JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Info Aktual

"Kongres SDG Ke VII" Pisang Ambon Curup Juarai Kontes Banana Genetic Diversity Fair

Kongres SDG VII yang dilaksanakan pada 14 Agustus 2018 di Ruang Rapat Mikrobiologi, Balai Besar Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik (BB Biogen) Bogor dengan tema Sumber Daya Genetik untuk Mendukung Pembangunan Pertanian Berkelanjutan dihadiri oleh Kepala BPTP dan Penanggung Jawab Kegiatan SDG, Komda SDG seluruh Indonesia, Perguruan Tinggi, Dinas Pertanian, Bappeda dan Petani Pelestari. Acara dibuka dengan laporan dari Sekretaris Komnas SDG yang juga merupakan Kepala BB Biogen. Dalam laporannya Ir. Mastur, M.Si, PhD menyampaikan bahwa Indonesia merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya genetik yang perlu dilestarikan dan hingga saat ini  telah dikoleksi sebanyak 12.000 plasma nutfa di Bank Gen BB Biogen. Dalam acara Kongres ini juga dilaksanakan penandatanganan kerjasama antara BB Biogen dengan Kabupaten Rejang Lebong dan BER Cipelang mengenai kerjasama penelitian dan pengembangan bioteknologi.


Pada KONGRES SDG VII kali ini disampaikan materi dari beberapa narasumber yang berasal dari Staf Ahli Komite II DPD RI, Direktorat Pangan dan Pertanian Bappenas, Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, PT.Sido Muncul dan LIPI. KONGRES SDG VII kali ini juga dihadiri Oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia, Dr.Andi Amran Sulaiman. Dalam Sambutannya, Menteri Pertanian RI menyampaikan bahwa  SDG merupakan komponen utama dalam pembangunan pertanian untuk mewujudkan keamanan, kemandirian, dan kedaulatan pangan. Persaingan terberat dimasa yang akan datang adalah pangan, oleh sebab itu Pemerintah harus memberikan perhatian serius terhadap SDG yang ada di Indonesia.


Dalam kesempatan yang sama juga diberikan penganugerahan Pelestari SDG Pertanian dan Pemenang Lomba Banana G-Difa oleh Ketua Komnas SDG/Kepala Balitbangta , Dr. Ir.Muhammad Syakir, M.S. Pada kesempatan ini, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menjadi juara pertama Banana Genetic Diversity Fair dengan menampilkan Pisang Curup Hj. Kuning. Pada akhir acara dilaksanakan Laporan dan Koordinasi Komnas dan Komda SDG seluruh Indonesia. Kongres SDG selanjutnya akan dilaksanakan pada tahun 2020, yang sudah menawarkan diri jadi tuan rumah adalah dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan rencana lokasi pelaksanaan di pulau Komodo.