JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Sambung Estafet Penanggung Jawab UPSUS PAJALE Gelar Rapat Koordinasi

Pin It

Langkah cepat langsung dilakukan penaggungjawab Upaya Khusus Padi jagung kedelai (UPSUS PAJALE) Provinsi Bengkulu yang baru Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si dalam usaha percepatan Luas Tambah Tanam padi dengan melaksanakan Rapat Koordinasi pada hari ini Kamis (4 Juli 2019).

Rakor UPSUS PAJALE yang diselenggarakan oleh BBPengkajian Balitbangtan dan BPTP Balitbangtan Bengkulu ini dihadiri oleh Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Korem 041 Garuda Emas, Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, Kodim, Dinas PUPR, BMKG, petugas pertanian kecamatan, petugas LTT dan Opsin serta TIM UPSUS BPTP Bengkulu.

Target LTT nasional selalu lebih tinggi dari provinsi. Bengkulu mempunyai pola hujan tidak teratur yang menyebabkan LTT tidak tetap, namun demikian capaian LTT periode Oktober-Juni 2019 lebih tinggi dibandingkan Oktober-Juni 2019. Dukungan Balitbangtan untuk percepatan LTT, antara lain diseminasi VUB padi, inovasi KATAM yang dikoneksikan dengan Puslitbangtan (diseminasi VUB padi untuk mengatasi stanting padi).

Pada kesempatan ini juga dilakukan serah terima jabatan penanggungjawab UPSUS PAJALE yang lama Dr. Ir. Haris Syahbudin, DEA kepada pajabat yang baru Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si yang sekaligus menjabat Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP) yang baru.

Rencana tidak lanjut dari hasil Rakor UPSUS Pajale ini yaitu waspada kekeringan, percepatan tanam pada wilayah-wilayah yang masih cukup air, keterlibatan penyuluh mendampingi percepatan tanam dan pencapaian target LTT, menyediakan benih-benih tahan kekeringan, koordinasi dengan BMKG setempat, penerapan teknologi efisiensi pemanfaatan irigasi.

Selalu semangat menuju Kedaulatan pangan