Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

Highlight

UPBS
kalender
web mail
satulayanan
SERBA SERBI
Sinar Tani

Buku Inovasi



  

 

Ex Kepala 1985-2011

        

On-LINE

Terdapat 1 Tamu online
Analisis Potensi Pakan Ternak Sapi Potong di Prov. Bengkulu PDF Cetak E-mail
Kinerja Pengkajian/Diseminasi BPTP 2005-2012 - Pengkajian / Diseminasi 2005
Oleh Agus Darmadi, SP   
Selasa, 29 Maret 2011 13:38
Optimalisasi Perkembang-biakan Sapi Potong dan Pemanfaatan Pakan Lokal di Daerah Sentra Produksi Ternak

Analisis Potensi Pakan Ternak Sapi Potong di Provinsi Bengkulu

Lokasi : Wilayah Provinsi Bengkulu

Tujuan

Mendapatkan peta potensi sumberdaya pakan local (hijauan dan konsentrat) ternak sapi potong skala 1:250.000 untuk wilayah Provinsi Bengkulu dan formula pakan berdasarkan peta potensi pakan

Dasar pertimbangan

  • Pengembangan usaha peternakan saat ini belum optimal karena belum sesuai dengan kemampuan dan belum memperhatikan lingkungan maupun kebutuhan strategis dari investasi yang telah diupayakan pemerintah. Pemeliharaan ternak pada skala usaha yang optimal akan mampu menghasilkan pertumbuhan dan perkembang-biakan ternak menjadi lebih baik yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan bagi peternak
  • Produktivitas sapi potong masih rendah karena pemberian pakan yang kurang sesuai dengan kebutuhan ternak serta belum sesuai dengan potensi yang ada di daerah.
  • Harga dan kebutuhan daging sapi selalu meningkat dan pemenuhan konsumsi masih harus dipenuhi melalui impor, dilainpihak potensi sumberdaya pertanian di Provinsi Bengkulu cukup besar untuk pengembangan agribisnis sapi potong. Dengan demikian ketersediaan sumberdaya dan penemuan teknologi budidaya serta pembiakan ternak merupakan unsure utama dalam pengembangan agribisnis sapi potong.
Luaran

  • Lahan Potensi pakan skala 1 : 250.000 wilayah Provinsi Bengkulu
  • Formula pakan berdasarkan peta potensi pakan

 Metode Pengkajian

  • Pengkajian diawali dengan desk study, selanjutnya dilakukan survey  untuk mendapatkan data lapangan dan pengumpulan data dari dinas instansi terkait di daerah (kabupaten). Data yang didapat ditabulasi dan diolah secara statistic, kemudian dientry sebagai database dan dipadukan dengan peta Zona Agroekologi dan peta kesesuaian lahan skala 1 : 250.000 serta dilengkapi dengan data dukung lainnya (tabular dan special) kemudian hasilnya ditampilkan  dalam bentuk peta potensi  pakan. Selanjutnya dari peta potensi pakan tersebut akan disusun formula pakan untuk ternak sapi potong pada masing-masing wilayah dengan memperhatikan kondisi sosial budaya masyarakat.
  • Lokasi pengkajian adalah seluruh wilayah kabupaten di Provinsi Bengkulu. Pelaksanaan penelitian diawali dengan melakukan desk study terutama untuk mendapatkan gambaran sumberdaya lahan berdasarkan peta zona agroekologi  dan peta kesesuaian lahan skala 1 : 250.000. Kegiatan selanjutnya adalah menghimpun data ditingkat kabupaten yang ada di dinas dan instansi terkait meliputi data tentang ternak dan data lahan. Survei dengan bantuan kuesioner dan daftar isian dilakukan  untuk mendapatkan informasi secara terperinci tentang kondisi wilayah khususnya mengendai sumberdaya pakan yang tersedia pada kawasan budidaya terutama pada lahan pertanian dan lahan perkebunan serta untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas dari peternak terutama upaya  yang dilakukan dalam pemenuhan pakan ternak mereka.

LAST_UPDATED2
 
Joomla Templates by JoomlaVision.com