JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

 

Siang ini tersaji kue nastar beraroma mentega dan telur yang wangi khas cookies. Tak ada jejak aroma amis telur meskipun memakai olesan telur. Hasil panggangan juga merata kuning kecokelatan hingga ke bagian bawah. Ada juga brownies yang nyoklaaat banget, lembut, lumer dan legit di lidah....mmmm.... yummy!!! Kudapan ini dipastikan tidak akan bertahan lama, alias laris dilahap siapa saja yang mencicipinya.

Kudapan itu adalah hasil karya ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Pengolahan Pangan peserta Penyuluhan Pangan Alternatif Kota Bengkulu Tahun 2018 yang dipandu oleh Tim BPTP Balitbangtan Bengkulu (Dr. Shannora Yuliasari, S.TP, M.P dan Lina Ivanti, S.TP). Melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu pada hari Senin (17/09/2018) ini BPTP Balitbangtan Bengkulu mendiseminasikan Inovasi Teknologi Pengolahan serta Teknik Pengemasan Pangan Alternatif di hadapan 40 orang anggota KWT se-Kota Bengkulu.

Inovasi teknologi yang dipraktekkan adalah teknologi pengolahan tepung mocaf. MOCAF (Modified Cassava Flour) adalah tepung ubi kayu atau singkong yang diolah melalui proses fermentasi dengan bantuan mikroorganisme. Teknologi pengolahan tepung mocaf merupakan inovasi Badan Litbang Pertanian yang dapat menjadi sumber pangan alternatif potensial dalam meningkatkan nilai tambah komoditas pangan lokal. Pengolahan ubi kayu menjadi tepung mocaf akan memperluas pemanfaatan ubi kayu menjadi beragam produk olahan.

Melalui kegiatan penyuluhan dan praktek ini diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan pangan lokal dan sekaligus mengembangkan potensi keberagaman bahan pangan ditengah-tengah masyarakat sehingga dapat digunakan sebagai sumber pangan untuk keberagaman konsumsi keluarga. Manfaat akhir yang ingin dicapai diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi komoditas pangan lokal dan dapat berkembang menjadi sumber penghasilan rumah tangga yang mampu meningkatkan pendapatan keluarga.

Bersama Agroinovasi Balitbangtan Kementan dan BBPengkajian Balitbangtan, BPTP Balitbangtan Bengkulu senantiasa hadir mendampingi masyarakat dalam pemanfaatan sumberdaya lokal sebagai sumber pangan alternatif.