Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

kalender
satulayanan
Sinar Tani
UPBS
SERBA SERBI
web mail

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 15 Tamu online
Berita
Kunjungan Tim Monev SDG PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 27 Oktober 2014 10:52
Bertempat di Ruang rapat Kantor BPTP Bengkulu mendapat kunjungan dari Komisi Nasional Sumberdaya Genetik Pusat yaitu Dr. Ir.  Arifin dan Dr. Ir Sudiarti. Tujuan kunjungan untuk melihat kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan lapangan serta melihat permasalahan dan upaya pemecahannya. 

Provinsi Bengkulu memiliki berbagai kekayaan sumberdaya genetic (SDG) baik dari tanaman pangan (padi, jagung, kedelai, kentang merah), tanaman buah (jeruk, mangga, durian, pisang, manggis),tanaman hias (Anggrek, bunga raflesia) dan Tanaman Biofarmaka. Potensi yang ada tersebut tersebar sesuai dengan agroekosistemnya. 

Informasi  keanekaragaman SDG   tanaman pertanian Bengkulu saat kini belum dikelola secara optimal dan belum bisa diakses secara baik oleh para pengguna. Ketiadaan sistem akses mengakibatkan  SDG tanaman asli Bengkulu belum banyak diketahui.  Berdasarkan alasan tersebut maka diperlukan suatu  kajian tentang keberadaan dan sebaran SDG tanaman kususnya yang terdapat di dataran rendah di Propinsi Bengkulu sebagai upaya melestarikannya secara berkelakjutan. Tujuan kegiatan Pengelolaan  adalah : 1) Menginventarisir sumberdaya genetik tanaman dan ternak pada lahan pekarangan di Provinsi Bengkulu; 2) Mengkarakterisasi tanaman dan ternak spesifik lokasi di Provinsi Bengkulu dan 3) Pemeliharaan dan penambahan koleksi tanaman hortikultura spesifik lokasi di Kebun Koleksi BPTP Bengkulu.Hasil kajian ini diharapkan akan diperoleh Informasi  dasar tentang keanekaragaman sumberdaya genetik  tanaman dalam upaya pelestarian dan pengembangannya dimasa yang akan datang.

Pertemuan yang dihadiri oleh Kepala BPTP Bengkulu dan seluruh anggota tim pelaksana kegiatan Pengelolaan Sumberdaya Genetik Propinsi Bengkulu dan beberapa peneliti/penyuluh BPTP.  Penanggung jawab kegiatan mempresentasikan dalam bentuk power point perkembangan hasil pelaksanaan inventarisasi dan karakterisasi sampai bulan Agustus 2014.  Selanjutnya tim Monev merespon dan mempertanyakan  hal hal yang belum tercapai serta kesesuaian perencanaan dengan pelaksanaan dan kendala yang dihadapi, dilanjutkan dengan diskusi untuk mencari solusi pemecahan masalah.  Selanjutnya tim monev meninjau screen house dan melihat koleksi Sumberdaya genetik tanaman hortikultura spesifik lokasi di kebun koleksi di lingkungan kantor BPTP Bengkulu.

Dari pelaksanaan survei di lahan pekarangan pada 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kaur dan Kota Bengkulu diperoleh daftar panjang sumberdaya genetik tanaman.  Tanaman pangan sebanyak 16 jenis, sayuran 30 jenis, buah 84 jenis, hias 86 jenis, biofarmaka 40 jenis dan tanaman perkebunan 62 jenis.

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan SD IT 2 Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 27 Oktober 2014 09:28
Sabtu, 25 Oktober 2014 BPTP Bengkulu dikunjungi 150 orang siswa-siswi SD Islam Terpadu 2 Bengkulu yang didampingi oleh 7 orang guru. Tujuan kunjungan sebagai salah satu sarana pembelajaran bagi siswa dalam pengenalan tanaman sayuran. Secara umum mereka ingin mengenal dan melihat secara langsung budidaya tanaman dan ternak yang selama ini anak-2 konsumsi.

Mereka ingin belajar bertanam sayuran di polibag, mulai dari penyemaian benih sampai dengan pemindahan bibit ke polibag kecil dan besar. Praktek budidaya tanaman sayuran tersebut dipandu oleh tenaga teknis dan peneliti. Selain itu, para siswa diperkenalkan dengan jenis-jenis tanaman. yaitu: budidaya tanaman sayuran (slada, sawi, kangkung, tomat, cabe dan terong). Sebelum turun ke kebun anak-2 berkumpul diruang pertemuan mendengar sekilas film tentang apa itu tanaman dan cerita kecil dari Kepala Pelayanan Teknis (Dr. Rudi Hartono).

Tampak anak2 begitu semangat memasuki ruangan dengan berlari-larian untuk mendapatkan kursi yang ternyata jumlah kursi lebih sedikit dari jumlah anak sehingga anak dan ustadznya ada yang duduk dilantai. Setelah menonton film tentang tanaman-2an, anak-2 diajak turun ke lapangan menengok tanaman dan ternak. Beberapa peneliti dan penyuluh membimbing anak melihat-lihat tanaman sambil memperkenalkan masing-2 nama tanaman. Setelah penat berkeliling2 anak2 istirahat sambil menikmati makanan dan minuman yang mereka bawa masing-masing. Respon para anak2 dan guru sangat baik, ini terlihat dari keinginan mereka untuk menerapkan tanaman sayuran di polibag di rumah dan lokasi sekolahan.

Sebelum pulang para murid membawa buah tangan berupa bibit tanaman tomat, cabe, terung yang akan ditanam dirumah masing2 dan dipekarangan sekolahnya. Tentunya kita harapkan kunjungan ini akan bermanfaat dalam upaya pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan disekitar sekolah. Disamping dapat memetik hasil atau panen juga menjadikan pekarangan sekolah hijau, indah dan lestari.
LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Senam Pagi di halaman Kantor BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 22 Oktober 2014 08:10

Setelah sibuk bekerja dari Senin s/d Kamis, pegawai BPTP Bengkulu Jumat melaksanakan Senam Kesegaran Jasmani untuk menambah kebugaran fisik. Dengan fisik yang bugar dan sehat diharapkan kualitas SDM terus meningkat sehingga mampu kinerja seluruh staf BPTP Bengkulu. Selain itu, kegiatan ini juga untuk ajang silaturahim staf BPTP setelah sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Kepala BPTP Bengkulu Dr. Dedi Sugandi menyampaikan bahwa kegiatan ini harus rutin dilaksanakan secara terjadwal seperti halnya pengajian yang dilakukan pada hari Jumat minggu pertama dan ketiga tiap bulannya.

Senam dilakukan dengan berbagai gerakan untuk menggerakan bagian tubuh. Senam yang dilakukan selama 1 jam membuat karyawan BPTP bercucuran keringat karena semangatnya dalam berolah raga. Selesai senam seluruh peserta menikmati minum dan kacang rebus yang merupakan hasil panen dari kegiatan BPTP Bengkulu yang memanfaatkan lahan kering masam melalui tumpangsari kacang tanah dan jagung. 

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com