JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

UPSUS, Kunjungi Kepahiang Untuk Swasembada

Pin It

Bulan Januari 2019 ditutup dengan aktivitas Penanggung Jawab UPSUS PAJALE Provinsi Bengkulu yang sekaligus Kepala Balai Besar Pengkajian dan pengembangan Teknologi Pertanian (Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA) pada hari Kamis (31/01/2019) ke Kabupaten Kepahiang.

Koordinasi dan kunjungan didampingi oleh Peneliti Utama dari BBP2TP (Prof. Dr. Rubiyo), Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu (Dr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si) dan Tim UPSUS PAJALE BPTP Balitbangtan Bengkulu. Dalam kunjungan tersebut, rombongan bertemu dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang (Hernawan, SPKP), Kabid. Tanaman Pangan (Candra Yahova, SP) dan Kabid. Tanaman Perkebunan (Deva Yarman, SP.)

Tak hanya bicara tentang UPSUS PAJALE, kunjungan lapang kali ini juga dilakukan dalam rangka rencana kegiatan mendukung Pengembangan kopi di Kab. Kepahiang. Kunjungan dilakukan ke wilayah Kampung Kopi, salah satunya ke Kelompok Tani Subur Makmur di Desa Sidorejo Kec. Kabawetan yang melakukan kegiatan budidaya dan pengolahan kopi bubuk dengan merek dagang Mantep. Kopi yang diproduksi merupakan kopi campuran antara klon Sintaro 1, Sintaro 2, Sintaro 3 dan Sehasence. Keempat klon itu adalah klon unggul lokal Bengkulu yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian pada tahun 2014.

Entres klon unggul lokal tersebut juga telah tersedia di kebun entres milik kelompok tani Permata Sari Desa Bukit Sari Kec. Kabawetan. Kebun entres seluas 30 Ha tersebut telah tersertifikasi.

Bagi penikmat kopi yang sudah pernah merasakan citarasa kopi bengkulu dijamin pasti akan ketagihan dengan citarasanya.