JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Green Super Rice (GSR) adalah padi yang tetap mampu berdaya hasil tinggi baik pada kondisi optimum maupun pada kondisi terbatas, misalkan air atau hara terbatas. Istilah "Super", menekankan pada kemampuannya memberikan hasil panen tinggi. Sedangkan istilah "Green" menekankan pada kemampuannya untuk berdaya hasil tinggi meskipun pada kondisi input usahatani yang relatif rendah.

Varietas Inpari 42 yang dilepas pada tahun 2016 merupakan hasil inovasi Balai Besar Penelitian Tanaman Padi Badan Litbang Pertanian, memiliki deskripsi sebagai berikut; umur tanaman 112 hari, bentuk tegak, tinggi 93 cm, daun bendera tegak, bentuk gabah ramping, warna kuning jerami, mudah rontok, tahan rebah, nasinya pulen dengan kadar amilosa 18,84%. Potensi hasil 10,58 t/ha dan rata-rata hasil 7,11 t/ha.

Jika dilihat ketahanannya terhadap hama penyakit, varietas Inpari 42 agak tahan terhadap hama wereng batang coklat biotipe 1 dan ada yang rentan terhadap biotipe 2 dan 3. Pada fase generatif agak tahan terhadap hawar daun bakteri patotipe III, rentan strain IV, dan agak rentan stain VIII, tahan terhadap penyakit blas daun ras 073, agak tahan terhadap ras 033 dan rentan terhadap ras 133 dan 173, rentan terhadap virus tungro varian 033 dan 073. Varietas ini dianjurkan tanam pada lahan sawah dengan ketinggian 0-600 m DPL.

Info lengkap klik link di sini http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/index.php/varietas/inbrida-padi-sawah-irigasi-inpari/content/item/513-inpari-42-agritan-gsr