JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
fShare
0

Mengawali kegiatan litkaji dan diseminasi TA 2018, BPTP Balitbangtan Bengkulu Lakukan koordinasi pada selasa (6/2/2018) dengan Dinas Pertanian dan Perikanan Kab Rejang Lebong. bertujuan untuk mengkomunikasikan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Kab Rejang Lebong pada tahun 2018, antara lain (1) Keg Kajian Adaptasi Teknologi Proliga Bawang Merah, (2) Kaji Terap Inovasi Pertanian, (3) Model Sistem Pertanian Bioindustri Berbasis Tanaman Ternak, (4) UPSUS. Pada kesempatan tersebut, tim BPTP Balitbangtan Bengkulu berdiskusi langsung dengan Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kab. Rejang Lebong, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikuktura, Kabid Perkebunan dan Kabid Peternakan.

Dinas Pertanian Kabupaten Rejang Lebong yang diwakili oleh Kepala dinasnya memberikan respon sangat baik terhadap kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BPTP Bengkulu di Kab Rejang Lebong. Beberapa  responnya antara lain;

- untuk kegiatan bawang merah, Kab. Rejang Lebong mendapat 20 Ha untuk pengembangan bawang merah, namun sampai saat ini belum diperoleh informasi varietas yang akan dikembangkan. Semoga varietas bawang merah yang telah diintroduksikan pada tahun 2017 (Batu ijo dan Maja Cipanas) dapat terus dibudidayakan oleh petani.

- Kegiatan pengkajian yang akan dilakukan pada tahun 2018 yaitu budidaya bawang merah berasal dari biji (TSS) diharapkan dapat berhasil dan berkembang dengan baik di Kab. Rejang Lebong yang akan mengembangkan budidaya bawang merah

- Kegiatan model sistem pertanian bioindustri juga dirasakan sangat bermanfaat untuk pembinaan petani kopi dan peternak yang ada di Desa Air Meles Kec. Curup Timur.

- Kegiatan Kaji Terap Inovasi Pertanian yang diutamakan untuk pendampingan Petugas penyuluh di BPP juga merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan untuk pembinaan penyuluh di daerah. Koordinator Penyuluh di BPP Air Duku kecamatan Selupu Rejang menyampaikan bahwa mereka telah mengusulkan kepada Dinas Pertanian mengenai kebutuhan narasumber dari BPTP Bengkulu untuk memberikan pelatihan kepada penyuluh.

- untuk kegiatan UPSUS, Dinas Pertanian akan menunjuk petugas khusus untuk membantu pengumpulan data dari BPP yang ada di Kab Rejang Lebong, meliputi data Gerakan pengendalian OPT dan data Gerakan panen.

Pada kesempatan itu disampaikan juga pada tahun 2018 ini BPTP Balitbangtan Bengkulu akan mendistribusikan benih sebar jeruk RGL dan kopi robusta ke Kab  Rejang Lebong. Untuk itu mohon bantuan Dinas untuk penentuan CPCL nya. 

Kegiatan lain yang akan dilaksanakan di Kab Rejang Lebong adalah Sumberdaya Genetik yang terkonservasi dan terdokumentasi. Komoditas yang akan dikarakterisasi pada tahun ini adalah Tanaman hias anggrek, mawar, sri rejeki dan dahlia.

Kegiatan koordinasi tersebut dilanjutkan ke BPP Air Duku Kec. Selupu Rejang, dan survey calon lokasi dan calon petani di Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang, sekaligus memantau  perkembangan tanaman bawang merah varietas Batu Ijo dan Maja Cipanas yang masih terus dikembangkan oleh petani.