JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Observasi Lapang Demi Capai Kedaulatan Pangan

fShare
0

Seiring dengan tujuan peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai, maka dilakukan segala upaya memenuhi kebutuhan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya melalui program Upaya Khusus Padi Jagung dan Kedelai (UPSUS PJK) di Provinsi Bengkulu. Untuk pencapaian target Luas Tambah Tanam (LTT) padi, jagung dan kedelai periode bulan Asep 2018 dan identifikasi permasalahan yang ada agar target yang diberikan dapat terealisasi, Penanggung Jawab UPSUS PJK Provinsi Bengkulu beserta tim kembali melakukan koordinasi dan observasi lapang Desa ke Desa di Kota Bengkulu dan Kab. Bengkulu Tengah pada hari Rabu (12/09/2018).

PJ UPSUS Provinsi Bengkulu beserta Tim UPSUS BPTP Balitbangtan Bengkulu kerjabersama dengan Dinas Pertanian Kota Bengkulu dan Kab. Bengkulu Tengah bersama-sama dengan brigade tanam kota/kabupaten dan kelompok tani, siap melakukan percepatan tanam dan optimalisasi lahan pada lahan yang potensial. Pencapaian LTT periode bulan ASEP baru 616 ha dimana LTT bulan Agustus baru mencapai 38,06 % atau 118 ha dari target 310 ha sehingga target bulan Agustus yang tertunda tanam akan ditealisasikan pada bulan September.

Berbagai cara ditempuh, tak kan dibiarkan tanah tidak produktif, demi kecukupan dan kedaulatan pangan. Meski turunnya hujan belum merata, lahan kelompok tani Tani Harapan Kita di Desa Durian Demang Kec. Karang Tinggi sudah mulai ditanami padi varietas Inpago 9, sedangkan di Desa Taba Lagan di Kecamatan Talang Empat sudah dilakukan olah lahan. Melalui kegiatan Penambahan Areal Tanam Baru (PATB), penerapan sistem tanam tumpang sari padi-palawija dan penanaman padi gogo di lahan kering dilaksanakan dalam rangka optimalisasi lahan untuk meningkatkan luas tambah tanam.

UPSUS tiada henti, untuk kedaulatan pangan.