JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Obor Pangan Lestari (OPAL)

Sumber Makanan Sehat dari Halaman", jargon OPAL (Obor Pangan Lestari), program Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang tak henti-hentinya mengkampanyekan sumber makanan sehat bisa diperoleh dari halaman pekarangan rumah. Setelah menyasar kelompok masyarakat melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Kementan meluncurkan program pemanfaatan halaman kantor untuk ditanami tanaman pekarangan.

Hampir identik dengan OPAL, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian melalui BPTP Balitbangtan Bengkulu telah menjalankan kegiatan serupa di halaman kantor dengan nama Taman Agro Inovasi dan Agro Inovasi Mart (TAGRIMART). Sejak diluncurkannya OPAL tahun 2019 ini, keberadaan Taman Agroinovasi sekaligus menjadi lokasi OPAL BPTP Balitbangtan Bengkulu.

Soft Launching OPAL yang diselenggarakan pada hari Kamis (4/7/2019) ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala BBPengkajian Balitbangtan (BBP2TP), Dr Ir. Muhammad Taufiq Ratule, MSi yang didampingi oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA) dan Kepala BPTP Bengkulu (Dr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si).

Kepala BBP2TP yang baru dilantik ini berpesan agar BPTP Balitbangtan Bengkulu menampilkan display sayuran organik, menggunakan pupuk organik dan pestisida hayati. Selain itu, Kebun Benih Inti (KBI) diharapkan tidak hanya menyediakan dan mendistribusi benih siap tanam tetapi juga mampu memproduksi benih sendiri.

Pengunjung yang terdiri dinas instansi terkait seperti Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan serta kelompok KRPL Kota Bengkulu terlihat antusias melihat display tanaman sayuran yang dibudidayakan secara hidroponik, vertikultur, polibeg dan konvensional. Tanaman oyong, cabai, pakcoy dan tomat siap panen menjadi latar ibu-ibu anggota KRPL untuk berswafoto.

Tak hanya disuguhi display outdoor, pengunjung juga diajak untuk melihat display indoor yang menampilkan aneka produk olahan seperti kopi petik merah, sari buah kalamansi, nugget sayuran, jus buah-sayur, keripik sayuran, dan produk olahan cabai. Display indoor Tagrimart BPTP Bengkulu juga menyajikan inovasi teknologi Balitbangtan seperti Tumpang sari tanaman padi jagung kedelai (TURIMAN PAJALE), VUB benih padi dan buah lokal unggul Sumberdaya Genetik tanaman varietas lokal Bengkulu seperti durian, jeruk RGL dan pisang ambon curup.

Semoga OPAL BPTP Balitbangtan Bengkulu yang telah dilaunching ini dapat berkelanjutan dan bermanfaat menjadi contoh bagi masyarakat

Write comment (0 Comments)

Hari Jumat (22/3/2019), BPTP Balitbangtan Bengkulu kembali kedatangan tamu istimewa, sebanyak 52 orang siswa TK dan 70 orang siswa SD Insan Kamil Islamic School Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu yang datang secara bergantian.

Meskipun tidak mempunyai lahan yang luas ataupun Kebun Percobaan, Taman Agroinovasi BPTP Balitbangtan Bengkulu Balitbangtan Kementan ini sudah menjadi destinasi edukasi pertanian beberapa sekolah yang rutin mengagendakan wisata edukasinya.

Melalui inovasi teknologi yang disajikan pada Taman Agroinovasi baik display outdoor maupun indoor, anak-anak belajar mengenal dunia pertanian lebih dekat. Tim BPTP Balitbangtan Bengkulu mengenalkan aneka jenis sayuran mulai dari benih, jenis-jenis sayuran, media tanam dan cara menanamnya dengan cara yang mudah dipahami oleh anak-anak dan tentunya sambil bermain.

Write comment (0 Comments)