JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pin It
 
Melalui kegiatan Pendampingan Program Strategis Kementerian Pertanian, BPTP Balitbangtan Bengkulu mengunjungi lahan pertanaman bawang putih Kelompok tani Harapan Jaya Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan Kabupaten Lebong guna memberikan pendampingan inovasi teknologi budidaya bawang putih kepada petani. Pendampingan ini sebagai tindak lanjut dari bimbingan teknis yang pernah dilakukan sebelumnya.
Desa Mangkurajo merupakan salah satu lokasi pengembangan bawang putih yang mendapat bantuan dari Direktorat Jendral Hortikultura seluas 5 ha dan sampai saat ini baru sekitar 1 hektar yang sudah tertanam.
Saat ini tanaman bawang putih sudah berumur antara 1,5-2 bulan, dengan kondisi cukup baik. Namun dalam penerapan teknologi budidaya masih terdapat kekeliruan terutama penanaman benih bawang putih yang semestinya ditanam satu siung tetapi ada petani yang menanam satu bongkol dalam satu lubang. Hal ini dilakukan karena petani melihat kondisi ukuran benih yang kecil. Padahal itu akan membuat tanaman menjadi kerdil karena persaingan hara dan umbi akan sulit terbentuk. Untuk itu, Tim BPTP Bengkulu telah memberikan anjuran kepada petani lain yang belum menanam agar menanam benih satu siung pada setiap satu lubang tanam agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan umbi yang maksimal.