Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

Sinar Tani
web mail
satulayanan
kalender
SERBA SERBI
UPBS

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 57 Tamu online
Berita
Penyuluhan Korupsi dan Anti Narkoba PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 15 Desember 2014 17:28
Tindak pidana korupsi  bisa dilakukan siapa saja, tak mengenal strata pendidikan. Selama kurun  waktu 2004 sampai 2012 ini tercatat sejumlah orang dengan gelar mentereng terlibat dalam kasus korupsi.

Kamis, 11 Desember 2014 BPTP Bengkulu mengundang Kejaksaan Tinggi dan Polres Bengkulu untuk mengadakan Penyuluhan tentang Bagaimana Pencegahan Korupsi dan Narkoba.  Narasumber dari Kejaksaan tinggi  (Ahmad Sahrudin); Polres Bengkulu (Kasad Reskrim Tindak Pidana Korupsi) Yudha.

Acara dihadiri oleh Kepala BPTP Bengkulu dan seluruh staff BPTP. Diawali dengan sambutan Kepala BPTP Bengkulu bahwa tujuan bagaimana upaya pencegahan korupsi dan menghindarkannya. Harapan Kepala Balai agar dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya dan saling berinteraksi. 
Materi adalah :
  1. Polres adalah “UPAYA PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI DI LINGKUNGAN INSTANSI PEMERINTAH”
  2. Kejaksaan Tinggi adalah “PENYALAHGUNAAN NARKOBA”
MENGAPA KORUPSI MASIH TERJADI ?

SECARA UMUM PENYEBABNYA TERIDENTIFIKASI, ANTARA LAIN :

  1. ORANG CENDERUNG TIDAK MERASA TAKUT DAN MALU MELAKUKAN KORUPSI ;
  2. KURANGNYA PEMAHAMAN TENTANG TINDAK PIDANA KORUPSI
  3. BELUM OPTIMAL DAN SINERGI APARAT PENEGAK HUKUM DALAM MENJALANKAN TUGAS
  4. MASIH KURANGNYA KESADARAN HUKUM MASYARAKAT

UPAYA PENINDAKAN :
Dalam jangka pendek,  yaitu :
  1. Membenahi aparat penegak hukum (KPK, Kejaksaan dan Polri);
  2. Pembatasan Transaksi Cash Payment; 
  3. Audit khusus untuk Badan Usaha pelaksana proyek Pemerintah; 
  4. Implementasi Standar Pelayanan Minimal Yang Transparan; 
  5. Memperbaiki struktur penghasilan PNS terutama menyangkut tunjangan hari  tua yang harus memadai;

UPAYA PENCEGAHAN :

Jangka pendek, dengan mengadakan penerangan, sosialisasi dan pembekalan kepada semua aparat baik eksekutif, legislative dan yudikatif tentang kebahaayaan dan dampak degatif tindakan korupsi;

Jangka panjang adalah melalui penanaman budaya anti korupsi sejak dini dan secara menyeluruh kepada semua elemen bangsa ini agar memiliki rasa takut dan malu untuk melakukan tindakan korupsi.

POKOK-POKOK MATERI POLA PENANGANAN TP. KORUPSI
I.    ASAS-ASAS HUKUM
a.    Asas legalitas
b.    Asas praduga tak bersalah
c.    Asas tiada pidana tanpa kesalahan
d.    Asas menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia
e.    Asas-asas hukum lain

ASAS-ASAS DALAM KUHAP
  1. Perlakuan yang sama atas diri setiap orang di muka hukum dengan tidak mengadakan pembedaan perlakuan;
  2. Penangkapan, penahanan, penggeledahan dan penyitaan hanya dilakukan berdasarkan perintah tertulis oleh pejabat yang diberi wewenang oleh undang-undang dan hanya dalam hal dan cara yang diatur dalam undang-undang ;
  3. Setiap orang yang disangka, ditangkap, ditahan dan atau dihadapkan dimuka sidang pengadilan, wajib dianggap tidak bersalah sampai adanya putusan pengadilan yang menyatakan kesalahannya dan memperoleh kekuatan hukum tetap ;
  4. Kepada seorang yang ditangkap, ditahan, dituntut ataupun diadili tanpa alasan berdasarkan undang-undang dan atau karena kekeliruan mengenai orangnya atau hukum yang diterapkan wajib diberi ganti kerugian dan rehabilitasi sejak tingkat penyidikan dan para pejabat penegak hukum, yang dengan sengaja atau karena kelalaiannya menyebabkan asas hukum tersebut dilanggar, dituntut, dipidana dan atau dikenakan hukuman administrasi.

Setelah penyampaian materi diadakan diskusi . acara  terasa sangat semangat dengan banyaknya pertanyaan dari peserta.



LAST_UPDATED2
 
Hortikultura Expo dan HUT Bengkulu ke 46 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 20 November 2014 11:35

Pagi yang cerah, di halaman Kantor Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu telah berkumpul anak TK  dan PAUD yang lucu2 se-Provinsi Bengkulu untuk mengikuti lomba mewarnai dalam rangka EKSPO Hortikultura dan HUT ke 46 Provinsi Bengkulu. Dipinggir lapangan juga tersusun bahan buah dan sayuran ibu Dharmawanita se Provinsi Bengkulu untuk  acara lomba merangkai bunga dengan bahan hortikultura termasuk ibu dharmawanita BPTP Bengkulu. Acara juga dimeriahkan pameran dengan stand se provinsi Bengkulu.
Setelah usai lomba anak2 mewarnai dan merangkai bunga dilanjutkan dengan acara inti acara Ekspo Hortikultura.

Pameran Hortikultura Expo tahun 2014 yang digelar dari tanggal 18 - 22 November 2014 dengan mengambil tema "Mewujudkan Pembangunan Pertanian Berkelanjuta, Ramah Lingkungan" dalam rangka menyongsong masyarakat ekonomi asean 2015.

Hadir dalam pembukaan pameran ini Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd beserta istri Hj. Honiarti, S.Ag, FKPD, Kepala Dinas Pertanian Hj. Evarini, MM, plt. Sekda, serta Ketua Asosiasi Pengolahan Hasil Holtikultura Pusat Dr. Umar Farup.

Expo dimulai dengan kata sambutan dari Kadis Pertanian Hj. Evarini, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa Holtikultura Expo ini diselenggarakan untuk menyambut HUT Provinsi Bengkulu ke 46. "Expo ini juga dilatar belakangi oleh produk holtikultura di Provinsi Bengkulu, yang perlu diperkenalkan kepada masyarakat, perlunya kontrak bisnis untuk memasarkan hasil holtikultura serta pengembangannya.

Dengan bantuan yang telah diterima dapat meningkatkan sentra-sentra holtikultura di Provinsi Bengkulu," jelasnya. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Gubernur Bengkulu, Gubernur manyampaikan "Disamping sebagai temu bisnis Expo ini juga memotifasi pencinta lingkungan, sesibuk apapun kita tetap dapat bercocok tanam," jelas Gubernur. "Kita bisa membuat warung segar seperti di Mukomuko dengan harga yang terjangkau, ini manfaatnya luar biasa," tagasnya. "Dapat memperkenalkan buah asli Bengkulu seperti Durian Bentara yang tumbuh di Kab. Bengkulu Utara, jeruk Gerga yang tumbuh di Kab. Lebong, sawo Kaur, mangga Bengkulu dan manggis Lebong. Ini mendorong investasi dibidang Holtikultura sebagai komunitas unggulan sehingga diadakannya expo ini. Menteri pertanian juga mengakui keunggulan kita ini merupakan suatu prestasi bagi kita," jelas Gubernur. Gubernur juga menyampaikan rencana pembengunan Taman Ilmu Pengetahuan di Talang Aling pada tahun 2015 nanti.

BPTP Bengkulu ikut partisipasi pada lomba merangkai bunga dari bahan hortikultura, stand pameran yang berisikan hasil inovasi dan menjadi juri pada lomba mewarnai. Selanjutnya Gubernur beserta Ibu, Kadis Pertanian dan Kepala Asprihorti melakukan pemukulan dol secara simbolis untuk membuka Holtikultura Expo tahun 2014. Pada Expo ini ditampilkan stand-stand yang memamerkan hasil pertanian berupa sayur dan buah-buahan diantaranya sayur seledri yang dikembangkan dengan sistem hidroponik Acra dilanjutkan dengan pengukuhan Asprihorti Provinsi Bengkulu yang dikukuhkan oleh Ketua Asprihorti Pusat Dr. Umar Farup yang dikasksikan oleh Gubernur beserta Kadis Pertanian.

Yang dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba menghias stand, lomba menghias sayuran, lomba mewarnai sayuran PAUD dengan hadiah berupa uang dan trophi oleh Gubernur dan Istri,  untuk merangkai bunga BPTP Bengkulu mendapatkan rangking 3. Sebelum meninggalkan Expo Gubernur beserta Ibu juga menyempatkan diri untuk mengunjungi stand-stand Expo Hortikultutan ini.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu Edi Nevian, mengatakan kebijakan pemerintah membatasi impor produk hortikultura sangat membantu petani di daerah.  Perlu didukung dengan upaya kita mengenalkan buah local yang kualitasnya tidak kalah dengan buah impor. Komoditas jeruk garge asal Kabupaten Lebong juga mendapat apresiasi sebab buah sudah dirilis menjadi varietas nasional dan menjadi kualitas hortikultura andalan Kabupaten Lebong.  Sebenarnya produk lokal  dari segi kualitas banyak tapi kurang dikenal masyarakat.  Sejumlah produk hortikultura unggulan Bengkulu  antara lain buah sawo dari Kabupaten Seluma dan Bengkulu Tengah; manggis dari Kota Bengkulu; jambu Kristal dari Kabupaten Bengkulu Utara; buah naga dari Kabupaten Kepahiang dan jeruk garge dari Kabupaten Lebong.

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Pertemuan Rutin Penyelia Mitra Tani (PMT) PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 17 November 2014 08:42
Pertemuan Rutin Penyelia Mitra Tani (PMT) Provinsi Bengkulu dengan Sekretariat PUAP BPTP Bengkulu diadakan tanggal 8 November 2014 di ruang pertemuan BPTP Bengkulu.

Pada kesempatan ini hadir Ibu Yanti dan Isma dari Direktorat Pembiayaan Pertanian Jakarta dalam rangka kunjungan kerja pengisian questioner Kinerja PMT PUAP Bengkulu 2014. Menyampaikan untuk peningkatan kinerja PMT yang mana kemungkinan Program PUAP 2015 masih ada dengan nama lain atau tidak.

Peserta berjumlah 31 orang berasal dari 10 kabupaten/kota.  Tujuan pertemuan kali ini adalah : 1) Merekap laporan perkembangan dana BLN PUAP bulan Oktober 2014 dari masing-masing kabupaten/kota dan direkap menjadi rekapitulasi laporan perkembangan  form excel Dana BLN PUAP Provinsi Bengkulu; 2) Laporan dibahas, dikoreksi laporan kegiatan masing2 PMT.

Diawali dengan sambutan penanggung-jawab kegiatan PUAP BPTP Bengkulu dan arahan dari tim monev diwakili oleh ibu Yanti, menyampaikan supaya ketua Tim Pembina PUAP Propinsi dapat melaksanakan pertemuan dan koordinasi bulanan dengan sekretariat PUAP Propinsi Bengkulu serta instansi terkait lainnya. Acara diisi dengan diskusi dan Tanya jawab. Peserta sangat apresiasi dengan penyampaian laporan dari masing-masing PMT.


LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com