JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Pelajari Tanaman Pekarangan, Dharma Wanita Kunjungi Tagrimart
  Setelah beberapa waktu lalu, Taman Agroinovasi Mart (Tagrimart) @BPTP Balitbangtan Bengkulu menjadi destinasi kunjungan agroeduwisata bagi dunia pendidikan, kali ini Tagrimart BPTP Balitbangtan Bengkulu semakin terasa spesial setelah mendapat kunjungan dari Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Senin (15/10/2018). Kunjungan tersebut dalam rangka mempelajari aneka tanaman pekarangan yang meliputi tanaman obat dan sayuran koleksi Tagrimart BPTP Balitbangtan Bengkulu. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk mendapatkan referensi dalam membangun kebun milik DWP yang berada di sekitar kantor DWP.Kunjungan ini tentu saja disambut baik oleh Tim Tagrimart BPTP Balitbangtan Bengkulu yang diwakili oleh Jhon Firison, S.Pt dan Robiyanto, S.Pt. Beberapa spot yang dikunjungi antara lain koleksi tanaman obat, tanaman sayuran dan persemaian tanaman di Kebun Bibit Induk (KBI). Tim menjelaskan seluruh koleksi Tagrimart dan cara merawat tanaman tersebut.Tidak lupa Tim Tagrimart BPTP Balitbangtan Bengkulu juga memberi motivasi bahwa budidaya tanaman obat dan sayuran tersebut juga dapat diterapkan di lahan pekarangan rumah. Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga. Jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang bisa memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga.Terpancar aura senang dan puas dari raut wajah Ibu-ibu peserta kunjungan. Pada akhir kunjungan tidak lupa mereka membeli beberapa bibit tanaman, diantaranya benih tanaman kencur, jahe, kunyit, dan beberapa tanaman sayuran dan buah seperti terung, cabai dan pepaya merah delima.
Inovasi Teknologi LARGO SUPER dan TURIMAN Mulai Diterapkan Di Bengkulu
Tak hanya percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) padi jagung kedelai yang menjadi target output utama, tetapi juga pendampingan dan transfer inovasi teknologi pertanian turut menjadi fokus kegiatan Upaya Khusus Padi Jagung Kedelai (UPSUS PAJALE) BPTP Balitbangtan Bengkulu. Inovasi teknologi Balitbangtan Kementan yang diintroduksikan kepada petugas penyuluh dan petani melalui kegiatan ini, antara lain Teknologi budidaya padi Larikan Gogo (Largo Super) dan Tumpangsari tanaman (TURIMAN) padi-jagung, padi-kedelai dan jagung-kedelai. Setelah beberapa waktu lalu melakukan tanam bersama padi gogo dengan teknologi Largo Super pada lahan seluas 3 ha di Kelompok Tani Sungai Suci di Desa Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah, Jumat (12/10/2018) Tim BPTP Balitbangtan Bengkulu kembali melakukan monitoring untuk memastikan komponen teknologi Largo Super diterapkan secara tepat oleh petani. Komponen teknologi Largo Super yang diterapkan pada lokasi display, antara lain (1) Jarak tanam sistem larikan gogo dengan jarak tanam [(20x5-10 cm) x 40 cm)],  (2) VUB padi varietas Inpago 8, (3) Pemupukan berimbang sesuai dengan rekomendasi Kalender Tanam Terpadu MH 2018/2019, serta aplikasi bahan amelioran (dolomit dan kompos), (4) Penggunaan alsintan; pengolahan tanah menggunakan rotary dengan traktor roda 4. Pada kesempatan itu Tim juga memastikan kegiatan TURIMAN akan segera dilaksanakan pada plot lainnya di lokasi yang sama seluas 3 ha. Senin (15/10/18) telah dilakukan beberapa tahapan penting antara lain pengukuran dan ploting lahan, pengambilan sampel tanah pada masing-masing-masing blok secara komposit, serta penjelasan teknis kegiatan TURIMAN kepada petani kooperator dan petugas lapang.
Benih Padi Bersertifikat Jaminan Mutu dan Kemurnian
  Benih padi bersertifikat dari varietas unggul sangat diperlukan karena potensial untuk meningkatkan produktivitas usaha tani. Pemilihan varietas yang tepat akan meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani. Penggunaan benih bermutu dapat mengurangi jumlah pemakaian benih dan tanam ulang serta memiliki daya kecambah dan tumbuh yang tinggi dan seragam.Tujuan benih disertifikasi antara lain (a) untuk menjaga kemurnian genetik dari varietas yang dihasilkan oleh pemulia, (b) mendapatkan benih bermutu dari varietas unggul sesuai standar mutu, (c) tersedianya benih unggul bermutu secara berkesinambungan pada produsen.Selain itu, benih padi varietas unggul umumnya dirakit untuk memiliki sifat-sifat menguntungkan, antara lain daya hasil tinggi, tahan hama penyakit, umur panen singkat, mutu dan produksi hasil panen sesuai dengan keinginan konsumen. Lebih dari 250 varietas telah dilepas oleh @Agroinovasi Balitbangtan Kementan. Pada tahun 2018, melalui Unit Pengelola Benih Sumber, @BPTP Balitbangtan Bengkulu memiliki mandat untuk memproduksi benih padi VUB sebanyak 7 ton dengan kelas Benih Sebar (Extention Seed/ES). Tahapan proses sertifikasi dimulai sejak pemilihan lokasi penangkaran, penyiapan benih, penyiapan lahan, persemaian, pemeliharaan tanaman, roguing, panen dan pascapanen, prosesing benih, pengujian laboratorium, pelabelan dan pengemasan.Selama bulan Oktober 2018 ini, tahapan yang sedang dilakukan di UPBS BPTP Balitbangtan Bengkulu adalah prosesing benih yang meliputi penjemuran, pembersihan benih (seed cleaning), dan uji mutu calon benih di laboratorium.

Berita Upsus

Info Teknologi

SDM Profesional

Rahmat Oktavia, SP.
26 Mar 2018 08:41 - Administrator

    Data Personal   Nama : Rahmat Oktafia, SP Tempat/Tgl Lahir : Bengkulu/03 [ ... ]

Zul Efendi, S.Pt
28 Jul 2015 12:46 - AdministratorZul Efendi, S.Pt

Data Personal   Nama Zul Efendi, S.Pt Tempat/Tgl Lahir Air Manggis/27 Februari 1969  [ ... ]

Dr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si
21 Apr 2017 11:53 - AdministratorDr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si

Data Personal   Nama Dr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si
Tempat/Tgl Lahir Subang / 11 Juli [ ... ]

Alfayanti, SP
08 Aug 2015 03:50 - AdministratorAlfayanti, SP

Data Personal   Nama Alfayanti, SP Tempat/Tgl Lahir Curup/ 5 Maret 1983 Jenis K [ ... ]

SDM lainnya

Kunjungi Media Sosial Kami

Pengumuman Lelang

Benih Sumber

VARIETAS STOK PEMBELIAN
INPARI 32 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 33 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 40 BLM TERSEDIA PESAN
INPARA BLM TERSEDIA PESAN
INPAGO 8 BLM TERSEDIA PESAN

 

Buku Teknologi

Statistik Pengunjung

446568
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
635
2334
5261
422997
57044
65228
446568

2018-10-23 05:49