JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Pin It

Isu Sumberdaya Genetik (SDG) memang tengah menjadi trending topic untuk terus mengingatkan pentingnya pelestarian plasma nutfah asli Indonesia mendukung ketersediaan pangan.

Pelestarian SDG tanaman varietas lokal (varlok) menjadi tantangan tersendiri. Namun hal itu harus terus dilakukan, yaitu dalam bentuk kegiatan inventarisasi dan dokumentasi data, dilanjutkan dengan kegiatan koleksi dan konservasi (pemeliharaan) baik secara in situ (lekat lahan) maupun ex situ (koleksi di bank gen), agar keberadaan SDG tersebut terjaga dan lestari.

Melalui kegiatan Pemanfaatan SDG pada tahun 2019, BPTP Balitbangtan Bengkulu melaksanakan perbanyakan benih manggis yang menjadi salah satu SDG varlok Provinsi Bengkulu dari Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kerjabersama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Tengah, BPTP Bengkulu melaksanakan perbenihan manggis varietas PBT sebanyak 500 batang bertempat di Balai Benih Induk Hortikultura Talang Aling, di Desa Taba Lagan, Kecamatan Semidang Lagan. Saat ini, batang bawah tanaman manggis berumur kurang lebih 2 tahun dan terpelihara dengan baik.

Tim juga sudah mengambilan entres tanaman manggis PBT sebanyak 210 Batang dari Desa Penum milik petani/masyarakat setempat (Bapak Arfan) di Kecamatan Taba Penanjung dan batang entres dibawa ke BBI Talang Aling untuk diseleksi mata entres yang layak penyambungan. Perbanyakan benih dengan penyambungan akan terus dilanjutkan hingga tercapai target 500 batang benih manggis PBT.