JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kekayaan Sumberdaya Genetik Provinsi Bengkulu

fShare
4

Bengkulu memiliki banyak kekayaan alam, diantaranya adalah keberagaman jenis tanaman, baik tanaman pangan, buah-buahan, maupun sayuran. Keberagaman jenis tanaman yang ada menunjukkan keberagaman sumber genetis yang sering disebut kekayaan plasma nutfah. Plasma Nutfah merupakan kekayaan alam yang sangat berharga bagi kemajuan teknologi budidaya tanaman untuk mendukung kedaulatan pangan nasional.

Plasma nutfah merupakan kekayaan masyarakat yang perlu di berdayakan  secara optimal oleh pemerintah daerah.  Namun demikian sebagian  Kabupaten/Kota belum  menyadari dan memahami dengan baik tentang arti, fungsi dan pentingnya plasma nutfah.  Hal tersebut meliputi aspek pengetahuan dan cara pandang di kalangan masyarakat dan pejabat pemerintah daerah, akibatnya sebagian plasma nutfah berada dalam status terancam punah, bahkan mungkin diantaranya telah benar-benar punah seperti padi dan jagung lokal.

 

Plasma nutfah merupakan bahan pembentukan varietas unggul baru yang diinginkan untuk tujuan kesejahteraan manusia.  Pemanfaatan plasma nutfah dapat secara langsung maupun melalui proses pemuliaan, baik secara konvensional ataupun in-konvensiona/ bioteknologi.

Pemanfaatan plasma nutfah di Bengkulu belum secara optimal, tetapi sejak 10 tahun terakhir telah mulai di berdayakan  terutama tanaman pangan dan hortikultura.  Sampai saat ini sudah ada 5 jenis tanaman yang berasal dari daerah Bengkulu telah di akui dan terdaftar di Kementerian Pertanian sebagai varietas unggul Nasional yaitu Melinjo Enggano, Mangga Bengkulu, Jeruk RGL, Manggis Marel dan Durian Bentara.  Selain itu ada 3 varietas tanaman jagung hibrida yang merupakan hasil pemuliaan dimana tanaman tetuanya berasal dari jagung lokal daerah Bengkulu yaitu varietas jagung hibrida supra 1, SP1 dan SP2.

Jenis tanaman yang telah terdaftar sebagai varietas ungggul Nasional dan tanaman tersebut selama ini telah ditanam oleh masyarakat, diharapkan Pemda Provinsi maupun Kabupaten/Kota memberikan dukungan kebijakan daerah dalam bentuk keberpihakan untuk pengembangan tanaman yang telah diakui secara nasional oleh Kementerian pertanian dalam bentuk keputusan pelepasan sebagai varietas unggul tersebut.




(Sumber : Website Dinas Pertanian Bengkulu, 23 Desember 2013)