Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

SERBA SERBI
satulayanan
web mail
UPBS
Sinar Tani
kalender

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

On-LINE

Terdapat 745 Tamu online
Berita
Seminar Proposal Pengkajian dan Diseminasi Tahun 2015 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Selasa, 29 April 2014 11:24
 
Pagi hari Senin tanggal 27 April 2014 berkumpul bersama di aula untuk mengadakan Seminar  Proposal Pengkajian dan Diseminasi Tahun 2015. Seminar bertujuan untuk memberikan saran masukan guna penyempurnaan rencana operasional penelitian dan diseminasi BPTP Bengkulu Tahun 2015. Seminar diikuti oleh peneliti/penyuluh/teknisi/tenaga administrasi BPTP Bengkulu.

Perencanaan merupakan salah satu faktor kunci dari tahapan kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan pengkajian dan diseminasi. Perencanaan yang disusun dengan cermat dan komprehensif tidak hanya mempermudah pelaksanaan kegiatan, juga akan mempermudah mewujudkan output yang telah ditetapkan.  Oleh karenanya, kegiatan pengkajian dan diseminasi teknologi pertanian yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2015, telah diprogramkan untuk dibahas lebih dini melalui suatu kegiatan seminar.

Acara diawali dengan pengantar dari Bagian Program Dr. Wahyu Wibawa menyampaikan bahwa dengan kegiatan ini perlu dipersiapkan dengan harapan menjadi lebih baik dan memberikan masukan guna penyempurnaan.

Dilanjutkan dengan Arahan Kepala Balai menyampaikan bahwa “Kepala Badan Litbang Pertanian juga menekankan bahwa kebijakan pembangunan pertanian ke depan menggunakan konsep bioindustri”. Untuk itu, seluruh BPTP perlu  membuat percontohan konsep pertanian bioindustri yang berkelanjutan  dengan mengoptimalkan sumberdaya local. Seminar ini sangat penting dan strategis untuk melakukan penyempurnaan rencana pengkajian dan diseminasi teknologi pertanian pada TA. 2015. Seminar ini juga untuk melihat kesiapan konsep pemakalah dalam perencanaan kegiatan pengkajian dan diseminasi.

Dalam Seminar dibahas 18 judul kegiatan dengan rincian sebagai berikut :
Hari Pertama, 28 April 2014 :
  1. Model pengembangan pertanian perdesaan berbasis inovasi  (m-P3BI) jeruk di Kab. Lebong Propinsi Bengkulu
  2. M-P3BI  pada lahan sub optimal dan lahan kering di Propinsi Bengkulu
  3. Model akselerasi pengembangan pertanian yang ramah lingkungan lestari (m-AP2RL2)
  4. Anjak
  5. Peta pewilayahan komoditas pertanian / AEZ
  6. SDG
  7. Gugus KATAM terpadu
  8. UPBS
  9. Pendampingan inovasi pertanian dan program strategis nasional
Hari kedua, 29 April 2014
  1. Pengkajian peningkatan nilai tambah aneka produk tanaman pangan dan hortikultura lokal unggulan Bengkulu
  2. Pengkajian pola pengembangan sapi potong terintegrasi dengan kelapa sawit yang ramah lingkungan
  3. Pengelolaan lahan sub optimal ramah lingkungan melalui integrasi tanaman
  4. Aplikasi pupuk organik pada sistem tanam tomat dan bawang merah dataran rendah di Propinsi Bengkulu
  5. Integrasi sapi bali dengan jagung pada lahan sub optimal propinsi Bengkulu
  6. Peningkatan keragaan pedet sapi perah dengan pemberian probiotik dan pakan tambahan ramah lingkungan
  7. Analisis pengembangan komunikasi dan metode percepatan adopsi model rumah pangan lestari (M-RPL) di Propinsi Bengkulu
  8. Permasalahan dan pengawalan program pengembangan sapi potong berbasis produk samping industri sawit 
  9. Peningkatan inovasi teknologi penyuluhan dalam rangka percepatan inovasi pertanian di Propinsi Bengkulu
Seminar dilaksanakan dengan metode presentasi dan diskusi. Hasil diskusi tersebut disusun dalam suatu rumusan hasil yang dibacakan pada akhir seminar. Rumusan seminar tersebut berisi butir-butir penyempurnaan rencana kegiatan pengkajian dan diseminasi yang diseminarkan.

LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Wisata Hortikultura PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 21 April 2014 20:14
Minggu, 20 April 2014 bertepatan Hari Paskah, atau Hari Kebangkitan umat Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSB)  mengadakan acara ”Wisata Hortikultura” yang diadakan setiap tahunnya. Khusus untuk kali ini GKSB mengarahkan ke BPTP Bengkulu yang diikuti oleh 174 orang anak-anak, remaja didampingi orang tua siswa dan Ketua GKSB (Ruswanto) dan rombongan. Penyambutan di BPTP Bengkulu dilaksanakan oleh Koordinator Program  Dr. Wahyu Wibawa, MP .

Sebelum kunjungan ke lapangan rombongan berkumpul di aula BPTP Bengkulu, yang diawali dengan  sambutan Majelis/Ketua Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSB)  menyampaikan terimakasih kepada BPTP Bengkulu dapat berkunjung, meluangkan waktu dan memberikan pelajaran untuk anak-anak dan remaja.  Untuk lebih jelasnya tentang apa itu BPTP dan pertanian Dr. Wahyu Wibawa menyampaikan materi Profil BPTP dan Pertanian hortikultura, pangan. Selesai pemaparan materi Ketua Majelis saling bertukar cindera mata oleh Ruswanto dan Dr.Wahyu Wibawa; Waluyo dan Sumaryono Hadi.

Tujuan dari kegiatan kali ini menanamkan pada anak-anak untuk lebih mencintai tanaman dan meminatkan kepada pertanian sejak dini dan  menambah wawasan pendidikan.

Kunjungan  lapangan dimulai ke komplek kegiatan MKRPL di kebun percobaan, dilanjutkan pengarahan dan praktek perbanyakan bibit yang dibimbing oleh penyuluh BPTP Bengkulu Bunaiya Honorita, Waluyo. Tidak lupa kunjungan ke peternakan ayam KUB dan demo vaksin ayam. Stand Panah Merah ikut serta meramaikan kunjungan dengan memamerkan produknya tentang bibit pertanian.

Pada acara ini juga diadakan perlombaan tangkap belut dan mengupas telur. Acara terasa sangat meriah dan penuh gelak tawa anak-anak, karena sangat didukung dengan cuaca yang cerah.

Acara diakhiri dengan kesan dan pesan oleh teknisi Waluyo, A.Md. dan ditutup  dengan doa bersama.


LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Pusdatin Kementan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 19 April 2014 17:57
Peran Sistim Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung kegiatan penelitian danpengembangan pertanian terutama dikaitkan dengan upaya pencapaian visi Badan Litbang Pertanian menjadi lembaga penelitian berkelas dunia.

Keamanan data perlu menjadi perhatian utama, oleh karena itu diperlukan tindak lanjut dengan melakukan kajian dan analisis tentang keamanan data pada masing-masing UK/UPT, sehingga budaya dan prilaku dalam pengelolaan dan pemanfaatan TIK di UK dan UPT sesuai dengan kaidah-kaidah (norma, budaya) yang berlaku.

Dalam upaya mendukung pengembangan dan implementasi Private Cloud Computing Badan Litbang Pertanian, infrastruktur yang telah terbangun yaitu Jaringan Komunikasi Data dan Informasi melalui Virtual Private Network(VPN) di 65 Satuan Kerja lingkup Badan Litbang Pertanian, untuk segera dimanfaatkan oleh Satuan Kerja (UK/UPT) sehingga ada umpan balik kepada Sekretariat Badan Litbang Pertanian untuk evaluasi, perbaikan dan pengembangan di TA. 2014.

Untuk itu Rabu, 16 April 2014 berkunjung ke BPTP Bengkulu Tim Pusdatin Kementerian Pertanian dalam rangka apresiasi dan evaluasi pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) lingkup Kementan. Tujuan dari kunjungan adalah pengumpulan data dan informasi pemanfaatan produk layanan sistim informasi serta bimbingan teknis pemanfaatan layanan TIK Kementan. Tim terdiri dari 1) Teuku Ardianzah S. S,Kom; 2) Haryanto; 3) Ellis Elyani S, S.Kom 4) Yenni Tat S.Kom.

Bertempat di ruang rapat Kepala Balai Tim mengadakan pertemuan didampingi oleh KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari) dan tim TIK BPTP Bengkulu. BPTP Bengkulu menyambut baik kunjungan tim, agar permasalahan yang ada dapat diselesaikan. Jaringan Komunikasi Data dan Informasi melalui Virtual Private Network(VPN) dapat segera dimanfaatkan dan operasional.  

 
Kunjungan Tim Pembinaan dan Pendampingan PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 17 April 2014 12:46
Dalam rangka pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pendampingan serta membantu SDM, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu mendapat kunjungan dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) oleh Tim Peningkatan Kinerja (TPK).  Tim Pembinaan terdiri dari : 1. Dr. Trip Alihamsyah, MS dan 2. Prof Bambang Prastowo.

Tujuan : 1) Pembinaan dan pendampingan sesuai dengan identifikasi topik materi yang dibutuhkan; 2) Membantu pelaksanaan kegiatan penelitian/pengkajian.

Pada kunjungan Tim didampingi Koordinator Program (Dr. Wahyu Wibawa, MP), KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari, M.Si), Kasubag Tata Usaha (Wilda Mikasri, M.Si) mengadakan pertemuan di aula pertemuan BPTP Bengkulu yang dihadiri peneliti  dan penyuluh.

Pertemuan diawali dengan sambutan Kepala Balai yang diwakili Koordinator Program (Dr. Wahyu Wibawa, MP) menyampaikan BPTP Bengkulu menyambut baik antusias dan  telah menyiapkan proposal dan konsep bioindustri, semoga BPTP Bengkulu dapat pencerahan dan pendalaman untuk perbaikan kedepan.
Materi  yang disampaikan : 1) Penjaringan proposal Pengkajian/Diseminasi 2015; 2) Penyusunan Konsep Bio Industri; 3) Penyusunan Konsep Renstra 2015-2019.   
Selesai penyampaian materi tim pembinaan langsung terjun ke lapangan Kab. Lebong.

 
LAST_UPDATED2
 
Kunjungan Kerja Kepala Badan Litbang Pertanian ke BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 04 April 2014 11:35
Perjalanan kunjungan kerja (kunker) Kepala Badan Litbang Pertanian ke Bengkulu merupakan perjalanan strategis untuk melihat secara langsung kondisi UPT Badan Litbang Pertanian dan kinerja para peneliti di BPTP Bengkulu. Pagi yang cerah tepat pukul 7.30 WIB Kepala Badan Litbang Pertanian beserta rombongan tiba di Kantor BPTP Bengkulu, disambut oleh staff BPTP Bengkulu. Kunjungan diawali dari kandang ayam KUB, laboratorium tanah, laboratorium pasca panen, rice milling unit, gudang benih UPBS, laboratorium diseminasi. Foto-foto Kunjungan.

Kepala Badan Litbang Pertanian didampingi Dr. Umi Pudji Astuti, Yong Farmanta, KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari), Kasubag TU (Wilda Mikasari) menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan Peneliti, Penyuluh dan staf administrasi. Kedatangan Kepala Badan Litbang Pertanian disambut gembira dapat melihat langsung kondisi di BPTP Bengkulu.

Pada pertemuan ini Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan beberapa hal : Peran Badan Litbang dalam perakitan inovasi teknologi dan diseminasi teknologi  ke pengguna.  Inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang dalam 5 tahun terakhir telah diadopsi oleh pengguna tidak hanya nasional tetapi juga negara di luar. 

Badan Litbang juga mempunyai cakupan tugas yang banyak yaitu Organization Learning yang dicirikan oleh Knowledge Management. Badan Litbang bekerja dalam Science, Innovation,  and Network (sesuai dengan tagline Badan Litbang).  Maknanya adalah Litkajibangdiklatluhrap.  Hal ini dalam rangka menyosong era gobal, tidak hanya dengan pemerintah daerah, tetapi juga dengan pusat.  Tidak hanya nasional maupun juga negara luar. Sehingga perlu network yang global.  Makna lain adalah dua kelompok utama : 1) Balai yang lebih Science; ada porsi untuk inovasi; yang sangat penting. 2) Balai yang lebih inovasi, ke pengkajian (adaptif research) dan lebih banyak produk yang ke lapangan.  Tetapi porsi science juga diperlukan. Peran Badan Litbang kedepan makin lama makin sangat diperlukan. 

Dikarenakan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat sehingga kebutuhan juga semakin meningkat.  Seperti kesiapan dan kecukupan food and energy.  Pertanian juga dianggap sebagai science yang sangat kompleks.  Ada 4 hal untuk membangun pertanian moderen (berdasarkan pertemuan Global Leaders for Agricultural Science and Technology di Beijing, China): 1) Harus menguasai Bio Science, 2) Pentingnya Engineering pertanian, 3) Harus menguasai teknologi dan inovasi merespon dinamika iklim, 4) Aplikasi IT di hulu hilir pertanian.

Diakhir pertemuan kepada seluruh staff diberikan kesempatan menyampaikan keluh kesah dan harapan.

LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com