Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

web mail
satulayanan
SERBA SERBI
Sinar Tani
UPBS
kalender

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 4 Tamu online
Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Tingkat Satker dan Wilayah PDF Cetak E-mail
News - Info Aktual
Oleh Administrator   
Rabu, 08 Februari 2012 18:04
 Selasa, 24 s/d 26 Januari telah dilaksanakan Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Tingkat Satker dan Wilayah di Hotel Nala Sea - Side Bengkulu. Peserta Penyusunan Laporan Keuangan yang terdiri dari operator SAK dan SABMN di UAPPA/B-W Provinsi Bengkulu. Acara dihadiri oleh :
  1. Pejabat Struktural lingkup Kementerian Pertanian
  2. Kepala Dinas/Badan/UPT Pertanian seProvinsi Bengkulu          
  3. Narasumber DJPBN Bengkulu
  4. Narasumber KPKNL Bengkulu
  5. Verifikator SAK dan SIMAK BMN Tingkat Pusat
  6. Tim Reviu dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian
  7. Tim Reviu Pendamping dari BPK-RI Propinsi Bengkulu
  8. Peserta Penyusunan Laporan Keuangan dan Barang Lingkup Wilayah Bengkulu          

Kegiatan kali ini bertujuan mendukung kelancaran penyusunan dan penerimaan laporan keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) penerima dana dari Kementerian Pertanian, BPTP sebagai sekretariat UAPPA/B-W berkewajiban untuk menjembatani sekaligus sebagai mediator antara pimpinan Kementerian Pertanian dan pimpinan daerah untuk membantu menertibkan pembuatan dan pengiriman laporan keuangan satker penerima dana dekonsenterasi dan dana tugas pembantuan di masing-masing Propinsi.
Pada Tahun Anggaran 2011, Kementerian Pertanian Mengalokasihkan Anggaran untuk Propinsi Bengkulu sebenar Rp.167.333.000.000,- (Seratus Enam Puluh Tujuh Milyar Tiga Ratus Tiga Puluh Tiga Juta Rupiah)  yang terbagi atas Jenis Kewenangan Kantor Daerah (KD) Sebesar Rp.9.206.315.000,- Jenis Kewenangan Dekosentrasi (DK) sebesar Rp.31.569.621.000,- dan Jenis Kewenangan Tugas Pembantuan (TP) sebesar Rp.126.357.901.000,-  
Jumlah Satker yang ada dan menjadi Binaan Sekretariat UAPPA/B-W Bengkulu pada Tahun Anggaran 2011 sebanyak 66 Satker yang terdiri dari 2 Satker Kantor Daerah (KD), 16 Satker Dekosentrasi (DK) dan 48 Satker Tugas Pembantuan (TP)

Tujuan, Penyusunan Laporan kali ini untuk:
  1. Meningkatkan Opini Laporan Keuangan Kementerian Pertanian dari Wajar Dengan Pengecualian (WDP) menuju Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
  2. Meningkatnya komitmen pimpinan akan pentingnya penyusunan laporan keuangan yang berkualitas agar pelaksanaan tata kelola pemerintahan dinilai akuntabel, baik di tingkat Satker, Wilayah, Eselon I, dan Kementerian.
  3. Tersusunnya Laporan Keuangan (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri atas Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekonsentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan (TP), dari Satker Kabupaten/Propinsi sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
  4. Tersusunnya Laporan Keuangan Tingkat Wilayah (UAPPA/B-W) sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.  
Peserta Penyusunan Laporan Keuangan adalah operator SAK dan SIMAK-BMN satker lingkup Kementerian Pertanian se Provinsi Bengkulu.
Adapun materi utama Penyusunan Laporan Keuangan adalah :
PEMERIKSAAN KELENGKAPAN DOKUMEN KEUANGAN MELIPUTI :
  1. Kelengkapan dokumen sumber
  2. Pagu Anggaran dan Estimasi Pendapatan
  3. Realisasi Pendapatan dan Pengembalian Belanja Pendapatan
  4. Realisasi Belanja
  5. Realisasi Belanja Bansos
  6. Realisasi Pengembalian Belanja
  7. Neraca Percobaan 
  8. Saldo Awal Neraca
  9. Kas di Bendahara Pengeluaran
  10. Kas Lainnya dan Setara Kas
  11. Kas di Bendahara Penerimaan 
  12. Piutang Bukan Pajak
  13. Aset Tetap, Kontruksi Dalam Pengerjaan, Mutasi Tambah/Kurang Aset Tetap, Bagian Lancar TP/TGR dan Tagihan TP/TGR, Informasi Aktual dan Aset Lain-lain.
VERIFIKASI LAPORAN MILIK NEGARA, MEIPUTI :

  1. Verifikasi Laporan SIMAK-BMN Satker
  2. Verifikasi saldo awal
  3. Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) Hasil IP ulang dengan KPKNL
  4. Berita Acara Rekonsiliasi (BAR) Semester II 2011
  5. Berita Acara Opname fisik barang persediaan semester II 2011
  6. Berita Acara Hibah, Transfer, Penghapusan dll
  7. Barang rusak berat dan barang tidak di temukan (BA.04)
  8. Hasil Migrasi SIMAK-BMN dan Konversi Persediaan
  9. Realisasi Belanja Modal sesuai dengan Pembelian Aset Tetap
  10. Rekonsiliasi Internal antara Data SIMAK-BMN dan Data SAK
Mekanisme Pemeriksaan dan Review dilakukan secara bertahap dari Verifikator Wilayah ke Tim Review Irjend dan BPK_RI dan terakhir ke Tim Verifikator Eselon.1 Kementerian Pertanian. Mekanisme ini dilakukan untuk menguji kesesuaian antara angka-angka yang disajikan dalam lampiran Keuangan (LRA, Neraca dan CaLK) terhadap catatan, buku laporan yang digunakan dalam Sistem Akuntansi Pemerintah (SAP).
Pada kesempatan ini Dr. Syahrul mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian menyampaikan kata sambutan dan sekaligus untuk membuka acara secara resmi Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian Tingkat Satker dan Wilayah.














Dr. Syahrul
menyampaikan, sebagaimana yang diamanahkan Komisi IV DPR-RI dan Menteri Pertanian, bahwa Kementerian Pertanian pada tahun 2011 memiliki target opini laporan Keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dalam rangka mencapai opini WTP, Kementerian Pertanian berupaya terus mempertahankan Akun – akun yang sudah dinilai wajar serta memperbaiki Akun Aset Tetap yang menjadi pengecualian. Upaya yang dilakukan adalah dengan membangun sistem jaringan SAI untuk mempercepat penyampaian laporan keuangan.
Guna mencapai target pencapaian WTP, maka pada tanggal 24-26 Januari 2012 ini dilakukan konsolidasi secara menyeluruh yang melibatkan seluruh pengelola keuangan mulai dari tingkat Satker, Wilayah, Eselon I dan Kementerian Pertanian dalam suatu acara Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Pertanian di Provinsi Bengkulu. Dalam Penyusunan Laporan kali ini saudara-saudara saya minta untuk melakukan verifikasi dan rekonsiliasi realisasi anggaran dan rekonsiliasi asset, agar nilai dalam akun laporan keuangan sama dan sinkron pada setiap level. Dalam kegiatan ini sekaligus dilakukan Reviu atas Laporan Keuangan yang telah diselesaikan oleh Tim Inspektorat Jenderal dan didampingin oleh Tim Review BPKP.
Dari keseluruhan kegiatan ini diharapkan menghasilkan output kualitas laporan keuangan Kementerian Pertanian yang meningkat dari opini “Wajar Dengan Pengecualian” menjadi “Wajar Tanpa Pengecualian”.

Selama ini konsolidasi dalam penyusunan laporan keuangan dilakukan secara terpisah oleh Eselon I maupun Sekretariat UAPPA/B-W dan prosesnya hanya dilakukan dengan menggabungkan Arsip Data Komputer (ADK) dari satker tanpa dilakukan verifikasi dan rekonsiliasi yang memadai serta direviu oleh Inspektorat Jenderal dan Tim Reviu Pendamping BPK-RI.
Untuk itu melalui acara Penyusunan Laporan Keuangan yang terintegrasi ini, dapat menghasilkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Meningkatnya komitmen pimpinan akan pentingnya penyusunan laporan keuangan yang berkualitas agar pelaksanaan tata kelola pemerintahan dinilai akuntabel, baik di tingkat Satker, Wilayah, Eselon I dan Kementerian.
  2. Tersusunnya Laporan Keuangan (SAK dan SIMAK BMN) dari tingkat Satker yang terdiri atas Kantor Pusat (KP), Kantor Daerah (KD), Dekonsentrasi (Dekon) dan Tugas Pembantuan (TP), dari Satker Kabupaten/Propinsi sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.
  3. Tersusunnya Laporan Keuangan Tingkat Wilayah (UAPPA/B-W) sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. 
Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2011 di Provinsi Bengkulu dilakukan secara integral dan terpadu dibimbing dan dimonitor serta dievaluasi oleh Tim Pusat dan Daerah. Verifikasi dokumen sumber mulai dari DIPA, POK, SPJ, SPM-SP2D dan sebagainya. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencapai target opini WTP atas laporan keuangan Kementerian Pertanian tahun 2011. Kementerian Pertanian memiliki jumlah Satker cukup banyak yaitu kurang lebih 2.300 satker yang tersebar hampir di seluruh kabupaten/kota di Indonesia, dan untuk di Propinsi Bengkulu sendiri terdapat 66 Satker, adapun target dari acara yang dilaksanakan kali ini adalah tersusunnya laporan keuangan yang  sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP). Penyusunan laporan keuangan Kementerian Pertanian untuk menaruh perhatian yang lebih serius dalam pelaksanaannya, guna tercapainya kualitas laporan keuangan yang lebih baik sehingga harapan mendapatkan opini “Wajar Tanpa Pengecualian” dapat segera terwujud.


 
LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com