Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

web mail
kalender
satulayanan
Sinar Tani
UPBS
SERBA SERBI

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 12 Tamu online
Berita
BPTP Bengkulu termasuk SPI Sangat Andal PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 27 Januari 2014 13:13
Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Pertanian telah melakukan penilaian atas pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern (SPI) dan beberapa unsur pelaksanaan manajemen pengelolaan kegiatan yang berkaitan dengan penilaian Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Sertifikasi ISO kepada Unit Kerja/Unit Pelaksana Teknis (UK/UPT) yang berada di bawahnya, termasuk kepada Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP, dan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di setiap provinsi. Hasil dari penilaian tersebut pada akhirnya antara lain keluarlah penghargaan untuk SPI terdapat beberapa tingkatan penghargaan, yaitu Sangat Andal (Emas), Andal (Perak), Cukup Andal (Perunggu) dan Kurang Andal. Sedangkan untuk WBK dikenal dengan Penghargaan WBK, dan untuk Standardisasi dikenal dengan Sertifikat ISO yang sebagian besar untuk ISO 9001:2008.

Daftar perolehan Penghargaan di Lingkup BBP2TP Tahun 2013 adalah sebagai berikut: (1) BBP2TP memperoleh SPI Sangat Andal (Emas), WBK dan ISO; (2) Sebanyak 16 BPTP memperoleh SPI Sangat Andal (Emas), ISO dan WBK; (3) Sebanyak 12 BPTP yang mendapat SPI Andal (Perak), ISO dan WBK; (4) Sisanya mendapat SPI Andal (Perak) dan Cukup Andal (Perunggu), dan belum lengkap dengan ISO dan WBK nya. Informasi perolehan penghargaan dapat dilihat dalam Tabel. Selamat kepada BPTP/LPTP yang sudah lengkap, dan selamat berjuang untuk BPTP/LPTP yang belum maksimal. Namun demikian, Kepala BBP2TP (Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng.) pada berbagai kesempatan menyampaikan bahwa penghargaan yang diperoleh bukanlah tujuan akhir.

Penghargaan yang diperoleh justru harus dijadikan landasan untuk berkinerja lebih baik dan lebih tertib untuk mencapai hasil yang semakin baik dan semakin bermanfaat terutama bagi bangsa dan Negara serta masyarakat secara menyeluruh. Lebih jauh Pak Agung mengatakan, jika saja pelaksanaan SPI, pelaksanaan unsur-unsur WBK, implementasi sertifikasi ISO, dan implementasi SOP berjalan dengan baik, beliau mengatakan dan berkeyakinan akan memberikan ketenangan di berbagai lini organisasi baik level pimpinan maupun di berbagai level staf, dan pada akhirnya target-target kerja/kinerja organisasi akan terus meningkat dan semua sistem akan berjalan dengan baik. Di samping itu, implementasi keyakinan sprititual juga tentu sangat diperlukan sebagai pondasi mental dan perilaku berorganisasi yang amanah. (Sumber : Website Balai Besar (http://bbp2tp.litbang.deptan.go.id) tanggal 10 Januari 2014)


LAST_UPDATED2
 
Koordinasi dan Peninjauan Lapangan dalam Rangka Tindak Lanjut MoU Balitbangtan-Pemkab Mukomuko PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Sabtu, 25 Januari 2014 19:04



Menindaklanjuti MoU antara Balitbangtan-Pemerintah Kabupaten Mukomuko saat pelaksanaan PPSL di Kendari pada tanggal 21 November 2013, maka pada hari Senin tanggal 20 Januari 2014 kepala BPTP Bengkulu Dr. Dedi Sugandi beserta beberapa peneliti/penyuluh (Dr. Wahyu Wibawa, Dr. Rudi Hartono, Ir. A. Damiri, M.Si, Hamdan, M.Si dan Yong Farmanta, M.Si) melakukan koordinasi ke Mukomuko.  Koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko langsung bertemu dengan Bupati dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mukomuko. Pertemuan dengan pemerintah daerah Mukomuko ini dilaksanakan di ruangan kerja Sekda Kabupaten Mukomuko. Pertemuan ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko : Eddy Apriyanto, SP, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko : Junaidi, SP, serta Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko : Sukiman, SP.

Pertemuan dilakukan dalam rangka membicarakan tindak lanjut kerjasama (MoU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko dengan Balitbangtan dalam hal ini diwakilkan oleh BPTP Bengkulu. Dalam pertemuan tersebut, disampaikan mengenai rencana implementasi MOU yang akan dilakukan di Kabupaten Mukomuko pada tahun 2014. Kegiatan lapangan akan difokuskan pada pemanfaatan lahan rawa yang ada di Mukomuko.


Bupati Kabupaten Mukomuko Drs. Ichwan Yunus, MM menyambut baik dan sangat respon dengan rencana tindak lanjut dari MoU yang telah dibuat. Bupati akan merekomendasikan dan menyiapkan lahan untuk kegiatan seluas 5 hektar di kecamatan Mukomuko, dengan alternative 3 Desa, yaitu Tirta Makmur, Air manjunto kanan dan Air Manjunto kiri. Bupati meminta agar membantu dalam hal penyedian inovasi teknologi untuk di implementasikan pada lahan suboptimal di Kabupaten Mukomuko dan mengawal petani agar petani dapat meningkatkan produktivitas lahannya. Bupati langsung memerintahkan instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko dalam hal ini Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko untuk segera bersinergi dan merancang kegiatan kerjasama dengan BPTP Bengkulu.

Sekda Kabupaten Mukomuko juga menyampaikan apresiasinya terhadap BPTP Bengkulu dan akan mengalokasikan anggaran untuk mendampingi kegiatan kerjasama dengan BPTP Bengkulu. Sekda juga menambahkan agar implementasi kegiatan pembangunan pertanian lahan sawah agar mengintroduksikan alat-alat mekanisasi pertanian seperti Power Trasher, Transplanter dan alat mekanisasi pasca panen. Dalam pertemuan itu Sekda juga menginstruksikan agar Satker/SKPD yang terkait lingkup pertanian untuk mendukung dan bekerjasama dalam mensukseskan kerjasama dengan BPTP Bengkulu. Sekda akan mengadakan pertemuan internal dengan Satker/SKPD nya untuk merancang item-item yang dapat di sinergikan yang selanjutnya akan mengundang Padu Padan kegiatan dengan BPTP Bengkulu.

Dalam pertemuan tersebut, masing-masing Satker/SKPD lingkup pertanian merespon baik dan menyatakan siap bekerjasama dengan BPTP Bengkulu. Khusunya Dinas Pertanian akan memberikan opsi beberapa desa untuk direkomendasikan sebagai calon desa calon lokasi kegiatan.

Setelah Pertemuan koordinasi, Bupati dan instansi lingkup pertanian mengajak Tim dari BPTP Bengkulu mengunjungi lokasi yang akan mengimplementasikan kegiatan. Bupati langsung memimpin rombongan dari Pemerintah Daerah Mukomuko dan Tim BPTP Bengkulu mengunjungi lokasi yang terletak sekitar 8 km dari pusat kota Mukmomuko. Dikarenakan kondisi jalan yang belum dapat di lewati oleh kendaran mobil sehingga Bupati mengajak rombongan berjalan kaki meninjau lokasi yang berjarak ± 3 km dari jalan aspal yang sebagian perjalanan ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 (Motor).

Setibanya dilokasi, Bupati langsung memberikan gambaran mengenai infrastruktur yang ada pada lokasi tersebut seperti rumah pengolahan kompos, kandang ternak seluas ± 2000 m2. Pada lokasi tersebut juga ada ternak sapi sebanyak ± 100 ekor. Bupati juga menunjukan lokasi lahan yang suboptimal yang dapat diolah untuk ditanami. Bupati juga menjelaskan mengenai sarana dan fasilitas pendukung lainya yang ada pada lokasi tersebut.

Bupati juga menyatakan bahwa untuk persiapan pembukaan lahan (Land Clearing), Pemerintah Daerah Mukomuko dalam hal ini Bupati akan memerintahkan Dinas Pertanian dan Dinas PU Kabupaten Mukomuko untuk mempersiapkannya. Namun, sebelumnya, Bupati meminta perancangan landscape lahan tersebut dan meminta dukungan inovasi dari BPTP Bengkulu. 
Pada akhir peninjauan Lokasi ini, Bupati menyampaikan kembali agar pelaksanaan MoU ini untuk segera direalisasikan dan memerintahkan Satker/SKPD lingkup pertanian untuk intens berkoordinasi dengan BPTP Bengkulu, untuk kelancaran pelaksanaan kerjasama Bupati siap menganggarkan dan mendukung pelaksanaan MoU.

Dalam rangka mendukung MoU tersebut, BPTP Bengkulu mengalokasikan beberapa kegiatan di Mukomuko yaitu :

  1. Perbenihan padi ( Penjab : Dr. Ir. Wahyu Wibawa, MP)
  2. Pengembangan pertanian ramah lingkungan (Penjab : Dr. Rudi Hartono, SP.,MP)
  3. Pengembangan kawasan pangan berbasis inovasi (Penjab : Dr. Ir. Umi Pudji Astuti, MP)
  4. Pengembangan pertanian perdesaan berbasis inovasi (Penjab : Ir. Ahmad Damiri, M.Si)
  5. Peta pewilayahan komoditas (Penjab : Hamdan, SP., M.Si
  6. Pengelolaan tanaman dan sumberdaya terpadu (Penjab : Yong Farmanta, SP., M.Si)
 
LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi SKP PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 23 Januari 2014 15:16

Rabu, 22 Januari 2014 di Aula BPTP Bengkulu diadakan Sosialisasi Sasaran Kerja Pegawai (SKP) yang diadakan oleh Bagian Kepegawaian BPTP Bengkulu (Waluyo, A.Md). Sosialisasi dibuka Kepala BPTP Bengkulu dan dihadiri seluruh Pegawai BPTP.

SKP merupakan patokan dalam penilaian dan peningkatan kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan penyempurnaan dari Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3). Hal ini didasarkan pada kenyataan secara empirik menunjukan bahwa sistem DP3 cenderung terjebak dalam formalitas yang tidak terkait langsung dengan apa yang dikerjakan pegawai, serta tidak optimal dalam memberikan daya dukung produktifitas kerja.


Penilaian prestasi kerja adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja PNS. Dasar hukum sistem penilaian ini adalah PP No 46 tahun 2011. Tujuannya adalah untuk menjamin obyektifitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja, sedangkan Sasaran Kinerja Pegawai adalah rencana dan target kinerja yang harus dicapai oleh pegawai dalam kurun waktu penilaian yang bersifat nyata dan dapat diukur serta disepakati pegawai dan atasannya.

Setiap pegawai wajib menyusun SKP, yang dalam pelaksanaanya harus berdasarkan dengan tugas jabatan, fungsi, wewenang, tanggung jawab maupun rincian tugasnya yang secara umum telah ditetapkan dalam stuktur organisai dan Tata Kerja (SOTK). Unsur penilaian SKP adalah kesetiaan, Prestasi Kerja, Tanggung Jawab, Ketaatan, Kejujuran, kerja sama, Prakarsa dan kepemimpinan.
LAST_UPDATED2
 
Seminar ROPP, RODHP, RKTM TA 2014 PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 17 Januari 2014 07:19
Telah dilaksanakan seminar ROPP, RODHP, RKTM Tahun Anggaran 2014 yang berlangsung pada 16 s/d 17 Januari 2014 di Ruang Aula BPTP Bengkulu. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BPTP Bengkulu pada setiap awal tahun anggaran dengan tujuan untuk  mensosialisasikan dan memperbaiki ROPP, RODHP dan RKTM yang akan dilaksanakan pada tahun 2014. Peserta berjumlah 30 orang yang terdiri dari peneliti, penyuluh dan litkayasa BPTP Bengkulu.

Acara diawali dengan pengarahan dan pembingkaian oleh Kepala BPTP Bengkulu (Dr. Dedi Sugandi, MP). Dalam pengarahannya Kepala BPTP Bengkulu mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana diskusi bagi Peneliti/Penyuluh dan Litkayasa BPTP Bengkulu sehingga dapat meningkatkan kualitas pengkajian, diseminasi dan pelayanan BPTP Bengkulu pada tahun 2014. 

Seminar dilaksanakan dengan cara pemaparan makalah oleh setiap Penanggung Jawab kegiatan tahun 2014 dan selanjutnya dilakukan pembahasan oleh tim pembahas dan dan peserta seminar.
 

Hari pertama materi yang disampaikan :

Section pertama :
  1. Penyusunan Program dan Rencana Kerja  oleh Koordinator Program (Dr. Wahyu Wibawa)
  2. Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan oleh Koordinator Monev (Dr. Umi Pudji Astuti)
  3. Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian BPTP Bengkulu oleh KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari)
  4. Laporan Pengelolaan  Administrasi Layanan Perkantoran, Peningkatan Mutu Manajemen Satker, Sarana dan Prasarana dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia, UAPPA/BW dan Sistem Pengendalian Internet dan WBK di BPTP Bengkulu

Section kedua :
  1. AEZ oleh Hamdan
  2. SDG oleh Drs. Afrizon
  3. Pengkajian Sistem Usaha Agribisnis Sapi Perah pada Sentra Pengembangan di Propinsi Bengkulu oleh Zull Efendi
Section ketiga
  1. M-AP2RL2 oleh Dr. Rudi Hartono
  2. Anjak oleh Dr. Dedi Sugandi
  3. Pemanfaatan Lahan Kering Masam dengan Tumpang Sari Jagung dan Kacang Tanah di Propinsi Bengkulu oleh Dr. Wahyu Wibawa
  4. Pengakajian Peningkatan Nilai Tambah Aneka Produk Tanaman Pangan dan Hortikultura Lokal Unggulan Bengkulu oleh Wilda Mikasari

LAST_UPDATED2
 
MKRPL Kebun PKK Propinsi Bengkulu ditunjuk sebagai lokas kunjungan Ibu Negara PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 09 Januari 2014 16:44


Pagi 8 Januari 2013, disela persiapan Hari Pers Nasional (HPN) Gubernur Bengkulu dan rombongan menyempatkan waktu berkunjung ke kebun PKK yang dikelola Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu kegiatan MKRPL.

Dalam peninjauan lokasi pusat edukasi kebun PKK Propinsi Bengkulu Bapak Gubernur, jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah Propinsi Bengkulu didampingi dari BPTP Bengkulu oleh Dr. Wahyu Wibawa, MP, Yong Farmanta, Emlan Fauzi. Secara umum, Gubernur menanggapi positif dan cukup antusias dengan kondisi lapangan yang telah dikerjakan tim BPTP. Penyelesaian pekerjaan tentunya sangat diperlukan komitmen yang tegas dari semua pihak yang berkepentingan sehingga sisa waktu yang bisa dimanfaatkan. Bapak Gubernur dan rombongan tampak sangat terkesan dengan hasil yang ada dengan melontarkan kalimat “Disini nanti bisa dijadikan lokasi yang dikunjungi Ibu Ani Yudhoyono"

Sangat menarik Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2014 pada 9 Februari 2014 di Kota Bengkulu akan dilaksanakan di kompleks Benteng Marlborough. Pada Februari 2014, benteng peninggalan Inggris itu akan berusia 300 tahun. Benteng Marlborough yang terletak di kawasan Pantai Paderi Bengkulu, itu dibangun pada 1714. Pada papan nama banteng itu, tertulis “The historical heritage the British Colonization in Bengkulu 1714-1741″.

Sebelum dijajah Belanda seperti wilayah Nusantara yang kemudian bernama Indonesia ini, Bengkulu sempat dijajah Inggris. Menurut  kisah yang disampaikan petugas penjaga Benteng Marlborough, Bengkulu kemudian “ditukar guling” dengan wilayah New Amsterdam di Amerika yang setelah diambil alih oleh Inggris berubah nama menjadi New York pada 1665. Nama New York itu diberikan sebagai penghormatan terhadap Duke of York yang kemudian menjadi James II.

Dengan mengambil lokasi di benteng tersebut, peringatan HPN 2014 akan
menorehkan sejarah baru. Peringatan HPN 2014 bakal menjadi HPN pertama yang dihadiri presiden dan diselenggarakan di luar gedung. Pemilihan Benteng Marlborough sebagai lokasi puncak peringatan itu juga dinilai pas dengan motto HPN 2014, yakni Pers Sehat Rakyat Berdaulat. Motto tersebut mengandung makna pers harus menjadi benteng yang kuat demi terciptanya masyarakat yang sejahtera dan demokratis.
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com