JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Pendampingan Kawasan Pertanian Strategis

Pada hari Rabu (6/03/2019) Tim BPTP Balitbangtan Bengkulu juga melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang terkait kegiatan Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Komoditas Strategis dan Pendampingan UPSUS Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB) yang akan dilakukan di Kabupaten Kepahiang. Koordinasi sekaligus untuk menjaring informasi inovasi teknologi yang dibutuhkan oleh petugas penyuluh dan petani di daerah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang (Hernawan, SPKP) menyampaikan beberapa program yang akan dilakukan pada tahun 2019 ini antara lain untuk komoditas kopi adalah rehabilitasi tanaman kopi melalui penyambungan seluas 100 ha di Kecamatan Seberang Musi, penyambungan kopi sebanyak 500.000 batang pada 8 kecamatan di Kab. Kepahiang serta bantuan solar dryer sebanyak 1 unit untuk Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan.

Untuk komoditas peternakan, kegiatan penggemukan untuk sapi jantan menggunakan sapi jenis Brahman Croos/Simental/limousin kurang lebih 30 ekor, pengembangan sapi Bali dan Kambing sebanyak 15 ekor. Kegiatan peternakan tersebut akan dilaksanakan di Kec Kabawetan sebagai sentra pengembangan ternak di Kab. Kepahiang. 

Pengembangan komoditas hortikultura meliputi pengembangan bawang putih seluas 75 ha, bawang merah 25 ha, cabai 40 ha, mangga 50 ha, manggis 50 ha dan jahe seluas 15 ha. Kegiatan-kegiatan tersebut akan direncanakan pada 8 Kecamatan di Kabupaten Kepahiang. 

Saat koordinasi Tim Kegiatan Pendampingan Pengembangan Kawasan memperoleh beberapa informasi antara lain teknologi pengendalian PBK masih sangat dibutuhkan. Teknologinya sudah ada, tetapi pelaksanaannya di tingkat petani masih terbatas, sehingga kehilangan produksi bisa mencapai 30% terutama di bulan November dan Desember.  Teknologi lain yang dibutuhkan adalah teknologi pemupukan, pemangkasan tanaman kopi dan packing kopi bubuk. 

Rencana yang selanjutnya akan dilakukan adalah identifikasi permasalahan dan kebutuhan teknologi dengan ketua kelompok tani beserta penyuluh di Kampung Kopi (5 desa) yaitu Sidorejo, Tugurejo, Sukasari, Bandung Jaya dan Bukit sari. 

Tim kegiatan Pendampingan UPSUS SIWAB akan melaksanakan pertemuan dengan kelompok tani ternak Margo Mulyo di Desa Tugurejo mengenai rencana kegiatan demfarm dan pendampingan teknologi untuk kelompok peternak serta petugas UPSUS SIWAB di Kec Kabawetan, sekaligus membahas upaya dan strategi agar target IB, Bunting dan Lahir di tahun 2019 dapat tercapai.

Write comment (0 Comments)

Kegiatan pendampingan yang akan dilakukan pada tahun 2016 yaitu :

  1. Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Tanaman Padi
  2. Pendampingan Penerapan Teknologi Baru Mendukung Pengembangan Kawasan Hortikultura (Jeruk)
  3. Pendampingan Pengembangan Kawasan Cabe di Bengkulu
  4. Pendampingan Pengembangan Kawasan Pertanian Nasional Komoditas Perkebunan (Kopi)
  5. Pendampingan Kawasan Ternak Kambing di Provinsi Bengkulu
Write comment (0 Comments)