JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Informasi, Konsultasi dan Rekomendasi Inovasi Teknologi Pertanian

Bulan Maret Tahun 2019 ini rupanya menjadi bulan kunjungan ke BPTP Bengkulu. Setelah SD Fatma Kenanga dan SD serta PAUD IT Insan Kamil, kali ini giliran PAUD Labschool FKIP UNIB menyambangi Taman Agroinovasimart. Dibimbing oleh Tim BPTP Balitbangtan Bengkulu, sebanyak 14 anak usia pra sekolah belajar mengenal aneka tanaman seperti kangkung, bayam, bawang merah, kacang hijau, kangkung yang ditanam pada display outdoor Taman Agroinovasimart.

Diawali dengan kegiatan praktek menanam kangkung, anak-anak terlihat begitu senang karena baru pertama kalinya menanam sayuran. Kegiatan dilanjutkan dengan field trip ke kolam untuk mengenal lebih banyak tanaman sayuran lainnya, tanaman obat-obatan dan umbi-umbian, serta koleksi kambing Boerka. 

Menurut Meri Sadiana, S. Pd., Kepala Sekolah PAUD Labschool FKIP UNIB anak-anak sangat senang mengikuti kegiatan praktek menanam sayuran seperti yang dilakukan pada kunjungan ini.
"Selama ini kami mengenalkan sayuran kepada anak-anak melalui media gambar, di sini anak-anak dapat mengenal langsung tanaman sayuran" ungkapnya.

Write comment (0 Comments)

Kunjungan mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB) sebanyak 42 orang mahasiswa dalam rangka kunjungan praktikum lapangan matakuliah manajemen informasi Agribisnis. Pada praktikum lapangan tersebut di isi dengan kuliah umum  dan kunjungan lapangan pada koleksi SDG, taman Agroinovasi dan Agri Mart.  Untuk Kegiatan Kuliah Umum di isi oleh Bapak Dr. Rudi Hartono, SP. MP. Sedangkan kunjungan lapangan di dampingi oleh Bapak Yahumri SP.

Setelah materi kuliah umum dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke koleksi SDG yang menampilkan Koleksi  konservasi tanaman spesifik lokasi di Bengkulu, dan kunjungan ke taman agro yang menyuguhkan display teknologi pertanian berupa sistem pertanian lahan pekarangan yang terintegrasi antara tanaman dan ternak, serta berbagai inovasi teknologi yang diterapkan di dalamnya. Selain taman Agro Inovasi Juga Mengunjungi Agrimart yang menyuguhkan berbagai Inovasi teknologi spesifik lokasi dalam bentuk media cetak maupun elektronik serta display berbagai produk hasil pengkajian terutama produk pascapanen.

Dengan kunjungan hanya beberapa jam saja, para mahasiswa dapat pengetahuan lengkap tentang teknologi inovasi yang dihasilkan Balitbangtan pertanian dari mulai teknis budidaya, sistem pertanian bio industri, konservasi SDG maupun Pengolahan pasca penen hingga siap untuk dipasarkan, hal ini senada dengan jurusan yang mereka ambil yakni program studi Agribisnis.

BPTP Balitbangtan Bengkulu merupakan intansi pemerintah yang berada di bawah Baitbangtan Kementerian Pertanian, yang salah satu tupoksinya adalah pengakajian pengembangan  dan penerapan teknologi spesifik lokasi di Provinsi Bengkulu.  BPTP Balitbangtan Bengkulu akan sangat terbuka menerima kunjungan dari kalangan siswa, mahasiswa, petani, stakeholder sampai dengan masyarakat umum yang ingin belajar dan membutuhkan informasi inovasi teknologi pertanian

Write comment (0 Comments)