JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Revolusi industri 4.0 dimaknai dengan perubahan perlakuan dan perilaku terhadap pemanfaatan teknologi. Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan) siap memasuki revolusi 4.0 untuk pengelolaan kearsipan dan Tata Persuratan.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro saat acara sosialisasi kearsipan dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di Aula Gedung F Kantor Kementan Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Sosialisasi ini bertujuan untuk mempersiapkan diri menghadapi teknologi yang pesat dalam menghadapi pengelolaan kearsipan di masa yang akan datang. Acara dihadiri oleh Kepala Biro Perencanaan, Data dan informasi, Kepala Biro Hukum, Kapus PPT dan Perizinan, Kepala Biro Umum dan Pengadaan, Dirjen Hortikultura, Pejabat Eselon 3, Pejabat Eselon 4, salah satunya Kasubbag Tata Usaha BPTP Balitbangtan Bengkulu (Wahyuni Amelia Wulandari, S.Pt, M.Si), serta Petugas Pengelola Arsip Kementerian Pertanian.

Pada kesempatan itu disampaikan Pedoman dalam pengelolaan kearsipan yang meliputi Tata naskah dinas, Klarifikasi arsip, Jadwal retensi arsip, serta Klasifikasi keamanan dan akses kearsipan. Beberapa materi yang disampaikan, antara lain (1) Kebijakan kearsipan nasional dalam menyongsong era Revolusi Industri 4.0, (2) Kearsipan sebagai indikator penilaian RB, (3) Peran arsip dalam keterbukaan informasi publik, (4) Potensi Data dan Informasi dalam era Revolusi Industri 4.0, dan (5) Kearsipan dalam Revolusi Industri 4.0.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan; a) Arsip in aktif dari Balai Benih dan Ditjen PKH ke sekjen sebagai unit kearsipan 2 Kementan, b) Penyerahan arsip Statis unit kearsipan I Kementan kepada Lembaga Arsip Nasional RI, c) Lauching aplikasi Tata Naskah Dinas Elektronik Kementan.

Hasil monev dari Kearsipan Nasioal RI, pada tahun 2018 Kementerian Pertanian RI mendapatkan penghargaan peringkat ke 5 dari 34 Kementerian yang di tahun sebelumnya peringkat ke 14. Dengan meningkatkan peringkat kearsipan, Kementan ditunjuk menjadi salah satu Pilot Project Kearsipan bagi Kementerian dan Lembaga lainnya.