JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Pin It

Melalui kegiatan Pendaftaran Varietas Tanaman (PVT), BPTP Balitbangtan Bengkulu terus bergerak mengesklpore berbagai tanaman lokal potensial kekayaan asli daerah di setiap wilayah kerjabersama pemerintah daerah setempat, untuk diidentifikasi dan dikarakterisasi serta didaftarkan status kepemilikannya, sebagai langkah awal pengembangan secara komersial yang lebih luas ke depan.

Pada tahun lalu, bekerjasama dengan BPTP Bengkulu dan BBPengkajian Balitbangtan, Kabupaten Bengkulu Selatan telah mendaftarkan dua tanaman varietas unggul lokalnya yakni Kelapa Manna Hijau dan Kuning. Pada tahun 2019 ini, Tim kembali melaksanakan koordinasi ke Bappeda Kab. Bengkulu Selatan terkait kegiatan Identifikasi dan karakterisasi varietas unggul lokal lainnya yang ada di Kab. Bengkulu Selatan, pada hari Selasa (25/6/2019).

Berdasarkan hasil koordinasi, beberapa SDG tanaman varlok yang diajukan oleh pihak Pemda, antara lain padi siung kancil, merupakan salah satu tanaman padi ladang varietas lokal yang akan didaftarkan dan terdapat di Desa Cinto Mandi, yang saat ini kondisi pertanaman sudah ada beberapa lokasi yang panen dan masih akan panen. Selanjutnya, Jeruk Seginim yang terdapat di Desa Dusun Tengah, Kecamatan Seginim, serta Cabai Pelangi yang memiliki keunikan beberapa perubahan warna hingga panen serta rasanya yang sangat pedas yang terdapat di Kecamatan Pino Raya.

Tim juga melakukan peninjauan langsung ke lokasi jeruk seginim, kebetulan saat ini kondisi pertanaman sedang siap panen. Tanaman jeruk ini telah ditanam dalam kurun waktu 10 tahun oleh pemiliknya, dan memiliki keunikan buah yang masih berwarna hijau namun memiliki rasa manis.

Satu batang jeruk dapat menghasilkan kurang lebih 100 kg dengan masa panen sekitar bulan Juni/Juli/Agustus tiap tahunnya. Pemasaran Jeruk seginim ini masih di sekitar wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan. Petani sangat berharap agar jeruk seginim ini dapat didaftarkan dan mendapat perhatian dari pemda setempat. Terkait budidaya serta pengendalian HPT tanaman jeruk, dukungan inovasi dari BPTP Balitbangtan Bengkulu sangat diharapkan. Beberapa karakterisasi tahap awal yang dilakukan pada tanaman jeruk ini diantaranya tinggi tanaman, lingkar batang, warna batang, dan warna daun. Untuk selanjutnya, Tim membawa beberapa contoh sampel daun, batang dan buah jeruk untuk dilakukan identifikasi lebih lanjut.

Identifikasi dan karakterisasi tanaman jeruk tidak hanya sampai disini tim akan kembali pada pada fase pembungaan. Identifikasi dan karakterisasi tanaman lainnya juga akan dilakukan di Kabupaten Bengkulu Selatan seperti padi siung kancil dan cabai pelangi.