan berputar dengan bersalam-salaman saling meminta maaf semoga puasa yang dijalani meraih keberkahan dan keutamaan dari Allah SWT. Mari kita bulatkan tekad dan niat untuk melaksanakan ibadah shaum dengan penuh kesungguhan dan keikhlasan. “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan iman dan penuh pengharapan serta ketulusan, niscaya Allah akan mengampuni segala dosa-dosanya yang telah lalu.” (Muttafaqun ‘alaih).

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Prof. Dr. Winugroho PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 27 Juni 2014 12:36
Pada hari Senin  tanggal 23 Juni 2014, BPTP Bengkulu menerima kunjungan Prof. Dr. Ir. Prof. Winugroho dari Balai Penelitian Ternak Bogor. Dalam pertemuan tersebut, Prof. Winugroho menjelaskan materi Probiotik Terobosan Imbuhan Pakan Ruminansi pada peternakan rakyat, yang dihadiri oleh Dr. Endang Susilowati dari UNIB, peneliti, penyuluh BPTP Bengkulu.

Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi yang awali dengan pertanyaan dari Dr. Susilowati mengusulkan sebaiknya   BPTP, perguruan tinggi dan masyarakat dapat bersinergi maka akan     menimbulkan dampak yang sangat besar bagi perkembangan pembangunan peternakan di Indonesia. Ir. Ruswendi M,Si tentang Probiotik sulit didapatkan oleh peternak selain ketersediaannya yang kurang di pasar lokal dan harganya yang cukup mahal.

Lina Ivanti menanyakan : pengaruh pakan yang diberi anti oksidan terhadap daging yang dihasilkan oleh sapi. Tanggapan : Antioksidan yang diberikan pada ternak hanya untuk keberlangsungan hidup tidak akan berpengaruh banyak pada daging karena akan mengalami proses penguraian dalam saluran cerna. Pertemuan diakhiri dengan ke lapangan kegiatan PSDSK.


LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan Pemanfaatan Lahan Kering Masam dengan Tumpangsari Jagung dan Kacang Tanah di Provinsi Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 07 Juni 2014 17:05
Telah terlaksana Sosialisasi Kegiatan Pemanfaatan Lahan Kering Masam dengan Tumpangsari Jagung dan Kacang Tanah di Provinsi Bengkulu pada hari Rabu tanggal 4 juni 2014 bertempat di saung tani Kelompok Tani Sungai Suci, kecamatan Pasar Pedati Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari petugas penyuluh lapang,  perangkat desa, petani kooperator, perwakilan kelompok tani di sekitar lokasi kegiatan. Turut hadir pada kegiatan ini Camat Pondok Kelapa Bapak Sri Widodo, Kepala BPTP Bengkulu Bapak Dr. Ir. Dedi Sugandi, MP, Penanggung jawab kegiatan Bapak Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP, Kepala Desa Pasar Pedati Ibu Marya Muryani, Korluh BP3K Talang Pauh Bapak Emlan Sufandi, SP, Petugas Penyuluh Lapang Desa Desa Pasar Pedati Bapak M. Arifin, SP, Ketua Kelompok Tani Sungai Suci Bapak Andreas,. 

Kegiatan ini diawali oleh kata sambutan Ibu Kepala Desa Pasar Pedati Ibu Marya Muryani, dalam sambutannya beliau berharap agar tidak hanya satu kelompok saja yang menjadi kooperator dalam kegiatan ini, harapannya agar kelompok lain dapat menjadi petani kooperator juga.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari Korluh BP3K Talang Pauh Bapak Emlan, SP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan permohonan bantuan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dalam Hal ini BPTP Bengkulu dalam hal teknologi budidaya jagung dan Kacang Tanah.

Kata sambutan dari Kepala BPTP Bengkulu dan kata sambutan dari Camat Pondok Kelapa Bapak Sri Widodo yang sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya Bapak Sri Widodo berharap agar kegiatan ini dapat dilanjutkan di desa lain di Kecamatan Pondok Kelapa.

LAST_UPDATED2
 
Konferensi Nasional Kelapa VIII di Jambi PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 04 Juni 2014 10:13
Dalam acara Konferensi Nasional Kelapa VIII (KNK VIII) dilaksanakan di Hotel Shang Ratu Hotel Jambi  diadakan Seminar  yang bertemakan Pengembangan Bioindustri Kelapa Berkelanjutan Berbasis Inovasi Teknologi Ramah Lingkungan”,  yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian dan Dirjen Perkebunan Pemerintah Provinsi Jambi.

Tujuan dari kegiatan mengkomunikasikan pemanfaatan inovasi teknologi kelapa dalam bioindustri  berkelanjutan, penjaringan pemikiran dan ide pengembangan ke depan. Hadir pada acara Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus didampingi oleh Kepala Pusat Penelitian Perkebunan (Dr. Syakir), Menteri Pertanian RI yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian.

Peserta berjumlah 200 orang terdi dari Peneliti Lingkup Badan Litbang Pertanian termasuk Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu (Dr. Dedi Sugandi, MP) didampingi Sekretaris Program  (Yong Farmanta, SP, M.Si), Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, DEKINDO, APCC, para pakar dan perguruan tinggi, BUMN, Pemerintah Daerah, Asosiasi-2 petani, media masa, pemuka masyarakat, pengusaha swasta dan industri kelapa, serta praktisi dan pengguna lainnya yang terkait dengan perkelapaan.

Acara diawali dengan laporan panitia penyelenggara Kepala Pusat Penelitian Perkebunan (Dr. Syakir), dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada Kementerian Pertanian yang telah memilih Provinsi Jambi sebagai lokasi penyelenggara KNK VIII.

Bagi masyarakat Jambi tanaman kelapa memegang peranan penting bagi perekonomian, dan kehidupan masyarakat. Luas tanaman kelapa di Jambi pada tahun 2011 adalah 118.388 ha atau 8,6% dari luas areal perkebunan, yang biasanya diantara kelapa ditanami kopi, kakao dan pinang. Dalam KNK VIII ini juga telah diserahkan  secara simbolis, benih kelapa unggul kepada petani dari 3 Provinsi yakni Jambi, Sulawesi Tengah dan Papua berbasis pengembangan kelapa sebanyak 15.000 benih oleh Menteri Pertanian RI.


Acara dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian dan menyampaikan bahwa Menteri Pertanian mengharapkan agar forum KNK ini dapat merumuskan konsep untuk mewujudkan sistem pertanian bioindustri berkelanjutan berbasis tanaman kelapa. Menjadi wadah diskusi bagi para pengambil kebijakan, peneliti/ilmuwan untuk menyamakan persepsi bahwa pertanian bioindustri berkelanjutan memandang lahan  pertanian tidak semata-mata merupakan sumberdaya alam namun juga industri yang  memanfaatkan seluruh faktor produksi untuk menghasilkan pangan, bahan industri serta produk lain dengan prinsip zero waste. Mengajak para investor untuk berinvetasi pada bidang bioindustri kelapa dalam rangka penyediaan pangan, energi terbarukan dan meningkatkan kesejahteraan petani kelapa.

KNK diisi dengan mempresentasikan tiga makalah utama antara lain : 

  1. Penelitian dan pengembangan bioindustri kelapa berkelanjutan mendukung ketahanan pangan yang tangguh dan berdaya saing oleh Kepala Pusat Penelitian Perkebunan (Dr. Syakir)
  2. Program dan pengembangan kelapa berkelanjutan di Provinsi Jambi oleh Assiten II Sekretaris Daerah Provinsi Jambi.
  3. Peluang dan tantangan pengembangan bioidustri kelapa nasional oleh Ketua Dewan Kelapa Indonesia.
Dilanjutkan dengan 12 makalah penunjang serta 21 makalah poster. Keesokan harinya KNK VIII dilanjutkan dengan kegiatan fieldtrip pada tanggal 22 Mei 2014. Lokasi pelaksanaan fieltriep berada di kebun dan industri kelapa di Tanjung Jabung Barat tepatnya di Parit IV Darat Kelurahan Tungkal II, Kecamatan Tungkal Ilir.

RUMUSAN KNK VIII JAMBI


LAST_UPDATED2
 
Pelatihan Penyuntingan Video PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 19 Mei 2014 18:53
Tanggal 7 s/d 9 Mei 2014 BPTP Bengkulu mendapatkan kunjungan Edi Kusworo dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP). Tujuan kunjungan dalam rangka peningkatan SDM BPTP Bengkulu khususnya tentang IT dalam pembuatan narasi dan penyuntingan video. Edi Kusworo dalam pelatihannya langsung terjun ke lapangan mendokumentasikan inovasi teknologi yang sedang berjalan.

Edi K ke lapangan didampingi oleh Yong Farmanta, M.Si, dan  Ir. Sri Suryani Rambe, M.Agr dan peserta latihan. Untuk kali ini inovasi teknologi yang dibuat adalah teknologi jeruk gerga di Kabupaten Lebong, tentang pengendalian hama pada tanaman jeruk, pemupukan, panen. Dilanjutkan ke Kabupaten Kepahiang dengan inovasi teknologi kambing dan tebang miring tanaman kopi.

Dokumentasi yang sudah dirangkai disatukan menjadi sebuah Profil BPTP Bengkulu 2014 yang menarik. Kami sangat berterimakasih kepada Edi Kusworo telah dengan sangat sabar membimbing kami dalam pelatihan, semoga berguna dan dapat dikembangkan.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com