JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Solid (Limbah CPO) Untuk Pakan Ternak

fShare
0
Melalui inovasi teknologi yang sudah dikajiterapkan dalam SL-SISKA, pemanfaatan limbah industri sawit berupa solid (hasil samping pengolahan CPO) sebagai pakan ternak sapi memberikan hasil positif bagi kecukupan dan kebutuhan pakan ternak sapinya.

Bentuk dan konsistensi solid seperti ampas tahu, namun berwarna coklat gelap dan berbau asam-asam manis dengan kandungan nutrisi berdasarkan analisis proksimat laboratorium nutrisi ternak UNIB berupa; Bahan kering (BK) 49,57 ; Protein kasar (PK) 10,16% ; Lemak kasar (LK) 12,90% ; Serat kasar (SK) dan Bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) sebesar 23,17%.

Cara pemberian solid pada ternak sapi dalam bentuk segar, masih berbau harum dan diberikan 2 kali (½ bagian pagi dan ½ bagian sore hari) secara tunggal sebelum diberi hijauan dan tambahkan sedikit garam untuk meningkatkan nafsu makan terhadap solid.

Hasil pengujian pada sapi PO jantan penggemukan selama 3 bulan, diberi solid sebanyak 5 kg/ekor/hari + hijauan 15 kg memperlihatkan PBBH cukup signifikan mencapai 0,378 kg/ekor/hari. Pemberian solid bagi ternak sapi dapat disesuaikan dengan tujuan pemeliharaan, seperti penggemukan dan priode-priode kritis (Flushing; yaitu saat 2 bulan sebelum melahirkan sapi memerlukan kandungan nutrisi yang cukup) bertujuan untuk mmempersiapkan kondisi induk saat melahirkan dan kesiapan untuk membantu kecukupan air susu induk hingga anak-anak yang dilahirkannya dapat bertumbuh dengan baik.

Melatih ternak sapi terbiasa makan solid, yaitu tanpa diberi makan apapun selama 4-5 hari selain solid yang tersedia terus dekat sapi. Dampak pemberian solid sebagai pakan sapi adalah kebutuhan air minumnya menjadi lebih banyak, maka untuk itu air minum harus tersedia dalam jumlah cukup bagi ternak sapi. (Sumber : Buku 68 Inovasi Teknologi 2013)