JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Pin It

Tahun 2019, beberapa kegiatan pengkajian dan diseminasi BPTP Balitbangtan Bengkulu difokuskan untuk pengembangan komoditas ini, salah satunya kegiatan Kajian Teknologi produksi lipat ganda (Proliga) yang bertujuan untuk mendapatkan paket teknologi proliga jeruk spesifik lokasi yang mampu meningkatkan produktivitas dan kualitas jeruk.

Pada hari Kamis (20/6/2019), dilakukan sosialisasi kegiatan dan teknologi yang sedang dikaji kepada pemangku kebijakan dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong, petugas penyuluh dan petani jeruk yang berada di kawasan pengembangan jeruk, Desa PAL VII, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong.

Teknologi Proliga jeruk mengadopsi teknologi Pembuahan Berjenjang Sepanjang Tahun (Bujangseta) yang meliputi manajemen kanopi/pemangkasan, manajemen nutrisi (pemupukan) dan manajemen pengendalian hama penyakit. Melalui teknologi ini diharapkan tanaman jeruk berbuah sepanjang tahun.

Sosialisasi yang bertujuan untuk penderasan diseminasi inovasi teknologi Proliga dilaksanakan dengan penyampaian materi mengenai Teknologi proliga jeruk, Pengenalan dan pengendalian hama dan penyakit tanaman jeruk, serta Penanganan pascapanen Jeruk. Tidak hanya itu, demonstrasi cara pembuatan likat kuning dan penolak serangga juga diharapkan dapat mempercepat transfer dan adopsi teknologi.

Ke depan, BPTP Balitbangtan Bengkulu akan terus melakukan diseminasi dan pendampingan teknologi inovatif untuk meningkatkan produktivitas dan
pengembangan kawasan jeruk dengan memberikan pendampingan teknologi budidaya, dan inisiasi pembuatan koorporasi untuk mewujudkan Kawasan Pertanian Sejahtera.