Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

kalender
satulayanan
UPBS
SERBA SERBI
Sinar Tani
web mail

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 200 Tamu online
Berita
Kunjungan Kerja Kepala Badan Litbang Pertanian ke BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Jumat, 04 April 2014 11:35
Perjalanan kunjungan kerja (kunker) Kepala Badan Litbang Pertanian ke Bengkulu merupakan perjalanan strategis untuk melihat secara langsung kondisi UPT Badan Litbang Pertanian dan kinerja para peneliti di BPTP Bengkulu. Pagi yang cerah tepat pukul 7.30 WIB Kepala Badan Litbang Pertanian beserta rombongan tiba di Kantor BPTP Bengkulu, disambut oleh staff BPTP Bengkulu. Kunjungan diawali dari kandang ayam KUB, laboratorium tanah, laboratorium pasca panen, rice milling unit, gudang benih UPBS, laboratorium diseminasi. Foto-foto Kunjungan.

Kepala Badan Litbang Pertanian didampingi Dr. Umi Pudji Astuti, Yong Farmanta, KSPP (Wahyuni Amelia Wulandari), Kasubag TU (Wilda Mikasari) menyempatkan untuk bersilaturahmi dengan Peneliti, Penyuluh dan staf administrasi. Kedatangan Kepala Badan Litbang Pertanian disambut gembira dapat melihat langsung kondisi di BPTP Bengkulu.

Pada pertemuan ini Kepala Badan Litbang Pertanian menyampaikan beberapa hal : Peran Badan Litbang dalam perakitan inovasi teknologi dan diseminasi teknologi  ke pengguna.  Inovasi teknologi yang dihasilkan oleh Badan Litbang dalam 5 tahun terakhir telah diadopsi oleh pengguna tidak hanya nasional tetapi juga negara di luar. 

Badan Litbang juga mempunyai cakupan tugas yang banyak yaitu Organization Learning yang dicirikan oleh Knowledge Management. Badan Litbang bekerja dalam Science, Innovation,  and Network (sesuai dengan tagline Badan Litbang).  Maknanya adalah Litkajibangdiklatluhrap.  Hal ini dalam rangka menyosong era gobal, tidak hanya dengan pemerintah daerah, tetapi juga dengan pusat.  Tidak hanya nasional maupun juga negara luar. Sehingga perlu network yang global.  Makna lain adalah dua kelompok utama : 1) Balai yang lebih Science; ada porsi untuk inovasi; yang sangat penting. 2) Balai yang lebih inovasi, ke pengkajian (adaptif research) dan lebih banyak produk yang ke lapangan.  Tetapi porsi science juga diperlukan. Peran Badan Litbang kedepan makin lama makin sangat diperlukan. 

Dikarenakan pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat sehingga kebutuhan juga semakin meningkat.  Seperti kesiapan dan kecukupan food and energy.  Pertanian juga dianggap sebagai science yang sangat kompleks.  Ada 4 hal untuk membangun pertanian moderen (berdasarkan pertemuan Global Leaders for Agricultural Science and Technology di Beijing, China): 1) Harus menguasai Bio Science, 2) Pentingnya Engineering pertanian, 3) Harus menguasai teknologi dan inovasi merespon dinamika iklim, 4) Aplikasi IT di hulu hilir pertanian.

Diakhir pertemuan kepada seluruh staff diberikan kesempatan menyampaikan keluh kesah dan harapan.

LAST_UPDATED2
 
Pelatihan Teknologi Pengolahan Tepung Ganyong PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 03 April 2014 10:43
10 Maret 2014 bertempat di Gapoktan Teratai, Desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah telah diadakan Pelatihan Teknologi Pengolahan Tepung Ganyong.  Dihadiri oleh Petugas lapangan (PPL) desa Sri Kuncoro Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah  (Mardia Hayati, SP) dan Kepala Desa Sri Kuncoro.

Peserta terdiri dari pengurus dan anggota 6 kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan Teratai Desa Sri Kuncoro. Materi yang disampaikan dari BPTP Bengkulu (LINA IVANTI, S.TP, TAUFIK HIDAYAT, S.TP) yakni teknologi pengolahan umbi ganyong mulai dari pembuatan gaplek ganyong, tepung ganyong, pati ganyok serta produk turunan dari tepung ganyong dan pati ganyong.

Pelatihan juga diberikan dalam bentuk praktek pembuatan gaplek ganyong, tepung ganyong dan pati ganyong serta pembuatan produk turunan dari tepung ganyong berupa Brownies tepung ganyong dengan proses sebagai berikut :

PENGOLAHAN TEPUNG GANYONG

Bahan    : Umbi Ganyong, Natrium Metabisulfit
Alat    : Pisau, Talenan, Panci/Baskom, Tampah,    alat penumbuk/mesin penggiling, ayakan

Cara Membuat :
  1. Kupas umbi ganyong di bawah air mengalir, tiriskan.
  2. Potong umbi ganyong tipis-tipis. Lalu rendam di dalam larutan natrium metabisulfit 1000 ppm selama 30 menit.
  3. Jemur ganyong di bawah sinar matahari selama 2 hari atau keringkan di dalam oven bersuhu 60 0C hingga irisan ganyong mudah dipatahkan.
  4. Giling atau tumbuk ganyong hingga halus, lalu ayak.
Tujuan perendaman umbi ganyong dengan natrium metabisulfit :
  1. Menurunkan kadar alkaloid penyebab rasa pahit
  2. Memutihkan umbi ganyong (konsentrasi 1000 ppm masih diizinkan)

PENGOLAHAN PATI GANYONG

Bahan :  Umbi Ganyong
Alat    : Pisau, Panci/Baskom, alat penyawut, Tampah, alat penumbuk/mesin penggiling, ayakan

Cara Membuat :
  1. Kupas umbi ganyong di bawah air mengalir, tiriskan.
  2. Sawut umbi ganyong dengan alat penyawut.
  3. Campur hasil sawutan dengan air kemudian remas-remas hingga menyerupai bubur. Peremasan ini bertujuan agar pati ganyong dapat terpisah.
  4. Peras bubur pati dengan menggunakan kain penyaring.
  5. Campur lagi ampas yang tertinggal dengan air seperti di atas lalu saring lagi, begitu seterusnya hingga hasil penyaringan terlihat jernih
  6. Endapkan hasil penyaringan selama ± 12 jam, kemudian buang airnya.
  7. Jemur hasil endapan di bawah sinar matahari
  8. Giling atau tumbuk pati ganyong hingga halus, lalu ayak.

BROWNIS GANYONG
Bahan :
7 butir telur ayam
250 gr gula halus
250 gr blue band
170 gr tepung ganyong
10 g
r coklat bubuk
½ sdt baking soda
½ sdt vanili 

Cara membuatnya :
  1. Pisahkan kuning dan putih telur, kocok putih telur hingga kembang
  2. Mixer blue band, gula halus, vanili, hingga rata
  3. Tambahkan kuning telur, kocok terus hingga lembut
  4. Masukkan putih telur dan tepung ganyong secara bergantian
  5. Tuang dalam loyang
  6. Oven hingga matang

Foto hasil tepung garut dan pati garut serta brownies dari tepung garut
LAST_UPDATED2
 
SINERGISME KEGIATAN PENDAMPINGAN PSDSK TA 2014 di Provinsi Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Kamis, 20 Maret 2014 14:54
Program Swasembada Daging Sapi–Kerbau (PSDSK) tahun  2014 merupakan tekad bersama untuk mengurangi ketergantungan daging sapi import dan menjadi salah satu program utama Kementerian Pertanian yang terkait dengan upaya mewujudkan ketahanan pangan hewan asal ternak berbasis sumberdaya domestik khususnya ternak sapi potong dan kerbau.

Kerjasama antara BPTP dengan dinas instansi terkait diperlukan untuk menjawab tantangan tersebut oleh karena itu, Balitbangnak bersama BPTP Bengkulu menggelar SINERGISME KEGIATAN PENDAMPINGAN PSDSK TA 2014 di Provinsi Bengkulu diadakan di Ruangan pertemuan BPTP Bengkulu tanggal 19 Maret 2014.

Pertemuan dihadiri oleh Kepala BPTP Bengkulu yang diwakili oleh Dr. Wahyu Wibawa didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Peserta berasal dari Dinas Peternakan Kab. Seluma,  Dinas Peternakan Kab. Kepahiang dan BP4K Kab. Seluma, BP4K Kab. Kepahiang, peneliti BPTP Bengkulu.

Nara sumber berasal dari :
  1. Pusat Penelitian Pengembangan dan Peternakan Ciawi Bogor  dengan materi : Petunjuk Pelaksanaan Laboratorium Lapang (LL) dan Sekolah Lapang (SL) Pembibitan dan Penggemukan Sapi Potong,
  2. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu dengan materi Rencana Operasional Kegiatan PSDSK TA. 2014 DI Provinsi Bengkulu dan
  3. BPTP Bengkulu dengan materi Pendampingan Program Pencapaian Swasembada Daging Sapi /Kerbau (PSDSK) di Provinsi Bengkulu.

Acara diawali dengan sambutan Kepala BPTP Bengkulu menyampaikan dengan  mendapatkan persamaan persepsi konsep LL/SL dalam pendampingan PSDSK sebagai upaya menyatukan pemahaman tentang pelaksanaan program PSDSK di lapangan dan formula pendampingan yang tepat untuk dapat mencapai sinergisme. Dilanjutkan sambutan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu sekaligus membuka acara secara resmi, menyampaikan bahwa peran BPTP sangat penting sekali dalam penyerapan teknologi dan pendampingan manajemen kelompok tani ternak, bimbingan teknis pada kelompok, analisa usaha kelompok untuk itu diharapkan kerjasama yang baik karena sumber Daya Alam di Bengkulu sangat luar biasa dan memadai.

Setelah pemaparan materi acara dilanjutkan dengan Diskusi Penentuan Wilayah Kerja UK/UPT Lingkup Puslitbangnak, Dinas dan BPTP. Diskusi berjalan sangat semangat dengan banyaknya Tanya jawab yang dilontarkan oleh peserta dan bagaimana solusi untuk kedepannya.  

LAST_UPDATED2
 
Sosialisasi Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu" PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Senin, 03 Maret 2014 11:23
BPTP Bengkulu melaksanakan “Sosialisasi Sistem Informasi Kalender Tanam Terpadu MT II tahun 2014 dan Pendampingan PTT” di Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Bengkulu Utara pada tanggal 27 Februari 2014.

Peserta sosialisasi berjumlah 35 orang terdiri dari BP4K, Dinas Pertanian dan Peternakan, Penyuluh BP4K, penyuluh BP3K se-Kabupaten Bengkulu Utara. Nara sumber berasal dari BPTP Bengkulu, BP4K dan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara dengan materi : 1) Inovasi dan peran Badan Litbang Pertanian dalam mendukung program P2BN di Provinsi Bengkulu; 2) Peranan Penyuluh dalam meningkatkan Produksi Padi di Kabupaten Bengkulu Utara 3) Program Pemerintahan Daerah dalam mendukung program P2BN; 4) Sosialisasi Rekomendasi Teknologi PTT berdasarkan Kalender Tanam Terpadu MT II Tahun 2014

Kalender Tanam Terpadu adalah suatu pedoman atau alat bantu yang memberikan informasi dan teknologi adaptasi terhadap perubahan iklim untuk komoditas padi, jagung dan kedelai. Acara diawali sambutan Kepala BKP3 Kabupaten Bengkulu Utara yang sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya Kepala BKP3 Kabupaten Bengkulu Utara mengharapkan para Penyuluh di lingkup BKP3 Kabupaten Bengkulu Utara dapat mempergunakan kesempatan ini dengan sebaik-2nya. Beliau juga berharap kerjasama yang baik antara BKP3 Kab. Bengkulu Utara dengan BPTP Bengkulu dapat terus berlanjut sehingga kesejahteraan petani dapat terwujud. Dilanjutkan dengan sambutan dan pembingkaiann kegiatan oleh Kepala BPTP Bengkulu dan penyampaian materi oleh Yong Farmanta.

Acara diakhiri dengan diskusi yang sangat seru oleh BPP se Kabupaten Bengkulu Utara masing-2 mempunyai permasalahan yang harus disampaikan.

Secara umum, dalam acara ini peserta selain memperoleh materi yang bersifat teknis aplikatif, juga memperoleh banyak informasi yang akan menambah wawasan peserta mengenai teknologi adaptasi perubahan iklim dalam memperkirakan penjadwalan tanam dan rekomendasi teknologinya.



LAST_UPDATED2
 
Tausiyah di musyala Al-Iklas BPTP Bengkulu PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Minggu, 23 Februari 2014 20:32
Dalam rangka meningkatkan keImanan dan kerukunan karyawan BPTP Bengkulu untuk menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi. Maka pada hari Jumat tanggal 21 Februari 2014 dilaksanakan ceramah agama di Musholla Al-Iklas BPTP Bengkulu yang bertemakan Ibadah.

Ceramah agama merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan setiap hari Jumat minggu ketiga. Sebagai penceramah Ustad Suherman S.Ag. Moto ceramah seputar peningkatan etos kerja pegawai. Sebelum ceramah agama disampaikan, kepala BPTP Bengkulu menyampaikan kata sambutan yang intinya memotivasi seluruh karyawan untuk tetap bekerja dengan baik penuh keiklasan, dan motivasi yang tinggi agar tujuan BPTP bengkulu sebagai institusi yang bertugas melakukan pengkajian dan diseminasi untuk mendukung pembangunan pertanian di Propinsi Bengkulu dapat tercapai sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Pada kesempatan yang sama dihadiri oleh anak magang dari SMK N Mukomuko Bengkulu Utara. Diakhir ceramah diberi kesempatan pada ha
dirin untuk Tanya jawab.
LAST_UPDATED2
 


JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL
Joomla Templates by JoomlaVision.com