JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Turut andil menjalankan program Perbenihan Nasional tahun 2018 yang telah dicanangkan oleh Menteri Pertanian Dr. Andi Amran Sulaiman, BPTP Balitbangtan Bengkulu mendapatkan amanah untuk menghasilkan benih unggul karet bersertifikat. Kegiatan produksi benih sebar karet dimulai dari penyiapan batang bawah melalui kegiatan APBN-P TA 2017 serta dilanjutkan dengan okulasi dan sertifikasi pada Tahun 2018 dengan target output 1.250 batang. Kegiatan produksi benih bekerjasama dengan petani kooperator di Desa Sari Mulyo Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma dan proses sertifikasi melibatkan Balai Pengawasan dan Pengujian Mutu Benih (BP2MB) Provinsi Bengkulu.

Klon yang digunakan adalah PB 260 yang sesuai kondisi agroklimat Bengkulu.  Okulasi lanjutan akan dilakukan akhir bulan Juni 2018 yang juga menggunakan entres klon PB 260. Sebagai upaya penyebaran inovasi maka pada pelaksanaan okulasi nantinya melibatkan petani karet dan berkolaborasi dengan kegiatan Pendampingan Pengembangan Kawasan Komoditas Strategis Nasional yang juga dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Bengkulu.

Penggunaan klon unggul dan pengelolaan yang optimal yang diawali dengan pengelolaan di pembibitan diharapkan dapat meningkatkan produksi dan mutu karet rakyat dalam jangka panjang.