Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

satulayanan
Sinar Tani
SERBA SERBI
UPBS
web mail
kalender

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

On-LINE

Terdapat 317 Tamu online
Berita
Nota Kesepakatan Pelaksanaan Program Percapatan Swasembada PAJALE PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 26 Februari 2015 20:48
Pemerintah Propinsi Bengkulu melalui Dinas Pertanian bersama Korem 041 Gamas Bengkulu, Senin (23/2/2015) telah menanda-tangani nota kesepakatan, tentang pelaksanaan program percepatan swasembada padi, jagung dan kedelai dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan di Bengkulu.   

Penanda tanganan kesepakatan bersama dalam mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan Pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, dilakukan antara Kepala Dinas Pertanian Propinsi Bengkulu Ir. Eva Rini, MM dengan Danrem 041 Gamas Bengkulu Kolonel Infrantri Fajar Budiman, SIP yang disaksikan Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah di Gedung Balai Raya Semarak.   

Danrem 041 Gamas Bengkulu Kolonel Infrantri Fajar Budiman mengatakan, kerjasama pihaknya dengan Dinas Pertanian Propinsi Bengkulu ini dalam mendukung program ketahanan pangan, melalui pengawasan dan pembangunan saluran irigasi, penyaluran pupuk bersubsidi serta bibit unggul kepada masyarakat petani di Bengkulu. “Dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan hasil produksi petani sesuai yang ditargetkan sebelumnya,” ungkapnya.   

Sementara itu Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengarahkan, untuk mendukung program ketahanan pangan dalam wilayah Propinsi Bengkulu, pihaknya telah melarang masyarakat untuk beralih fungsi lahan padi untuk perkebunan dan menyediakan pupuk bersubsidi sebanyak 1 juta ton kepada petani.    “Kita sudah melarang petani untuk melakukan alih fungsi. Apalagi untuk sawah produktif,” ujarnya. Selain itu dijelaskan Gubernur, untuk perbaikan irigasi tersier juga telah disediakan dana APBN mencapai 54 milyar rupiah, dan ditambah APBD Propinsi Bengkulu sebesar Rp. 2 milyar.   

“Diharapkan dengan adanya kerjasama dengan TNI ini target yang ingin dicapai dalam peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai sebesar 30 persen atau dalam 3 tahun mendatang bisa mencapai 1 juta ton. Apalagi pada tahun 2014 lalu, Bengkulu berhasil meningkatkan produksi beras sebanyak 600 ton,” pungkasnya. 

LAST_UPDATED2
 
Pembangunan Jaringan Irigasi dukung Percepatan Swasembada Pangan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 11 Februari 2015 20:10

Pembangunan infrastruktur penunjang proses produksi menjadi salah satu prioritas di awal pelaksanaan program guna percepatan swasembada pangan tiga tahun ke depan oleh pemerintah.

Pembuatan bendungan, perbaikan dan pembangunan jaringan irigasi merupakan langkah konkrit pemerintah untuk mendukung peningkatan produksi tanaman pangan, dimana selama ini kekeringan menjadi permasalahan utama di beberapa wilayah sentra produksi tanaman pangan khususnya padi, jagung dan kedelai (PJK).
Dengan melibatkan dukungan dan kerjasama lintas pemerintah daerah dan kabupaten serta TNI dalam suatu pengawalan dan pendampingan, pembangunan infrastruktur jaringan irigasi diharapkan akan sesuai dengan keperuntukan dan kemanfaatannya bagi masyarakat dalam proses produksi.

Khusus kota Bengkulu  tanggal 29 Januari 2015 telah dilaksanakan Peletakan Batu Pertama Pencanangan Gerakan Perbaikan Irigasi mendukung Swasembada Padi, Jagung dan Kedele di lokasi lahan Kelompok Tani Batang Hari Dusun Besar Kota Bengkulu.

Hadir Walikota yang diwakili oleh Sekda Pemprov Bengkulu, Komandan Kodim (Dandim)  diwakili Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim), Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Kota Bengkulu, Kepala BPTP Bengkulu, Camat se kota Bengkulu, Lurah se kota Bengkulu.

Diawali sambutan Kepala Dinas Kota Bengkulu sebagai penyelenggara menyampaikan bahwa Pencanangan batu pertama untuk jaringan irigasi usaha tani di Bengkulu merupakan lokasi kelima.  Kegiatan pencanangan ini harus segera dilakukan untuk mendukung program peningkatan swasembada pangan, diharapkan bulan Maret 2015 secara fisik sudah dilaksanakan.

Sambutan Sekda Pemprov Bengkulu menyampaikan dengan dikawalnya kegiatan peningkatan swasembada PJK dengan TNI diharapkan hasilnya lebih baik, dari segi keamanan dan gangguan-gangguan lainnya. Selanjutnya pesan Dandim karena ini perintah presiden siap membantu dalam hal apapun.

Pada prinsipnya semua pihak siap mendukung dan bekerja sama untuk mensukseskan program refocussing percepatan swasembada pangan. Optimalisasi semua potensi dan sumber daya bangsa ini merupakan perwujudan dari kesatuan visi yang sama dalam sinergi untuk mencapai swasembada pangan dan peningkatan daya saing

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Seminar ROPP/Diseminasi Hasil Penelitian PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 05 Februari 2015 20:52
Dalam upaya mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BPTP perlu keterpaduan dan keserasian antara instansi terkait dalam proses penyiapan dan penerapan teknologi. Kegiatan ini harus dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan agar program dan kegiatan yang telah dihasilkan oleh BPTP Bengkulu dapat diadopsi oleh pengguna dan dimonitor penerapannya. Mengingat begitu luasnya kebutuhan teknologi pertanian oleh pengguna, keterbatasan anggaran dan sumberdaya manusia BPTP Bengkulu, maka perlu penyusunan prioritas dan desain pengkajian yang tepat dan terarah. Hal ini agar masalah urgen dan harus segera diselesaikan dapat dilaksanakan terlebih dahulu tanpa mengabaikan masalah-masalah lain yang berkembang di daerah.

Perencanaan merupakan salah satu faktor kunci dari tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan pengkajian dan diseminasi. Perencanaan yang disusun dengan cermat dan komprehensif tidak hanya mempermudah pelaksanaan kegiatan, juga akan mempermudah mewujudkan output yang telah ditetapkan.
Oleh karenanya, kegiatan pengkajian dan diseminasi teknologi pertanian yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2015, telah diprogramkan untuk dibahas lebih dini melalui suatu kegiatan seminar dengan judul “ Seminar Rencana Operasional Penelitian Pertanian/Diseminasi Hasil Penelitian dan  Kinerja Tingkat Manajemen  BPTP Bengkulu TA. 2015 pada tanggal 27 – 29 Januari 2015 di Auditorium BPTP Bengkulu.

Tujuan dari kegiatan adalah : (1) Mempertajam rencana operasional pelaksanaan kegiatan pengkajian, diseminasi, dan manajemen BPTP Bengkulu TA. 2015; dan (2) Memberikan saran/masukan guna penyempurnaan rencana operasional penelitian dan diseminasi BPTP Bengkulu TA.2015.

Seminar Rencana Operasional Penelitian Pertanian/Diseminasi Hasil Penelitian dan  Kinerja Tingkat Manajemen BPTP Bengkulu TA. 2015 diikuti oleh 90 orang peserta yang terdiri atas peneliti/penyuluh/teknisi/tenaga administrasi BPTP Bengkulu dan mahasiswa magang.

Metode pelaksanaan terdiri dari tiga metode, yaitu presentasi, evaluasi, dan diskusi. Hasil diskusi tersebut disusun dalam suatu rumusan hasil yang dibacakan pada akhir seminar. Rumusan seminar tersebut berisi butir-butir penyempurnaan rencana operasional kegiatan pengkajian dan diseminasi yang diseminarkan.

Seminar Rencana Operasional Penelitian Pertanian/Diseminasi Hasil Penelitian dan  Kinerja Tingkat Manajemen BPTP Bengkulu TA. 2015 membahas 23 judul kegiatan, terdiri dari 3 judul kegiatan manajemen, 8 judul kegiatan pengkajian, 6 judul kegiatan diseminasi hasil litkajibangrap spesifik lokasi dan 6 kegiatan pendampingan dengan rincian sebagai berikut:

Manajemen
  1. PengelolaanAdministrasi, Layanan Perkantoran, Peningkatan Mutu Manajemen Satker, Sarana dan Prasarana dan Peningkatan Kapasitas  Sumber Daya Manusia, UAPPA/BW dan Sistem Pengendalian Internal dan WBK.
  2. Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Bengkulu.
  3. Penyusunan Program dan Rencana Kerjaserta Monitoringdan Evaluasi.
Pengkajian
  1. Model Sistem Pertanian Bioindustri Berbasis Integrasi Tanaman – Ternak Spesifik Lokasi di Provinsi Bengkulu.
  2. Model Sistem Pertanian Bioindustri Berbasis Integrasi Padi – Sapi  Spesifik Lokasi di Provinsi Bengkulu.
  3. Peta Pewilayaan Komoditas Pertanian /AEZ II.
  4. Pengelolaan Sumberdaya Genetik (SDG) di Provinsi Bengkulu.
  5. Analisis Ekonomi Usahatani Cabai di Provinsi Bengkulu.
  6. Peningkatan Nilai Tambah Komoditas Buah Jeruk Spesifik Bengkulu. 
  7. Sistem Integrasi Sapi dan Jagung pada Lahan Suboptimal di Provinsi Bengkulu.
  8. Analisis Kebijakan Mendukung Program Pemerintah Pusat/Daerah.
Diseminasi Hasil Litkajibangrap Spesifik Lokasi

  1. Peningkatan Jejaring Kerjasama dalam Penyebarluasan Inovasi Teknologi.
  2. Peningkatan Kapasitas Penyuluh, Peneliti dalam Percepatan Penyebaran Inovasi Pertanian di Provinsi Bengkulu
  3. Gugus Kalender Tanam Terpadu di Provinsi Bengkulu.
  4. Penyediaan dan Penyebarluasan Benih Sumber Varietas Unggul Baru Padi Melalui Unit Pengelola Benih Sumber di Provinsi Bengkulu.
  5. Model Penyediaan Benih Padi untuk Pemenuhan Kebutuhan Wilayahnya Melalui Peningkatan Kemampuan Calon Penangkar Padi.
  6. Taman Agroinovasi
Pendampingan

  1. Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Tanaman Pangan.
  2. Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Hortikultura Jeruk.
  3. Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Hortikultura Cabai.
  4. Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Perkebunan.
  5. Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Peternakan.
  6. Pendampingan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com