Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

kalender
UPBS
web mail
Sinar Tani
satulayanan
SERBA SERBI

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 16 Tamu online
Berita
HPN Bengkulu bakar ikan sepanjang 12 km sebanyak 12ton PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 08 Februari 2014 17:34
Setelah Kalimantan yang telah terlebih dahulu mengadakan bakar ikan terpanjang yang sepanjang 9 kilometer. Kini giliran Bengkulu sepanjang 12 Km BENGKULU – Komunitas Wonderful Bengkulu siap pecahkan REKOR MURI bakar ikan terpanjang Se-Indonesia dengan panjang 12 Km sebanyak 12 ton ikan.

Dikatakan Ketua panitia Amri Wicahyono acara bakar ikan terpanjang Se-Indonesia ini akan menjadi acara Spektakuler karena mengusung tema 12 kilometer dan 12 ton di Pantai Panjang Bengkulu. “

Sementara panitia pelaksana Wonderful Bengkulu, Piter, mengatakan persiapan untuk acara bakar ikan terpanjang Se-Indonesia Sabtu (8/2) mencapai 100 persen. Pihaknya juga sudah sejak beberapa hari kemarin menyediakan fasilitas seperti tempat pemanggangan ikan sebanyak 3000 unit yang berukuran 2 meter per unitnya.

“Ikan yang dikumpulkan sebayak 12 ton tersebut bersumber dari pengusaha pengumpul ikan terbesar Bengkulu yakni Lang-lang Buana sebanyak 6 ton, Kabupaten Bengkulu Utara menyediakan ikan air tawar sebanyak 1,5 ton, dan selebihnya disiapkan panitia dari sumber-sumber lain,” katanya.

Dikatakan dia, panitia pelaksana acara bakar ikan terpanjang Se-Indonesia ini juga banyak melibatkan berbagai dari kalangan seperti masyarakat, mahasiswa dan komunitas para pecinta alam Se-Bengkulu. Mereka yang ditunjuk panitia untuk membantu membagikan kupon-kupon bakar ikan ini ke masyarakat luas.

“Kupon di bagikan ke masyarakat melalui panitia yang telah ditunjuk langsung oleh pihak panitia Komunitas Wonderful Bengkulu. Pembagian kupon gratis ke masyarakat sudah disalurkan melalui pendataan ke tiap-tiap kelurahan,sehingga kupon tersebut bisa diterima ke setiap kepala keluarga secara merata,” jelasnya.

Lebih lanjut Piter mengatakan, berdasarkan agenda pembukaan acara b
akar ikan terpanjang Se-Indonesia pada hari ini pukul 09:00 wib, rencananya acara bakar ikan terpanjanag Se-Indonesia ini akan dibuka langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan didampingi Menteri Pariwisata, Menteri Kominfo beserta Gubernur dan Walikota Bengkulu yang akan ikut hadir dalam acara pembukaan acara tersebut.
LAST_UPDATED2
 
Persiapan HPN 2014 di Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 06 Februari 2014 12:03
Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) di Bengkulu tanggal 1 s/d 10 Februari 2014 dengan Tema "Pers Sehat, Rakyat Berdaulat".

BPTP Bengkulu menata Kebun PKK Propinsi Bengkulu, Kebun Bibit di Bukit Peninjauan I Kabupaten Seluma menjadi model pengembangan KRPL yang merupakan lokasi kunjungan Bapak Menteri Pertanian dan rombongan.  Aneka macam tanaman ikut serta meramaikan pengembangan dalam mendukung kegiatan KRPL.

Kegiatan PSDSK (Program Swasembada Daging Sapi Kerbau) dan LM3 (Lembaga Mandiri Mengakar di Masyarakat)  juga berada di lokasi Bukit Peninjauan I merupakan teknologi badan litbang pertanian. Bukit Peninjauan I adalah binaan dalam hal inovasi BPTP Bengkulu.
BPTP melaksanakan pendampingan teknologi pemanfaatan limbah diantara lain limbah ampas tahu, limbah sawit, limbah padi, dan limbah jagung untuk dijadikan makanan tambahan dalam rangka meningkatkan  pertambahan berat badan sapi potong untuk menunjang program PSDSK.

Untuk itu Rabu, 5 Februari 2014 Kepala BPTP dan Tim memantau dan mengevaluasi persiapan yang telah dilakukan oleh desa Bukit Peninjauan I,  maupun pemerintah kabupetan sejauh mana persiapan lokasi yang akan dikunjungi Bapak Menteri Pertanian dan rombongan.

Pada saat kunjungan diadakan temu wicara dengan petani dan menteri dalam hal pengembangan pertanian perdesaan secara komplek dan pameran ternak bantuan presiden yang telah berkembang baik di LM3 maupun bantuan sosial bagi peternak di Bukit Peninjauan 1.

Dalam rangkaian acara Panitia Pemerintah Daerah Bengkulu akan menggelar kegiatan membakar ikan sepanjang 12 kilometer (km). Acara ini akan dilaksanakan di kawasan objek wisata Pantai Panjang, Kota Bengkulu, Sabtu 8 Februari 2014 mendatang. Panitia HPN Bengkulu akan menyiapkan berbagai jenis ikan laut dan ikan air tawar sebanyak 25 ton, antara lain ikan Gebur, Kakap, Moncos, gurami daln lainnya.

Kegiatan membakar ikan ini akan melibatkan para pejabat di jajaran Pemprov Bengkulu dan pemkot setempat, kalangan pers dan masyarakat umum, termasuk tokoh pers nasional Selain itu, kegiatan membakar ikan laut dan ikan tawar ini juga masuk dalam rekor MURI dengan kategori bakar ikan terpanjang.

LAST_UPDATED2
 
SMK 02 Mukomuko magang di BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 04 Februari 2014 09:27
Sebagai salah satu bentuk kerjasama BPTP Bengkulu dengan Pemerintah Daerah setiap tahunnya. Senin, 3 Februari 2014 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Muko-muko Kabupaten Muko-muko Propinsi Bengkulu menugaskan sejumlah siswa untuk melakukan praktek/magang di kantor Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu.  Saat ini tercatat 7 orang siswa dari SMK Negeri 02 Muko-muko Propinsi Bengkulu melakukan magang selama 3 bulan dan berakhir pada April 2014. BPTP Bengkulu memberikan ilmu pengetahuan dan pelatihan kerja yang disebut praktek kerja industri guna menambah dan memperdalam ilmu yang dipelajari di sekolah dengan ilmu yang dilaksanakan langsung  dengan teknologi pertanian pada kegiatan pengkajian BPTP Bengkulu yang sedang berjalan.
Selama magang siswa/siswi  dibimbing oleh Wahyuni Amelia Wulandari, M.Si, Alfayanti SP;  Waluyo A.Md; Ir. Eddy Makruf; Lina Ivansti, STP.

Tujuan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Muko-muko Propinsi Bengkulu adalah menambah dan mensinkronkan teori dengan praktek sesuai program keahlian pertanian dalam kompetensi teknologi pengolahan hasil pertanian dalam rangka agar lulusan memiliki kompetensi dan kompentensi dengan jurusannya.
Membuat kesepakatan dalam rangka peningkatan mutu lulusan melalui pelaksanaan kegiatan Prakerin siswa

Direncanakan setiap hari jumat siswa diberi kuliah umum, seperti Pengenalan Website BPTP Bengkulu, Perpustakaan, Laboratorium Diseminasi, Labor Pasca Panen, Laboratorium Tanah, Klinik Agribisnis.  Setelah magang para siswa diwajibkan membuat laporan kerja usaha untuk setiap kelompok. Kepala BPTP berpesan kepada siswa agar kesempatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya, agar nanti akan sangat bermanfaat untuk kita sendiri.

Diakhir pelaksanaan siswa/siswi diwajibkan membuat laporan prakerin yang berupa proposal yang isinya tentang praktek kerja industri dan disahkan oleh Kepala BPTP Bengkulu dan sekolah/pembimbing.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 02 Muko-muko Propinsi Bengkulu (Dra. Siti Indiyarti) menitipkan siswa/siswi kepada BPTP Bengkulu untuk dibina untuk menambah wawasan dalam teknologi pertanian.

LAST_UPDATED2
 
Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 28 Januari 2014 11:31
Bengkulu, 23 – 24 Januari 2014 telah dilaksanakan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Semester II Tahun Anggaran 2013 Tingkat Satker dan Wilayah Kementerian Pertanian Propinsi Bengkulu. Kegiatan merupakan kegiatan rutin untuk setiap tahunnya yang diselenggarakan di Hotel Rafless Bengkulu. Hadir pada acara Kepala BPTP Bengkulu, Pejabat Struktural lingkup Kementerian Pertanian, Bapak Kepala Dinas/Badan/UPT Pertanian seProvinsi Bengkulu, Narasumber DJPBN Bengkulu, Narasumber KPKNL Bengkulu, Verifikator SAK dan SIMAK BMN Tingkat Pusat, Tim Reviu dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Tim Pendamping dari BPK-RI Propinsi Bengkulu, Peserta Penyusunan Laporan Keuangan dan Barang Lingkup Wilayah Bengkulu.

Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya yang dipimpin Sudarwati, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala BPTP Bengkulu (Dr. Dedi Sugandi) sebagai berikut : Kegiatan kali ini bertujuan mendukung kelancaran penyusunan dan penerimaan laporan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) penerima dana dari Kementerian Pertanian, BPTP sebagai sekretariat UAPPA/B-W berkewajiban untuk menjembatani sekaligus sebagai mediator antara pimpinan Kementerian Pertanian dan pimpinan daerah lingkup kementerian pertanian untuk membantu menertibkan pembuatan dan pengiriman laporan keuangan satker penerima dana dekonsenterasi dan dana tugas pembantuan di masing-masing Propinsi.

Jumlah Satker yang ada dan menjadi Binaan Sekretariat UAPPA/B-W Bengkulu pada Tahun Anggaran 2013 sebanyak 40 Satker yang terdiri dari 2 Satker Kantor Daerah (KD), 12 Satker Dekosentrasi (DK) dan 36 Satker Tugas Pembantuan (TP) Tujuan untuk: 1. Meningkatkan Opini Laporan Keuangan Kementerian Pertanian dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menuju Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 2. Meningkatnya komitmen pimpinan akan pentingnya penyusunan laporan keuangan yang berkualitas agar pelaksanaan tata kelola pemerintahan dinilai akuntabel, baik di tingkat Satker, Wilayah, Eselon I, dan Kementerian. 3. Tersusunnya Laporan Keuangan (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri atas Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekonsentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan (TP), dari Satker Kabupaten/Propinsi sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 4. Tersusunnya Laporan Keuangan Tingkat Wilayah (UAPPA/B-W) sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Peserta Penyusunan Laporan Keuangan adalah operator SAK dan SIMAK-BMN satker lingkup Kementerian Pertanian se Propinsi Bengkulu.

Adapun materi utama Penyusunan Laporan Keuangan adalah:

1. Pemeriksaan kelengkapan dokumen keuangan meliputi:

a. Kelengkapan dokumen sumber b. Pagu Anggaran dan Estimasi Pendapatan c. Realisasi Pendapatan dan Pengembalian Belanja Pendapatan d. Realisasi Belanja e. Realisasi Belanja Bansos f. Realisasi Pengembalian Belanja g. Neraca Percobaan h. Saldo Awal Neraca i. Kas di Bendahara Pengeluaran j. Kas Lainnya dan Setara Kas k. Kas di Bendahara Penerimaan l. Piutang Bukan Pajak m. Aset Tetap, Kontruksi Dalam Pengerjaan, Mutasi Tambah/Kurang Aset Tetap, Bagian Lancar TP/TGR dan Tagihan TP/TGR, Informasi Aktual dan Aset Lain-lain.

2. Verifikasi Laporan Barang Milik Negara, meliputi :
a. Verifikasi Laporan SIMAK-BMN Satker b. Verifikasi saldo awal c. Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) Hasil IP ulang dengan KPKNL d. Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) Semester II 2011 e. Berita Acara Opname fisik barang persediaan semester II 2011 f. Berita Acara Hibah, Transfer, Penghapusan dll g. Barang rusak berat dan barang tidak di temukan (BA.04) h. Hasil Migrasi SIMAK-BMN dan Konversi Persediaan i. Realisasi Belanja Modal sesuai dengan Pembelian Aset Tetap j. Rekonsiliasi Internal antara Data SIMAK-BMN dan Data SAK

Mekanisme Pemeriksaan dan Review dilakukan secara bertahap dari Verifikator Wilayah ke Tim Review Irjend dan BPKP dan terakhir ke Tim Verifikator Eselon.1 Kementerian Pertanian. Mekanisme ini dilakukan untuk menguji kesesuaian antara angka-angka yang disajikan dalam lampiran Keuangan (LRA, Neraca dan CaLK) terhadap catatan, buku laporan yang digunakan dalam Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP).

Sambutan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Supervisi Biro Keuangan Perlengkapan (Hendy Kris) sekaligus membuka acara secara resmi.

Pada acara ini, Kementerian Pertanian berkerja sama dengan BPKP Pusat dan BPKP Perwakilan guna mendukung pelaksanaan workshop sehingga dapat meningkatkan kualitas LK. Melalui keterlibatan tim BPKP dalam workshop penyusunan laporan keuangan serta adanya sinergi antara SDM Pusat dan SDM daerah dan sekaligus dilakukan Reviu atas Laporan Keuangan yang telah diselesaikan oleh Tim Inspektorat Jenderal diharapkan kualitas proses penyusunan laporan keuangan Kementerian dapat meningkat dan target mencapai opini “Wajar Tanpa Pengecualian” dari BPK dapat tercapai. Pelaksanaan proses verifikasi atas laporan keuangan tingkat satker yang optimal sebelum dilakukan konsolidasi ke Entitas Pelaporan akan jauh lebih optimal dibandingkan dengan pelaksanaan workshop tahun-tahun sebelumnya.

Tujuan dilaksanakannya Konsolidasi adalah:

Untuk meningkatkan komitmen pimpinan bahwa pentingnya proses penyusunan laporan keuangan yang berkualitas, akuntabel dan sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP), baik di tingkat Satker, Wilayah, Eselon I dan Kementerian. Meningkatkan Opini LK Kementan dari WDP menuju WTP. Tersusunnya Laporan Keuangan Tingkat satker dan Wilayah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Tersusunnya Laporan Keuangan (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri atas Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekonsentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan (TP), dari Satker Kabupaten/Propinsi.

Tersusunnya Laporan Keuangan Tingkat Wilayah (UAPPA/B-W). Kementerian Pertanian memiliki jumlah Satker cukup banyak yaitu kurang lebih 1949 satker dan tersebar hampir di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, maka dengan terlaksananya workshop yang dilaksanakan di setiap Provinsi ini diharapkan tersusun laporan keuangan yang sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Di akhir sambutan ini, saya mengajak semua pihak yang terlibat dalam penyusunan laporan keuangan Kementerian Pertanian untuk menaruh perhatian yang lebih serius dalam pelaksanaan Konsolidasi guna tercapainya kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian yang lebih baik sehingga mendapatkan opini “Wajar Tanpa Pengecualian” sebagaimana harapan kita bersama. Ucapan terimakasih kepada BPTP dalam penyelenggaraan acara ini, dengan menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. Sebelum memulai acara inti dari Konsolidasi ditutup dengan doa oleh Rahmat Oktavia, SP
LAST_UPDATED2
 
BPTP Bengkulu termasuk SPI Sangat Andal PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 27 Januari 2014 13:13
Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Pertanian telah melakukan penilaian atas pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan beberapa unsur pelaksanaan manajemen pengelolaan kegiatan yang berkaitan dengan penilaian Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Sertifikasi ISO kepada Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) yang berada di bawahnya, termasuk kepada Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di setiap provinsi. Hasil dari penilaian tersebut pada akhirnya antara lain keluarlah penghargaan untuk SPI terdapat beberapa tingkatan penghargaan, yaitu Sangat Andal (Emas), Andal (Perak), Cukup Andal (Perunggu) dan Kurang Andal. Sedangkan untuk WBK dikenal dengan Penghargaan WBK, dan untuk Standardisasi dikenal dengan Sertifikat ISO yang sebagian besar untuk ISO 9001:2008.

Daftar perolehan Penghargaan di Lingkup BBP2TP Tahun 2013 adalah sebagai berikut: (1) BBP2TP memperoleh SPI Sangat Andal (Emas), WBK dan ISO; (2) Sebanyak 16 BPTP memperoleh SPI Sangat Andal (Emas), ISO dan WBK; (3) Sebanyak 12 BPTP yang mendapat SPI Andal (Perak), ISO dan WBK; (4) Sisanya mendapat SPI Andal (Perak) dan Cukup Andal (Perunggu), dan belum lengkap dengan ISO dan WBK nya. Informasi perolehan penghargaan dapat dilihat dalam Tabel. Selamat kepada BPTP/LPTP yang sudah lengkap, dan selamat berjuang untuk BPTP/LPTP yang belum maksimal. Namun demikian, Kepala BBP2TP (Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng.) pada berbagai kesempatan menyampaikan bahwa penghargaan yang diperoleh bukanlah tujuan akhir.

Penghargaan yang diperoleh justru harus dijadikan landasan untuk berkinerja lebih baik dan lebih tertib untuk mencapai hasil yang semakin baik dan semakin bermanfaat terutama bagi bangsa dan Negara serta masyarakat secara menyeluruh. Lebih jauh Pak Agung mengatakan, jika saja pelaksanaan SPI, pelaksanaan unsur-unsur WBK, implementasi sertifikasi ISO, dan implementasi SOP berjalan dengan baik, beliau mengatakan dan berkeyakinan akan memberikan ketenangan di berbagai lini organisasi baik level pimpinan maupun di berbagai level staf, dan pada akhirnya target-target kerja/kinerja organisasi akan terus meningkat dan semua sistem akan berjalan dengan baik. Di samping itu, implementasi keyakinan sprititual juga tentu sangat diperlukan sebagai pondasi mental dan perilaku berorganisasi yang amanah. (Sumber : Website Balai Besar (http://bbp2tp.litbang.deptan.go.id) tanggal 10 Januari 2014)


LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com