Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

kalender
satulayanan
UPBS
SERBA SERBI
Sinar Tani
web mail

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 266 Tamu online
Berita
Rapat Pertemuan UPSUS Percepatan Pencapaian Swasembada Pangan PJK PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 30 Januari 2015 09:00
Sebagai tindak lanjut Rapim TNI AD bersama Kementerian Pertanian yang dihadiri Kepala Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia di Balai Kartini Jakarta 8-9 Januari 2015, maka pada hari Rabu, tanggal 21 Januari 2015 dilaksanakan Rapat Pertemuan UPSUS Percepatan Pencapaian Swasembada Pangan Padi, Jagung dan Kedelai (PJK) bertempat di Aula Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu.

Hadir dalam acara tersebut Asisten II Pemprov Bengkulu (Ir. Edy Waluyo, MM), Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu (Ir. Eva Rini, MM), Kepala Dinas PU, Direktur Pengelolaan Air Irigasi Kementan sebagai LO Provinsi Bengkulu, Kepala Badan Pusat Statistik Bengkulu, Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu Malang (Jawa Timur), Kepala Dinas/Badan Kabupaten/Kota Lingkup Pertanian Provinsi, Kepala BPTP Bengkulu beserta 7 orang peneliti, penyuluh sebagai Liaison Officer (LO), Dandim, Danramil

Asisten II Pemprov Bengkulu (Ir. Edi Waluyo, MM) menyampaikan perlunya perbaikan prasarana dan sarana jaringan irigasi agar target swasembada pangan dapat tercapai. Direktur Pengelolaan Air Irigasi Kementan,  menyampaikan bahwa kegiatan UPSUS merupakan instruksi Presiden dalam rangka Percepatan Pencapaian Target Swasembada Padi, Jagung dan Kedelai Nasional. Pertemuan yang dilakukan bersama TNI Angkatan Darat, merupakan tindak lanjut dari pertemuan-pertemuan sebelumnya bersama Presiden Republik Indonesia, jajaran TNI-AD dan Kementerian Pertanian. Pekerjaan awal yang akan dilakukan : 1) Identifikasi Target Padi, Jagung, Kedelai; 2) Fokus Lokasi Kegiatan; 3) Integrasi Program; 4) Sinergis Penyukuh Mahasiswa dan Babinsa
 
Danrem 041 Gamas Bengkulu menegaskan dukungan TNI-AD menyampaikan agar kegiatan ini dilaksanakan dengan serius. Laporan pelaksanaan kegiatan mingguan akan disampaikan secara  berjenjang dari Babinsa – Danramil – Dandim – Danrem - Panglima Kodam sampai kepada Panglima TNI di Tingkat Pusat. Laporan tersebut akan diteruskan kepada Menteri Pertanian dan Presiden Republik Indonesia. TNI bisa menjadi pendamping para pertani sesuai dengan wilayah tugas masing-masing  sekaligus  menjadi penyuluh  pertanian untuk komoditas tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai. Melalui peran serta TNI dalam program ini  diharapkan pula dapat  memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian ketahanan pangan nasional.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu (Ir. Eva Rini, MM) menyampaikan bahwa peningkatan pangan merupakan target pemerintah harus dicapai  paling lambat 3 tahun dan Menteri Pertanian mentargetkan 2 tahun. Dimohon kabupaten segera bergerak untuk memastikan calon penerima alat mesin harus  diterima oleh kelompok yang siap. 

Kepala BPTP Bengkulu Dr. Ir. Dedi Sugandi, MP menyampaikan bahwa dalam menjalankan program UPSUS PJK, BPTP Bengkulu telah turun ke lapangan untuk mensukseskan program swasembada pangan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara, Kabupaten Rejang lebong dan Kabupaten Lebong. Pada kesempatan ini BPTP membagikan buku KATAM serta CD keseluruh stakeholder dan Majalah SAINS Indonesia sebagai bahan pendukung. BPTP telah menetapkan peneliti dan penyuluh di setiap kabupaten.
 
LAST_UPDATED2
 
MOU dengan UMB Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 22 Januari 2015 11:51
 

D
alam upaya pengembangan inovasi teknologi pertanian, BPTP Bengkulu mengadakan kerjasama penelitian dengan salah satu perguruan tinggi di Bengkulu yaitu Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) pada tanggal 20 Januari 2015 di ruang Rapat Fakultas Pertanian.  Tujuan kerjasama adalah dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi bidang pendidikan, inovasi teknologi, pengabdian masyarakat dan seminar.  Hadir pada acara Kepala BPTP Bengkulu Dr. Dedi Sugandi yang didampingi Kasubbag Tata Usaha Wahyuni Amelia Wulandari, S.Pt, M.Si, Kasi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Dr. Rudi Hartono, SP., MP, Peneliti dan Penyuluh, rektor dan wakil rektor, dosen fakultas pertanian dan mahasiswa.

Dalam sambutannya, Rektor UMB yang diwakili oleh Wakil Rektor IV Ir. Ririn Harini, MP menyampaikan bahwa sebenarnya kerjasama dengan BPTP sudah terjalin sejak dahulu, hanya tidak terdokumentasikan dan tertulis. Kerjasama yang direalisasikan dengan adanya Mahasiswa magang sejumlah 14 orang selama 1 bulan di BPTP dari tanggal 21 Januari-20 Februari 2015.  Selama magang Mahasiswa akan dibina oleh peneliti dan penyuluh.

Selanjutnya sambutan Kepala BPTP menyampaikan bahwa sesuai dengan misi BPTP : 1) Menghasilkan dan menyediakan teknologi pertanian spesifik lokasi kepada pengguna; 2) Meningkatkkan kemitraan dengan pemerintah daerah/kabupaten, institusi  terkait dan swasta dalam pemberdayaan  petani; 3) Mempercepat transfer teknlogi pertanian kepada pengguna  dan memperoleh umpan balik kepada stakeholder bagi penajaman program pengkajian teknologi pertanian berikutnya. Diharapkan MoU ini jangan menjadi ceremonial  saja, selanjutnya semoga MoU ini dapat lebih bermanfaat kedua belah pihak.

Acara dilanjutkan  dengan penandatangan MoU antara Fakultas Pertanian UMB  dengan BPTP Bengkulu yang disaksikan oleh Wakil Rektor dan diakhiri dengan serah terima Mahasiswa magang.

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Tim Evaluator PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Senin, 10 Desember 2012 10:48
Senin, 10 Desember 2012 bertempat diruang Auditorium BPTP Bengkulu diadakan pertemuan dalam rangka EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN LITKAJIBANGRAP 2012, HASIL LITKAJIBANGRAP 2011 DAN EVALUASI RPTP/RDHP 2013. Pada pertemuan tersebut hadir dari Badan Litbang Pertanian 4 orang petugas yaitu Profesor(R) Samsul Bahri (Ketua Tim Evaluasi) dari Puslitbang Peternakan, Prof(R). Dr. Darmono, M.Sc (Balitvet), Prof(R) Sutrisno (BB Biogen), dan Ratih (staf dari Sekretariat Badan Litbang Pertanian).

Pertemuan dihadiri peneliti, penyuluh, dan staf teknis BPTP Bengkulu. Acara diawali pengantar dari KepalaBPTP Bengkulu yang menyampaikan hasil kegiatan litkajibangrap di BPTP Bengkulu tahun 2011 dan 2012, dan rencana kegiatan tahun 2013. Kepala BPTP menyampaikan upaya-upaya yang telah dilakukan secara internal untuk meningkatkan dampak hasil kegiatan litkajibangrap kepada pengguna teknologi yang ada di daerah baik dinas/instansi terkait maupun petani pengguna, dan masyarakat secara luas. Upaya tersebut diantaranya adalah mengefektifkan pelaksanaan monev kegiatan dan mendorong pelaksana kegiatan untuk menghasilkan karya tulis ilmiah yang diterbitkan dalam berbagai jurnal/prosiding ilmiah. Oleh karena itu kehadiran Tim Evaluasi Litkajibangrap dari Badan Litbang Pertanian sangat penting artinya dalam perbaikan perencanaan dan pelaksanaan litkajibangrap saat ini dan ke depan bagi BPTP Bengkulu.

adanya peningkatan kinerja dilanjutkan mandat dari sekretariat Badan Litbang, tidak terkait dengan tim pembina.
Tujuan kunjungan Tim Evaluasi adalah :
1.    Mengevaluasi hasil litkajibangrap 2011.
2.    Mengevaluasi pelaksanaan (progres) kegiatan litkajibangrap 2012.
3.    Mengevaluasi perbaikan RPTP/RDHP 2013
4.    Menjaring umpan balik/permasalahan dalam mekanisme litkajibangrap di Balit/BPTP.
5.    Menyusun sintesis arah kebijakan dan mekanisme kerja litkajibangrap ke depan.

Saran dan Tindak Lanjut :

  1. Berbagai saran pada evaluasi RPTP/RDHP 2012, yang berkaitan dengan struktur dan cara penyusunan serta penajaman saintifik/substantif perlu mendapat perhatian, untuk itu:
  2. Evaluasi dan Re-evaluasi RPTP/RDHP secara berjenjang oleh UK/UPT perlu dilaksanakan secara ketat dan diselarsakan dengan siklus perencanaan dan dengan dukungan tim evaluasi/pakar/sinjak
  3. Perlu adanya mekanisme “quality control” lebih ketat, dalam proses penyusunan RPTP/RDHP (sesuai Permentan No.44/2011) pada tingkat UPT dan UK (Puslit/BB) sebelum “review akhir/terpadu” di tingkat Badan Litbang Pertanian.

 
Workshop Konsolidasi LK Kementan TA 2014 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 20 Januari 2015 07:57

Workshop Konsolidasi LK  Kementan TA 2014 UAPPA/B wilayah Provinsi Bengkulu dengan Tema “MEMPERTAHANKAN LAPORAN KEUANGAN KEMENTAN TAHUN 2014 DENGAN KUALITAS TERBAIK” tanggal 19 s/d 23 Januari 2015. Acara diawali dengan  pengarahan Kepala BPTP (Dr. Dedi Sugandi) menyampaikan acara dilaksanakan secara sederhana di LPM
P Provinsi Bengkulu sesuai dengan arahan Menteri Pertanian khususnya untuk dapat menimalisasi acara ceremonial.

Hadir pada acara Tim VERIFIKASI dari Sekretariat Jenderal (Sekjen) Luh Putu Yuni, SE; Budiyanto Linggo dan Wahyudi Trisaksono, para narasumber, para Verifikator dan Tim review dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian (Irjen) Drs. Aswan Triyono,M.Si. Peserta berjumlah 85 orang yang terdiri dari petugas sistem akuntansi keuangan pengguna anggaran (SAKPA) dan operator sistem Kuasa Pengguna Barang (SAKPB/SIMAK) pada masing2 satker lingkup Kementerian Pertanian di masing2 kabupaten/kota Provinsi Bengkulu.

Kepala BPTP pada sambutannya menyampaikan sambutan dari  Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian sekaligus atas nama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian dapat membuka acara Workshop secara resmi.

Disampaikan sambutan Sekjen bahwa pelaksanaan workshop konsolidasi laporan keuangan, perlu saya sampaikan rasa bangga dan bahagia atas pencapaian Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Tahun 2013 lalu yang telah berhasil meraih opini terbaik, yaitu WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Untuk itu sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan penghargaan serta apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi dan kerja keras saudara-saudara dan seluruh stakeholders terkait penyusunan Laporan Keuangan. Sekaligus berharap pencapaian opini Laporan Keuangan Kementerian Pertanian tahun 2014 dapat kembali meraih WTP.

Upaya-upaya nyata untuk kembali meraih opini WTP tersebut, maka Kementerian Pertanian pada tahun ini kembali melaksanakan Konsolidasi Penyusunan LK di 33 provinsi yang dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 19 s.d. 23 Januari 2015 dan dilanjutkan menyusun Laporan Keuangan tingkat Wilayah.

Dalam kegiatan konsolidasi laporan keuangan ini juga, Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian mendukung penuh dengan menurunkan segenap tenaga auditornya untuk melakukan Reviu bersamaan dengan proses penyusunan Laporan Keuangan ini. Untuk itu kami mengucapkan penghargaan yang tinggi atas sinergitas ini. Pelaksanaan proses verifikasi dan reviu atas laporan keuangan tingkat satker yang dilakukan secara baik dan optimal sebelum dilakukan konsolidasi ke tingkat wilayah diharapkan akan memperbaiki kualitas LK tingkat satker dan wilayah, yang pada akhirnya akan memperbaiki kualitas LK tingkat Eselon I dan Kementerian.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan konsolidasi penyusunan LK di 33 Provinsi adalah: 

  1. Untuk meningkatkan komitmen pimpinan bahwa pentingnya proses penyusunan laporan keuangan yang berkualitas, akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), baik di tingkat Satker, Wilayah, Eselon I dan Kementerian.
  2. Meningkatkan penyajian LK Kementan dengan kualitas terbaik.
  3. Tersusunnya Laporan Keuangan Tingkat satker dan Wilayah  sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
  4. Tersusunnya Laporan Keuangan (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri atas Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekonsentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan (TP), dari Satker Kabupaten/Propinsi. 
  5. Tersusunnya Laporan Keuangan Tingkat Wilayah (UAPPA/B-W).  

Kita menyadari bahwa tantangan untuk mencapai hasil terbaik dalam Penyusunan LK sebagaimana telah kita bicarakan di atas, bukan tanpa kendala yang cukup berarti. Propinsi Bengkulu memiliki jumlah Satker cukup banyak yaitu sejumlah 41 satker dan tersebar hampir di seluruh kabupaten/kota Bengkulu.

Menyongsong Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual yang mulai diberlakukan mulai tanggal 1 Januari 2014, ada beberapa hal yang perlu Saudara persiapkan dengan baik, yaitu:

1. Sumber daya manusia

Setiap operator SAI Satker, Wilayah, dan Eselon I wajib mengikuti Pelatihan Sistem Akuntansi Berbasis Akrual (SAIBA). Pelatihan dapat memanfaatkan Trainer dari Internal Kementerian Pertanian, maupun Trainer Kementerian Keuangan. Diharapkan Badan PPSDMP dapat memfasilitasi pelatihan ini.

2. Sarana dan Prasarana

Akuntansi berbasis akrual di TA 2015 akan diimplementasikan dengan penggunaan aplikasi SAIBA (Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual). Spesifikasi komputer minimal sama dengan komputer / notebook yang digunakan SAKPA selama ini. Apabila sudah diterapkan aplikasi SAKTI, maka perlu dipersiapkan komputer/notebook yang lebih tinggi spesifikasinya.

3. Anggaran

Setiap Eselon I agar menyiapkan anggaran baik untuk pelatihan SDM maupun untuk pengadaan komputer/notebook.

4. Perangkat Hukum/Kebijakan

Pedoman akuntansi yang ada agar disesuaikan dengan kebijakan pemerintah terkait penerapan Akuntansi Berbasis Akrual.

5. Satgas/Helpdesk

Setiap Eselon I agar melayani pertanyaan satker di lingkup Kementerian Pertanian terkait akuntansi berbasis akrual  dalam bentuk Helpdesk dapat bersifat online maupun offline.

Di akhir sambutan ini, saya mengajak semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan Kementerian Pertanian untuk menaruh perhatian yang lebih serius dalam pelaksanaan Konsolidasi Penyusunan LK ini dan memberikan dukungan yang nyata, guna mempertahankan kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian dengan opini “Wajar Tanpa Pengecualian” sebagaimana harapan kita bersama (Sekretaris Jenderal Kementan)

Selesai sambutan dari Sekretaris Jenderal Kementan, dilanjutkan sambutan Ibu Luh Putu Yuni, SE sebagai penanggung-jawab kegiatan. Kegiatan tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya terutama mengenai waktu pelaksanaan serentak di 33 provinsi, berharap WTP dipertahankan dapat menuju kegiatan yang lebih baik. Dan pelaksanaan secara teknis untuk seluruh peserta untuk dapat langsung bekerja dan bekerja.
,

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Kegiatan BPTP di Kota Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Seminar/Lokakarya
Oleh Administrator   
Sabtu, 31 Maret 2012 20:52


Sosialisasi Kegiatan BPTP 2012 Kota Bengkulu dilaksanakan tanggal 21 Maret 2012 di  Santika Bengkulu. Hadir pada sosialisasi Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu, instansi terkait lingkup Kota Bengkulu.   Materi yang disampaikan adalah sebagai berikut :

Selain materi dari BPTP,Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Bengkulu (H. Muslih Z, SH, M.Si) menyampaikan PENG- ANEKARAGAMAN  KONSUMSI PANGAN MELALUI  PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN TERPADU
 
Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Propinsi Bengkulu menyampaikan PROGRAM DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN PROPINSI BENGKULU DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DAN KERBAU
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com