JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Pemanfaatan limbah perkebunan berupa kulit kopi dengan menggunakan teknologi fermentasi telah dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Bengkulu. Kegiatan ini dilakukan di kelompok tani Tunas Muda Desa Tangsi Duren Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, pada Selasa (22/05/2018). Tujuan pembuatan pakan dengan menggunakan teknologi fermentasi adalah untuk mengatasi masalah kekurangan hijauan, meningkatkan kandungan nutrisi pakan dan memperpanjang masa simpan pakan.

Berkat bimbingan peneliti dan penyuluh BPTP Balitbangtan Bengkulu proses fermentasi pakan berjalan dengan baik yang dapat dilihat dari warna pakan coklat kehitam hitaman, bau yang harum (seperti bau tape) dan tekstur lebih lembut.

Untuk membiasakan ternak dilakukan adaptasi (Preelim) selama 1-2 minggu tergantung kondisi ternak.

Peneliti BPTP Balitbangtan Bengkulu Wahyuni Amelia Wulandari, S.Pt, M.Si dan Erpan Ramon, S.Pt, telah melakukan uji coba pakan fermentasi kulit kopi ke ternak sapi potong (bali) yang dapat meningkatkan bobot badan harian 0,45 Kg/hari. Harapannya  pakan alternatif fermentasi kulit kopi mampu mendongkrak peningkatan swasembada daging di Provinsi Bengkulu.