JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Bertempat di BB Biogen telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Genetik (Konsorsium SDG Lokal) lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (1-2/02/2018). Pertemuan ini dihadiri Penanggung Jawab Kegiatan Pengelolaan SDG lokal seluruh Provinsi dari 33 BPTP dan 1 LPTP serta undangan yang terdiri dari Kepala Pusat Penelitian, Kepala Balai Besar, peneliti lingkup BB Biogen dan BBP2TP. Pertemuan ini bertujuan untuk menyelaraskan kegiatan identifikasi, karakterisasi, pendaftaran varietas lokal, pemeliharaan/konservasi SDG dan pelepasan varietas lokal. Pada kegiatan kali ini juga dibahas mengenai analisa marka molekuler yang meliputi analisa allele mining (tanaman padi) dan sidik jari DNA varietas lokal (durian).

Acara dibuka oleh Kepala Balitbangtan, Dr. M. Syakir, dalam arahannya, menyampaikan potensi keanekaragaman SDG yang dimiliki Indonesia dapat dikembangkan melalui teknologi perbanyakan agar memiliki nilai ekonomi  tinggi untuk peningkatan kemakmuran masyarakat. Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA, juga memaparkan tentang peran BPTP dalam pengelolaan SDG dan pemanfaatannya di Daerah. Peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam pemeliharaan/konservasi SDG sangat diperlukan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh beberapa narasumber dengan materi sebagai berikut:

  • Konservasi SDG dan pemanfaatannya untuk pemuliaan (Ka. BB Biogen)
  • Peran BPTP dalam pengelolaan SDG dan pemuliannya di daerah (Ka. BBP2TP)
  • Pendaftaran dan Perlindungan Varietas Tanaman (Ka. PPVTPP)
  • Aplikasi Marka Molekular Gen-Gen Pengendali Karakter Mutu pada SDG Lokal Tanaman Tahunan (Dr, Agung Karuniawan – Faperta Unpad)
  • Analisis sidik jari dan Allele Mining SDG lokal tanaman pangan (Dr. Dwinita Wikan Utami- BB Biogen)
  • Sosialisasi Penerapan Digital Object Identifier (DOI) untuk Pengelolaan SDG Padi (Hakim Kurniawan,MP-BB Biogen)

Pada hari kedua, pelaksanaan kegiatan dilanjutkan dengan panduan dan pendampingan penyesuaian proposal SDG tahun 2018 oleh tim monev SDG BB Biogen dan BBP2TP dan konsolidasi kegiatan antara BBP2TP dengan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian  (PPVTPP) mengenai pendaftaran varietas lokal yang dimiliki oleh masing-masih wilayah kerja.