JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Teknologi Penyimpanan Serbuk Sari pada Tanaman Salak

fShare
0

TEKNOLOGI PENYIMPANAN SERBUK SARI PADA TANAMAN SALAK

*Yulie Oktavia, SP
  

Program pengkajian salak merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Bengkulu. Pengkajian ini bertujuan untuk meningkatkan Frekuensi panen (3 kali/tahun) dan meningkatan pendapatan petani (>20%). Kegiatan ini dilakukan di kebun salak pondoh milik Bapak Suwarno di desa Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Kegiatan pengkajian ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan petani dengan memberikan teknologi tepat guna.

Pada tanggal 21 bulan September 2010 kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Bengkulu (Ir. Tri Sudaryono, MS) turun langsung ke lapangan untuk memberikan petunjuk teknis bagi petani salak. Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa orang petani yang merupakan Ketua Gapoktan dan KTNA desa setempat bertujuan memberikan pengetahuan baru bagi petani. Setelah berdiskusi tentang bagaimana prospek komoditi tanaman salak kedepannya, kepala Balai dan petani langsung menuju ke kebun salak milik petani untuk meninjau kondisi  kebun.

Kebun seluas 1 ha, yang dikelola bapak Suwarno telah dirintis sejak tahun 2002. Kebun salak pondoh ini terlihat bersih dan terawat. Hasil yang diperoleh setiap minggunya rata-rata 0.5 kuintal per minggu, sedangkan pada bulan-bulan panen raya biasanya menghasilkan 3 kuintal perminggunya.

Tanaman yang memiliki rumah dua ini menghasilkan bunga jantan dan bunga betina dari pohon yang berbeda. Tanaman yang berbunga jantan hanya mempunyai benang sari, sedangkan tanaman yang menghasilkan bunga betina yang hanya mempunyai putik. Pada tanaman yang menyerbuk silang, penyerbukan terjadi dengan bantuan angin, serangga dan manusia. Penyerbukan akan lebih efektif dengan adanya campur tangan manusia karena benang sari bunga salak  lengket sehingga tidak mudah diterbangkan oleh angin.
Dalam hal ini kepala Balai langsung memberikan petunjuk teknis untuk memudahkan dalam melakukan penyerbukan. Untuk mengantisipasi persedian bunga jantan yang sedikit maka perlu delakukan penyimpanan serbuk sari (pollen). Teknologi penyimpanan pollen (serbuk sari) akan sangat bermanfaat bagi petani salak.

Adapun Alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan ini antara lain :
1.    Bunga Jantan
2.    Bunga Betina
3.    Gunting pangkas
4.    kertas HVS
5.    Ayakan
6.    Kuas Kecil
7.    Botol Kecil / plastik kedap udara

Tahapan Kegiatan :

  • Siapkan bunga jantan yang sudah mekar sempurna, dengan ciri-ciri : mengeluarkan serbuk sari berwarna kuning, biasanya bunga harum dan tercium dari jarak jauh,
  • Dengan menggunakan gunting pangkas potong beberapa bunga jantan  yang siap dikawinkan.
  • Ketuk-ketuk bunga jantan tersebut dengan menggunakan kayu kecil di atas kertas putih sehingga serbuk sarinya berjatuhan.
  • Serbuk sari yang terkumpul kemudian diayak, untuk membersihkan dari kotoran atau serangga yang ada .
  • Masukkan serbuk sari tersebut ke dalam botol kecil/plastik kedap udara.
  • Bawa serbuk sari tersebut ke lahan untuk dapat dilakukan penyerbukan.
  • Sisa serbuk sari dapat disimpan didalam kulkas selama 1-3 bulan dengan suhu 5-10o C.
  • Serbuk sari dapat digunakan sewaktu-waktu jika produksi bunga jantan masih kurang.