JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Agenda Acara

Pin It

Dalam rangka mendukung Program Gerakan Petani Milenial yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia, BPTP Balitbangtan Bengkulu mendapat amanah untuk melaksanakan kegiatan Pendampingan Gerakan Petani Milenial dengan komoditas kopi dan cabai untuk Provinsi Bengkulu.

Bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kaur, Tim melakukan verifikasi dan identifikasi CPCL penerima fasilitas bantuan sarana produksi komoditas cabai di Kabupaten Kaur. Verifikasi dan identifikasi diawali dengan koordinasi ke Dinas Pertanian Kabupaten Kaur melalui Kepala Bidang (Kabid) Penyuluhan (Linda Miranda, ST) yang didampingi oleh Kasie Metode dan Informasi (Purnawirawan, SP).

Selanjutnya, tim melaksanakan verifikasi dan identifikasi CPCL secara maraton yang didampingi Kabid Penyuluhan dan masing-masing Petugas Pertanian Kecamatan (PPK) pada lima kelompok, lima desa, dan lima kecamatan.

Verifikasi dan identifikasi dilakukan dengan cara wawancara secara langsung kepada pengurus kelompok tani maupun anggota, serta verifikasi dokumen berupa KTP dan dokumen proposal kegiatan. Verifikasi dilaksanakan secara berurutan yaitu: 1) Kelompok Tani Tunas Muda, Desa Bangun Jiwa, Kecamatan Luas; 2) Kelompok Tani Tani Mulyo, Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Semidang Gumay; 3) KWT Air Kelam, Desa Aur Ringit, Kecamatan Tanjung Kemuning; 4) KWT Air Abang, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Kaur Utara; dan 5) KWT Harapan Mulyo I, Desa Pulau Panggung, Kecamatan Padang Guci Hilir.

Komponen yang diverifikasi yaitu umur berdasarkan kriteria utama petani milenial (19-39 tahun), nomor induk kependudukan, jumlah anggota, nama lengkap dan alamat berdasarkan KTP, luas lahan, jenis alat komunikasi yang digunakan, akun media sosial yang digunakan, dan mobile contact/nomor whatsapp.

Hasil verifikasi ini selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk menetapkan petani yang akan dilibatkan dalam kegiatan Pendampingan Gerakan Petani Milenial selanjutnya. Stay tune