JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Kepahiang, Kamis(31/05/2018) dalam rangka pendampingan UPSUS SIWAB ( Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting), BPTP Balitbangtan Bengkulu telah melaksanakan Bimbingan Teknis Pembuatan Mineral Blok untuk Ternak Sapi, bertempat di Poskeswan Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, kegiatan ini dihadiri oleh 35 orang peserta yang terdiri dari petugas IB, PKB, ATR dan peternak sapi.

Pada acara tersebut disampakan secara Teori dan praktek materi teknologi pembuatan mineral block untuk ternak sapi oleh Zul Efendi, S.Pt dan Harwi Kusnadi, S.Pt., M.Si tim selaku peneliti BPTP Balitbangtan bengkulu. Para peserta sangat antusias mengikuti acara tersebut dan memberikan respon positif. Pada kesempatan tersebut para peserta juga menyampaikan terimakasih atas dilaksanakan acara tesebut, yang sangat bermanfaat untuk para peternak. ungkap Suhardi S selaku Kepala Puskeswan Kabawetan dalam sambutannya.

Seperti yang telah kita ketahui bersama  Mineral block merupakan pakan berbentuk padat yang menjadi sumber mineral dan berguna untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan jaringan otot serta reproduksi ternak sapi. Mineral ini dibutuhkan ternak agar ternak  terhindar dari defisiensi mineral yang dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh, kemandulan, keguguran dan kelumpuhan. Selain bahan-bahannya yang tersedia dipasaran, peralatan yg digunakan serta cara pembuatan mineral block cukup sederhana. Dengan komposisi garam 40%, mineral 20-25%, kapur 20%, semen 15-20%, serta air secukupnya

Melalui bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan peternak serta meningkatkan keterampilannya dalam membuat bahan pakan yang selanjutnya dapat diaplikasikan kepada ternaknya.