JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

 

Kedelai termasuk salah satu komoditas strategis @Kementerian Pertanian Republik Indonesia yang ingin terus ditingkatkan produksinya. Melalui kegiatan Kerjasama Penelitian Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Strategis (KP4S) pada Tahun 2018, BPTP Balitbangtan Bengkulu melaksanakan Kajian Teknologi Budidaya Kedelai pada Gawangan Tanaman Karet Belum Menghasilkan di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan paket teknologi integrasi tanaman kedelai dan karet TBM serta menganalisis kelayakan teknik dan ekonomi dari penerapan teknologi tersebut bekerjasama dengan Kelompok Tani Seruni di Desa Kali dan Desa Gardu Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Kegiatan melibatkan 2 orang petani kooperator dengan total luas lahan 4 ha. Teknologi yang yang dikaji yaitu penggunaan benih unggul (Anjasmoro dan Dena 1), aplikasi pupuk berimbang berdasarkan rekomendasi menggunakan perangkat uji tanah sawah (PUTS) dan rekomendasi berdasarkan Kalender Tanam (KATAM) Terpadu Level Kecamatan Arma Jaya, serta perlakuan olah tanah dengan olah tanah sempurna (OTS) dan tanpa olah tanah (TOT). Dena 1 merupakan salah satu varietas kedelai unggul tahan naungan dengan toleransi naungan hingga 50%, potensi hasil 2,9 ton/ha, rata-rata 1,7 ton/ha, umur panen 78 hari.

Pada hari Kamis (20/09/2018), telah dilakukan penanaman benih kedelai varietas Anjasmoro dan Dena 1 di lahan milik petani kooperator yang berada di Desa Gardu Kec. Arma Jaya Kab. Bengkulu Utara. Pada hari yang sama, Tim BPTP Balitbangtan Bengkulu juga melakukan pengamatan pertumbuhan tanaman kedelai yang berada di lahan petani kooperator lainnya di Desa Kali Kec. Arma Jaya Kab. Bengkulu Utara. Tanaman kedelai tersebut saat ini betumur 15 hst, menunjukkan pertumbuhan yang sangat baik, tinggi tanaman rata-rata 8-10 cm dan tidak ada gejala serangan organisme pengganggu tanaman.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat diperoleh paket teknologi budidaya kedelai di gawangan tanaman karet TBM yang sekaligus dapat meningkatkan produksi kedelai dan pendapatan petani