JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Varietas Unggul Baru Dongkrak Produktivitas Padi di Bengkulu Utara

fShare
0

Panen raya kali ini dilaksanakan di Kelompok tani Karya Utama Desa Karya Jaya Kecamatan Marga Sakti Sebelat Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Tema yang diangkat dalam Panen Raya ini adalah "Sukseskan program UPSUS Pajale" untuk mewujudkan swasembada dan lumbung pangan di Provinsi Bengkulu. Menurut Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Utara Bapak Kuasa Barus, menyatakan dengan kegiatan panen raya ini kita tingkatkan produksi pertanian di Provinsi Bengkulu untuk menuju ketahanan pangan nasional.


Hadir dalam acara Panen Raya ini yaitu. Plt. Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah, Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian, Wakil Bupati Arie Septia Adinata, SE, Ketua DPRD, Kasrem, Dandim, Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu Dr. Ir. Darkam Musaddad, M Si, BPS, Bulog, Ketua PKK, FKPD, OPD, PT. Pusri, Camat Marga Sakti, Kepala Desa, KTNA, Tokoh adat serta anggota kelompok tani.

Luas hamparan sawah dalam kegiatan Panen Raya ini adalah sekitar 140 Ha dari total luas hamparan padi seluas 1560 ha yang terbagi dalam 5 kelompok tani yakni Kelompok tani Karya Utama, Karya manunggal, Sumber tani dan Karya makmur. Varietas yang dipanen antara lain Mekongga, Inpari 30 dan Ciherang. Hasil ubinan yang dilakukan oleh BPS pada padi varietas Inpari 30 mencapai 6,2 ton/ha, varietas ini merupakan hasil pemuliaan peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan pertanian yang termasuk varietas unggul baru dengan daya hasil tinggi dan rasa beras yang disukai oleh masyarakat.