JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Rapat Koordinasi Teknis Optimalisasi Infrastruktur Irigasi Dukung UPSUS PJK Provinsi Bengkulu

fShare
9

 

Untuk meningkatkan produksi hasil pertanian terutama padi, jagung, dan kedelai, maka dilakukan segala upaya memenuhi kebutuhan akan peningkatan tersebut, salah satunya melalui optimalisasi luas tambah tanam (LTT) maupun alsintan mendapatkan prioritas utama untuk segera dilakukan. Beberapa waktu lalu (13/9/2018), bertempat di Aula Balai Wilayah Sungai Sumatera VII, telah berlangsung pertemuan Rapat Koordinasi Teknis dalam rangka Optimalisasi Infrastruktur Irigasi Mendukung Upaya Khusus (UPSUS) Pajale  di Provinsi Bengkulu.

Rakortek bertujuan untuk mensinkronkan kegiatan perbaikan infrastruktur irigasi dengan percepatan tanam padi, meningkatkan kesepahaman para pihak terkait upaya percepatan dan kesepakatan penyelesaian rehabilitasi jaringan irigasi (Kab. Bengkulu Selatan, Kab. Seluma, Kab. Lebong dan Kab. Mukomuko), mensinergikan program cetak sawah baru dan pembangunan irigasi seperti di Kab. Mukomuko agar dapat direplikasikan ke Kabupaten lainnya.

Kegiatan yang dimotori oleh Penanggung jawab UPSUS Pajale Provinsi Bengkulu (Dr.Ir. Haris Syahbuddin, DEA) ini dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu (Ir. Ricky Gunarwan), dan dihadiri oleh Direktur Irigasi Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI, Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) VII, Komandan Korem 041 Garuda Mas, Kepala Dinas Pertanian Kab/Kota se Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Komandan Kodim 0408 Seluma, Komandan Kodim 0409 Rejang Lebong, Komandan Kodim 0425 Seluma, Plh. Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu, Koordinator wilayah UPSUS Pajale Kabupaten/Kota, Kepala Satuan Kerja Irigasi BWSS VII, Pejabat Pembuat Komitmen Irigasi Rawa I, II, III BWSS VII, serta seluruh Tim UPSUS BPTP Balitbangtan Bengkulu.

Rakortek memaparkan beberapa materi untuk didiskusikan, antara lain Pembingkaian dan arahan diskusi oleh Penjab UPSUS Prov. Bengkulu, "Program pemeliharaan dan rehabilitasi jaringan irigasi" (oleh BWSS VII), "Pengembangan Irigasi pertanian di Tingkat Usahatani" (oleh Direktur Irigasi Ditjen PSP), dan :Lesson learned singkronisai antara jadwal perbaikan irigasi dan jadwal tanam" (oleh UPTD Pengairan Kab. Mukomuko).

Dari kegiatan Rakortek diperoleh kesimpulan penting untuk segera membentuk Komisi Irigasi untuk mensinkronkan kegiatan perbaikan infrastruktur irigasi dengan percepatan tanam padi di Provinsi Bengkulu