JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

 

Benih padi bersertifikat dari varietas unggul sangat diperlukan karena potensial untuk meningkatkan produktivitas usaha tani. Pemilihan varietas yang tepat akan meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani. Penggunaan benih bermutu dapat mengurangi jumlah pemakaian benih dan tanam ulang serta memiliki daya kecambah dan tumbuh yang tinggi dan seragam.

Tujuan benih disertifikasi antara lain (a) untuk menjaga kemurnian genetik dari varietas yang dihasilkan oleh pemulia, (b) mendapatkan benih bermutu dari varietas unggul sesuai standar mutu, (c) tersedianya benih unggul bermutu secara berkesinambungan pada produsen.

Selain itu, benih padi varietas unggul umumnya dirakit untuk memiliki sifat-sifat menguntungkan, antara lain daya hasil tinggi, tahan hama penyakit, umur panen singkat, mutu dan produksi hasil panen sesuai dengan keinginan konsumen.

Lebih dari 250 varietas telah dilepas oleh @Agroinovasi Balitbangtan Kementan. Pada tahun 2018, melalui Unit Pengelola Benih Sumber, @BPTP Balitbangtan Bengkulu memiliki mandat untuk memproduksi benih padi VUB sebanyak 7 ton dengan kelas Benih Sebar (Extention Seed/ES). Tahapan proses sertifikasi dimulai sejak pemilihan lokasi penangkaran, penyiapan benih, penyiapan lahan, persemaian, pemeliharaan tanaman, roguing, panen dan pascapanen, prosesing benih, pengujian laboratorium, pelabelan dan pengemasan.

Selama bulan Oktober 2018 ini, tahapan yang sedang dilakukan di UPBS BPTP Balitbangtan Bengkulu adalah prosesing benih yang meliputi penjemuran, pembersihan benih (seed cleaning), dan uji mutu calon benih di laboratorium.