Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

kalender
UPBS
web mail
Sinar Tani
satulayanan
SERBA SERBI

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 17 Tamu online
Berita
Hortikultura Expo dan HUT Bengkulu ke 46 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 20 November 2014 11:35

Pagi yang cerah, di halaman Kantor Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu telah berkumpul anak TK  dan PAUD yang lucu2 se-Provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba mewarnai dalam rangka EKSPO Hortikultura dan HUT ke 46 Provinsi Bengkulu. Dipinggir lapangan juga tersusun bahan buah dan sayuran ibu Dharmawanita se Provinsi Bengkulu untuk  acara lomba merangkai bunga dengan bahan hortikultura termasuk ibu dharmawanita BPTP Bengkulu. Acara juga dimeriahkan pameran dengan stand se provinsi Bengkulu.
Setelah usai lomba anak2 mewarnai dan merangkai bunga dilanjutkan dengan acara inti acara Ekspo Hortikultura.

Pameran Hortikultura Expo tahun 2014 yang digelar dari tanggal 18 - 22 November 2014 dengan mengambil tema "Mewujudkan Pembangunan Pertanian Berkelanjuta, Ramah Lingkungan" dalam rangka menyongsong masyarakat ekonomi asean 2015.

Hadir dalam pembukaan pameran ini Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd beserta istri Hj. Honiarti, S.Ag, FKPD, Kepala Dinas Pertanian Hj. Evarini, MM, plt. Sekda, serta Ketua Asosiasi Pengolahan Hasil Holtikultura Pusat Dr. Umar Farup.

Expo dimulai dengan kata sambutan dari Kadis Pertanian Hj. Evarini, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Holtikultura Expo ini diselenggarakan untuk menyambut HUT Provinsi Bengkulu ke 46. "Expo ini juga dilatar belakangi oleh produk holtikultura di Provinsi Bengkulu, yang perlu diperkenalkan kepada masyarakat, perlunya kontrak bisnis untuk memasarkan hasil holtikultura serta pengembangannya.

Dengan bantuan yang telah diterima dapat meningkatkan sentra-sentra holtikultura di Provinsi Bengkulu," jelasnya. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Gubernur Bengkulu, Gubernur manyampaikan "Disamping sebagai temu bisnis Expo ini juga memotifasi pencinta lingkungan, sesibuk apapun kita tetap dapat bercocok tanam," jelas Gubernur. "Kita bisa membuat warung segar seperti di Mukomuko dengan harga yang terjangkau, ini manfaatnya luar biasa," tagasnya. "Dapat memperkenalkan buah asli Bengkulu seperti Durian Bentara yang tumbuh di Kab. Bengkulu Utara, jeruk Gerga yang tumbuh di Kab. Lebong, sawo Kaur, mangga Bengkulu dan manggis Lebong. Ini mendorong investasi dibidang Holtikultura sebagai komunitas unggulan sehingga diadakannya expo ini. Menteri pertanian juga mengakui keunggulan kita ini merupakan suatu prestasi bagi kita," jelas Gubernur. Gubernur juga menyampaikan rencana pembengunan Taman Ilmu Pengetahuan di Talang Aling pada tahun 2015 nanti.

BPTP Bengkulu ikut partisipasi pada lomba merangkai bunga dari bahan hortikultura, stand pameran yang berisikan hasil inovasi dan menjadi juri pada lomba mewarnai. Selanjutnya Gubernur beserta Ibu, Kadis Pertanian dan Kepala Asprihorti melakukan pemukulan dol secara simbolis untuk membuka Holtikultura Expo tahun 2014. Pada Expo ini ditampilkan stand-stand yang memamerkan hasil pertanian berupa sayur dan buah-buahan diantaranya sayur seledri yang dikembangkan dengan sistem hidroponik Acra dilanjutkan dengan pengukuhan Asprihorti Provinsi Bengkulu yang dikukuhkan oleh Ketua Asprihorti Pusat Dr. Umar Farup yang dikasksikan oleh Gubernur beserta Kadis Pertanian.

Yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba menghias stand, lomba menghias sayuran, lomba mewarnai sayuran PAUD dengan hadiah berupa uang dan trophi oleh Gubernur dan Istri,  untuk merangkai bunga BPTP Bengkulu mendapatkan rangking 3. Sebelum meninggalkan Expo Gubernur beserta Ibu juga menyempatkan diri untuk mengunjungi stand-stand Expo Hortikultutan ini.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu Edi Nevian, mengatakan kebijakan pemerintah membatasi impor produk hortikultura sangat membantu petani di daerah.  Perlu didukung dengan upaya kita mengenalkan buah local yang kualitasnya tidak kalah dengan buah impor. Komoditas jeruk garge asal Kabupaten Lebong juga mendapat apresiasi sebab buah sudah dirilis menjadi varietas nasional dan menjadi kualitas hortikultura andalan Kabupaten Lebong.  Sebenarnya produk lokal  dari segi kualitas banyak tapi kurang dikenal masyarakat.  Sejumlah produk hortikultura unggulan Bengkulu  antara lain buah sawo dari Kabupaten Seluma dan Bengkulu Tengah; manggis dari Kota Bengkulu; jambu Kristal dari Kabupaten Bengkulu Utara; buah naga dari Kabupaten Kepahiang dan jeruk garge dari Kabupaten Lebong.

LAST_UPDATED2
 
Pertemuan Rutin Penyelia Mitra Tani (PMT) PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 17 November 2014 08:42
Pertemuan Rutin Penyelia Mitra Tani (PMT) Provinsi Bengkulu dengan Sekretariat PUAP BPTP Bengkulu diadakan tanggal 8 November 2014 di ruang pertemuan BPTP Bengkulu.

Pada kesempatan ini hadir Ibu Yanti dan Isma dari Direktorat Pembiayaan Pertanian Jakarta dalam rangka kunjungan kerja pengisian questioner Kinerja PMT PUAP Bengkulu 2014. Menyampaikan untuk peningkatan kinerja PMT yang mana kemungkinan Program PUAP 2015 masih ada dengan nama lain atau tidak.

Peserta berjumlah 31 orang berasal dari 10 kabupaten/kota.  Tujuan pertemuan kali ini adalah : 1) Merekap laporan perkembangan dana BLN PUAP bulan Oktober 2014 dari masing-masing kabupaten/kota dan direkap menjadi rekapitulasi laporan perkembangan  form excel Dana BLN PUAP Provinsi Bengkulu; 2) Laporan dibahas, dikoreksi laporan kegiatan masing2 PMT.

Diawali dengan sambutan penanggung-jawab kegiatan PUAP BPTP Bengkulu dan arahan dari tim monev diwakili oleh ibu Yanti, menyampaikan supaya ketua Tim Pembina PUAP Propinsi dapat melaksanakan pertemuan dan koordinasi bulanan dengan sekretariat PUAP Propinsi Bengkulu serta instansi terkait lainnya. Acara diisi dengan diskusi dan Tanya jawab. Peserta sangat apresiasi dengan penyampaian laporan dari masing-masing PMT.


LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Pengolahan Komoditas Ubi Kayu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 07 November 2014 14:27


Di Balai Desa Sukamaju, Kec. Air Periukan, Kab. Seluma pagi tadi 6 November 2014 telah diadakan pelatihan Pembuatan Pengolahan Komoditas Ubi Kayu oleh Tim dari BPTP Bengkulu. Desa Sukamaju merupakan penghasil ubi kayu terbanyak dengan  menanam di lahan pekarangan  yang ada. Pelatihan kali ini merupakan olahan yang akan dibuat  berbahan dasar dari ubi kayu, sehingga hasil pekarangan atau kebun masyarakat dapat dimanfaatkan. 

Hadir pada acara Koordinator Penyuluh Pertanian BP3K Desa Sukaraja, Kepala Desa Sukamaju. Peserta berjumlah 45 orang terdiri PPL Kabupaten Seluma, Penyuluh, Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Sukaraja, KWT Desa Sukamaju, PPL Kabupaten Bengkulu Tengah. 

Pelatihan terasa sangat meriah karena pesertanya wanita semua, Kepala BP3K Desa Sukaraja menyampaikan pesan untuk dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan dapat dikembangkan nanti. Jangan dilakukan untuk hari ini saja tetapi untuk hari esok. Ucapan terimakasih kepada BPTP Bengkulu yang telah meluangkan waktu datang dan mentransfer teknologi ke masyarakat desa Sukamaju. BPTP juga melakukan pelatihan bukan untuk hari ini saja tetapi nanti ada tindak lanjut untuk kedepannya. BPTP berfungsi hanya memberikan teknologi. Kepala Desa juga mengatakan untuk PPL di Desa Sukamaju mewajibkan untuk merubah  halaman  rumahnya menjadi halaman lestari. Selesai kata sambutan Kepala BP3K dimohon untuk membuka acara secara resmi. 
Acara dimulai dengan pemahaman dari bahasa resep yang tidak dimengerti oleh peserta, seperti rum yang berarti minyak untuk kue; tepung mocau artinya tepung ubi kayu.

Resep pertama yang dipraktek CAKE MOCAF
Resep Kedua STICK PUTRI SALJU

Dalam praktek peserta langsung mengerjakan sendiri yang dipandu oleh Wilda Mikasari, S.Tp, M.Si, Melisa SP, Siska SP Setelah praktek diakhiri dengan Uji Organoleptik dengan 3 produk, dengan penilaian dari warna, aroma, tekstur, rasa. Setiap mencicipi satu buah produk untuk produk berikutnya harus dinetralisir dengan minum air putih. 

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com