JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Selasa (6/11/2018), di aula Raflesia BPTP Balitbangtan Bengkulu, dilaksanakan Focus Group Discussion Sinkronisasi materi hasil litkaji dan programa penyuluhan. FGD ini dihadiri oleh 55 orang peserta yang terdiri dari Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian seluruh Kabupaten/kota se-provinsi Bengkulu, UPTD Pelatihan dan Penyuluhan, PT. Pertani, PT. Pusri, BRI, PERHIPTANI, HKTI, KTNA, dan Penyuluh BPTP Bengkulu.

Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha (Wahyuni Amelia Wulandari, S.Pt. M.Si) saat membuka acara menyampaikan tujuan pelaksanaan FGD adalah untuk (1) menyelaraskan hasil litkaji dari Balitbangtan dengan rencana program pembangunan pertanian yang tertuang dalam Programa Penyuluhan Pertanian di tingkat Provinsi, (2) mengidentifikasi kebutuhan teknologi yang diharapkan oleh pengguna di daerah yang selanjutnya diusulkan menjadi matrik sinkronisasi hasil litkaji dengan programa penyuluhan untuk mendukung pembangunan pertanian di Provinsi Bengkulu, dan (3) mendapatkan umpan balik inovasi spesifik lokasi untuk perbaikan teknologi dan sebagai input untuk kegiatan litkaji berikutnya.

Materi yang disampaikan meliputi "Program pembangunan pertanian" dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu, dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, dan materi "Teknologi hasil litkaji BPTP Balitbangtan Bengkulu dan Kegiatan litkaji dan diseminasi tahun 2019" dari BPTP Balitbangtan Bengkulu. Dalam materi tersebut BPTP Balitbangtan Bengkulu menyampaikan beberapa inovasi teknologi pertanian Agroinovasi Balitbangtan Kementanyang telah dikaji dan didiseminasikan melalui kegiatan litkaji dan diseminasi BPTP Balitbangtan Bengkulu.

FGD tersebut juga membahas tentang program dan fokus kegiatan dari 10 kabupaten/kota, permasalahannya serta teknologi yg dibutuhkan. Dari FGD ini diperoleh output berupa matrik kebutuhan teknologi pertanian dari pengguna di daerah serta matriks sinkronisasi teknologi hasil litkaji Balitbangtan dengan Programa penyuluhan dan materi penyuluhan