JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Kemarin, tepatnya Kamis (4/10/2018) diiringi dengan turunnya hujan, BPTP Balitbangtan Bengkulu beserta petani tetap semangat melakukan Tanam Bersama sebagai tanda inovasi teknologi Largo Super mulai diterapkan pada lahan petani. Lahan seluas 3 ha tersebut berada di Kelompok Tani Sungai Suci di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Turut hadir dalam acara tanam bersama tersebut, Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu, Kabid Program dan Evaluasi BBP2TP, Kabid KSPHP BBP2TP, Tim UPSUS BPTP Balitbangtan Bengkulu, Dinas Pertanian Kab. Bengkulu Tengah yang diwakili oleh Petugas Penyuluh Kecamatan (PPK), Ketua dan anggota Kelompok Tani Sungai Suci.

Komponen teknologi Largo Super yang diterapkan pada lokasi display, antara lain (1) Jarak tanam sistem larikan Legowo 2:1, 20 cm antara baris dan 40 cm legowo, sedangkan dalam baris tanaman kerapatan tanaman teratur antara 5-10 cm, (2) VUB padi varietas Inpago 8, (3) Penggunaan pupuk hayati untuk perlakuan benih dan pemupukan berimbang untuk lahan kering masam dengan status hara sedang, per hektar lahan membutuhkan 200 kg urea, 150 kg SP-36, 100 kg KCl. Kebutuhan Urea dikawal setiap 10 hari dengan Bagan Warna Daun (BWD), (4) Pengendalian OPT secara terpadu menggunakan lampu perangkap, Feromon (Fero-PBPK), dan Bioprotektor. (5) Penggunaan alsintan; pengolahan tanah menggunakan rotary dengan traktor roda 4.

Pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima saprodi untuk kegiatan display Tumpangsari berupa benih padi varietas Inpago 8, benih jagung Bima URI 19 dan benih kedelai yang akan dilaksanakan pada blok lahan lainnya milik kelompok tani yang sama. Hujan yang turun pada hari itu semoga menjadi pertanda penerapan inovasi teknologi Largo Super ini lancar dan tanaman padi tumbuh subur.