JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Laboratorium Diseminasi

Laboratorium Diseminasi dibentuk untuk meningkatkan kapasitas kinerja Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal. Menyadari bahwa baik dokumen maupun bahan informasi sejatinya menjadi keharusan dalam penyampaian atau penyajiannya sudah dalam bentuk dikemas dengan baik, maka diperlukan upaya dan penanganan secara baik pula dan dipandang perlu ditangani secara profesional. Tidak dipungkiri bahwa kualitas kemasan dokumen maupun produk diseminasi lainnya tidak kalah pentingnya perlu diperhatikan, selain kualitas data maupun informasi yang dikemas. Kedua aspek tersebut (isi dan kemasan) merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan dan ikut menentukan citra dan tampilan BPTP Bengkulu dimata luar.

Di tahun 2013, pelayanan Laboratorium Diseminasi telah cukup memberikan andil besar bagi pelaksanaan tugas dan fungsi Balai. Banyak kegiatan administrasi dan lapangan yang membutuhkan suplay bahan cetakan yang bersifat segera telah dapat dilayani dengan baik.

Sampai akhir tahun kegiatan tahun 2013, pelayanan Laboratorium Diseminasi telah diupayakan maksimal dan terbukti semua kebutuhan Balai menyangkut produk Laboratorium Diseminasi dapat dipenuhi pada saat dibutuhkan.

Selain menyangkut produk media tercetak sendiri, Laboratorium Diseminasi juga memberikan andil besar dalam kelancaran pelaksanaan setiap kegiatan dengan penanggulangan sementara beban pembiayaannya. Hal ini mengingat sistem keuangan di Balai yang pemenuhan biaya/anggaran direalisasikan oleh bendahara pengeluaran setelah kegitan fisik selesai dilaksanakan. Untuk itulah, dirasakan sangat diperlukan Laboratorium Diseminasi menyediakan dana taktis operasional dalam bentuk pengelolaan keuangan kas sendiri. Sampai akhir tahun 2013 kebutuhan tersebut telah dapat ditangani secara mandiri oleh Laboratorium Diseminasi.

Peran Laboratorium Diseminasi lainnya dalam pelaksanaan tugasnya, selain melakukan pelayanan internal Balai, selama tahun 2013 juga telah dapat melayani instansi lingkup pertanian di Provinsi Bengkulu diantaranya; 1) Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, 2) Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu, 3) Balai Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih Dinas Perkebunan Provinsi Bengkulu, dan 4) Badan Pelaksanan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Mukomuko.

Dalam upaya lebih meningkatkan lagi kinerja Laboratorium Diseminasi di tahun 2013, diperlukan upaya-upaya melengkapi kebutuhan peralatan dan penyempurnaan manajemen operasional ke arah yang lebih proporsional dan profesional sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan lebih baik lagi.

Aktivitas Laboratorium Diseminasi Tahun 2013

Pelaksanaan pelayanan/produksi media cetak Laboratorium Diseminasi dalam tahun 2013 dapat dilihat pada tabel 10

Tabel 10. Rekapitulasi Produksi Media Cetak Laboratorium Diseminasi Tahun 2013

No. Jenis Publikasi Jumlah
1 Spanduk 75
2 Leaflet 5.600
3 Buku 870
4 Plang Merek 34
5 Mini Banner 9
6 Amplop 500
7 Piagam 1.033
8 Baliho 9
9 X-Banner 31
10 Kartu 221
11 CD-Cover 32
12 Poster 405
13 Map 900
14 Kemasan Produk 1.213
15 Stiker 485
16 Jili, Proposal, laporan 711
17 Umbul-2 160