JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Harumnya Beras Sehat Aromatik, Produk Unggulan Bioindustri Padi-Sapi Seluma
Seluma, 19/ 04/ 2018, Beras sehat aromatik merupakan ikon produk andalan pertanian kabupaten seluma, Provinsi Bengkulu. Beras ini merupakan produk utama kegiatan Bioindustri Padi – Sapi yang telah dirintis sejak 4 tahun silam oleh BPTP Balitbangtan Bengkulu. Kegiatan tersebut berlokasi di Kelurahan Rimbo Kedui kecamatan Seluma Selatan, dikelola oleh Gapoktan Rimbo Jaya yang diketuai oleh Bapak Akral, begitu nama panggilan beliau yang  sudah lama bermitra dengan BPTP Balitbangtan Bengkulu. Seperti yang diungkapkan Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu Dr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si bahwa pertanian Bioindustri merupakan sistem pertanian terintegrasi yang menghasilkan suatu produk utama dengan didukung dengan produk sampingan hasil pengolahan limbah ternak sapi diantaranya kompos, biourin, biopestisida, kompos jerami padi, jerami fermantasi untuk pakan, sehingga tidak ada biomasa yang terbuang (Zero Waste) untuk mendukung pertanian berkelanjutan. Selain itu juga dilakukan introduksi varietas unggul padi aromatik (Sintanur) yang menurut petani dan konsumen memiliki tekstur pulen dan harum. Dalam proses budidaya padi aromatik ini, petani menerapkan sistem budidaya semi organik baik pengunaan pupuk dan pestisidanya. Pemanfaatkan pupuk organik kotoran sapi sebagai pupuk dasar serta pupuk cair dan biopertisida  yang dibuat dari urin sapi, sehingga menjadikan beras tersebut lebih sehat dan memiliki keunggulan lain di bandingkan beras biasa. Hal ini membuat Bupati Seluma Bundra Jaya menginginkan BPTP Balitbangtan Bengkulu mendampingi hal yang serupa untuk kecamatan lainnya ungkau beliau. Pemasaran beras ini telah merambah keluar kabupaten seluma, diantaranya ke kabupaten Bengkulu selatan, Rejang Lebong, Lebong dan Kota Bengkulu. Pemerintah Kabupaten Seluma dan BPTP Bengkulu secara masif mempromosikan produk ini dalam setiap even bersekala regional maupun nasional. Sampai saat ini tidak kurang dari 13 ton beras aromatik terjual setiap bulannya oleh berbagai mitra pemasaran. Semakin hari konsumen beras aromatik senantiasa terus meningkat, menandakan sebuah keberhasilan adopsi inovasi baik teknologi budidaya, pemasaran maupun pembinaan kelompok yang telah dilaksanakan oleh BPTP Balitbangtan Bengkulu bekerjasama dengan Dinas Pertanian setempat dan atas dukungan pemeritah daerah kabupaten Seluma.
Padu Padan Program Badan Litbang Pertanian
Padu Padan Program/Kegiatan Balitbangtan diikuti oleh 64 satuan kerja lingkup Balitbangtan ini dilaksanakan tanggal 16 s.d 18 April 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk memfokuskan perencanaan kegiatan tahun 2019.  Dalam arahan Ka Badan Litbang Pertanian Dr. Ir.M. Andi Syakir, M.S disampaikan bahwa kegiatan ke depan  harus fokus komoditas dan bidang masalah yang menjadi titik ungkit dalam peningkatan produktivitas dan nilai tambah.  Dalam pelaksanaannya  harus ada sinkronisasi dan  koordinasi antar UPT. Untuk kegiatan yang sifatnya sudah terapan, Balit harus berkoordinasi dengan BPTP dan sebaliknya. Selanjutnya disampsikan juga pèrlu adanya penatakelolaan  dan pemanfaatan Taman Teknologi Pertanian (TTP ) dan Taman sains Pertanian (TSP). Perencanaan program  kedepan harus top down berbasis buttom up. Baca Artikel Lainnya: 1. Rakor UPSUS Lebong Putuskan LTT ASEP di 3 Kecamatan 2. Rakor UPSUS Bengkulu, Putuskan Target LTT Padi ASEP 3. Produksi Benih Sebar Padi di Provinsi Bengkulu Mendukung Program Strategis Kementan Kegiatan buttom up antara lain 1) Kegiatan padi gogo seluas 100 Ha dengan fokus pada kegiatan peningkatan provitas 10 ton/ha; 2) Kegiatan  jagung seluas 200 ha dengan provitas 15 ton/ha, 3) Padi sawah  lahan rawa 200 ha dengan provitas 15 /ha. Terkait rencana pemerintah  menggabungkan Balitbang di beberapa Kementerian,  Badan Litbang Pertanian telah berupaya dengan berbagai upaya termasuk hadir dalam dengar pendapat dengan pansus di DPR dan pihak BAPPENAS. Balitbangtan akan menyampaikan data dan fakta tentang sumber daya yang dimiliki dan hasil yang telah dicapai sehingga diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam mempertahankan eksistensi Balitbangtan. Dalam hal pada akhirnya harus bergabung, Balitbangtan akan mengusulkan untuk menjadi lokomotif litbang yang berbasis pertanian.
BPTP Balitbangtan Bengkulu Daratkan Patbo Super di Seluma Bengkulu
Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian memperkenalkan teknologi Padi Aerob Terkendali dengan Penggunaan Bahan Organik (Patbo) Super untuk mendukung peningkatan indeks pertanaman (IP) pada lahan sawah tadah hujan. Komponen utama teknologi Patbo Super ini yaitu pengelolaan air dan penggunaan bahan organik yang dapat mengikat air. “Tanaman padi bukanlah tanaman air yang harus terus beri air sepanjang waktu, namun tetap membutuh air pada fase-fase tertentu” ungkap Kepala BPTP Balitbangtan Bengkulu Dr. Ir. Darkam Musaddad, M.Si Lebih lanjut beliau menjelaskan, bahwa kondisi kurang air akan mempercepat tumbuhnya gulma yang akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi. Solusi yang dapat diterapkan yaitu dengan menggunakan inovasi teknologi alat mesin power weeder untuk menyiang gulma yang berada di sela-sela tanaman padi. BPTP Balitbangtan Bengkulu telah melakukan uji coba terhadap teknologi power weeder ini dalam kegiatan Peningkatan IP padi pada lahan tadah hujan di Kabupaten Seluma. Teknologi Patbo super memiliki beberapa komponen yakni: 1.    Penggunaan VUB padi ampibi ada 14 varietas, diantaranya Situbagendit, Inpari 38, dan Inpari 392.    Manajemen air yakni pengaturan air mikro dengan memberikan air di lahan sawah sesuai dengan kebutuhan tanaman (fase pertumbuhan tanaman vegetatif sampai dengan generatif). Pengaturan air tingkat makro, dengan memanfaatkan potensi sumberdaya air yang tersedia (sungai, embung, dan-lain-lain.) seefisien mungkin untuk meningkatkan IP 3.    Penggunaan bahan organik in situ yaitu jerami padi dengan menggunakan dekomposer kemudian di gelebeg menggunakan traktor tangan, dan penggunaan pupuk hayati (Agrimeth) BACA JUGA ARTIKEL : - BPTP Balitbangtan Bengkulu Introduksikan Teknologi Peningkatan IP Padi dan Pola Tanam - Varietas Unggul Baru Dongkrak Produktivitas Padi di Bengkulu Utara - Berawal Dari Display, Kini Padi Aromatik Jadi Kebanggaan Orang Seluma 4.    Penggunaan alsinta untuk pengolahan tanah, tanam, pemeliharaan, dan panen 5.    Pengendalian gulma dengan menggunakan herbsida pra tumbuh yang selektif dan menggunakan alsintan penyiangan power weedePengunaan alat power wèeder dalam penyiangan padi sawah tadah hujan dengan teknologi Patbo dapat menghemat biaya, tenaga kerja dan  waktu. Aplikasi penggunaan mesin power weeder efektif pada lahan dengan kedalaman 15-20 cm. Hasil ujicoba yg telah dilakukan bahwa efìsiensi waktu dengan menggunakan mesin Power Weeder 4 jam/ha dengan 1 HOK dan biaya BBM sebesar Rp.720.000/ha. Sementara penyiangan  secara manual, tenaga yg dibutuhkan sebanyak 15 HOK/3.000 m2 selama 7 jam dengan upah RP. 60.000/ HOK. Sehingga biaya yg dikeluarkan untuk luasan 1 ha sebesar  Rp. 3.000.000. Dengan penerapan teknologi ini mampu menghemat biaya penyaiangan sebesar Rp. 2.280.000. (KD)

Berita Upsus

Info Teknologi

SDM Profesional

Andi Ishak, A.Pi, M.Si
22 Jun 2015 07:14 - Administrator

Data Personal   Nama Andi Ishak, A.Pi, M.Si Tempat/Tgl Lahir Tantui/ 21 Novermber 19 [ ... ]

Evi Silviyani, SST.
26 Mar 2018 08:36 - AdministratorEvi Silviyani, SST.

    Data Personal Nama : Evi Silviyani, SST. Tempat/Tgl Lahir : Cirebon, 27  [ ... ]

Engkos Kosmana
26 Mar 2018 08:23 - AdministratorEngkos Kosmana

    Data Personal Nama : Engkos Kosmana, SST. Tempat/Tgl Lahir : Ciamis, 1 J [ ... ]

Harwi Kusnadi, S.Pt, M.Sc
28 Jul 2015 12:46 - AdministratorHarwi Kusnadi, S.Pt, M.Sc

Data Personal   Nama Harwi Kusnadi, S.Pt, M.Sc Tempat/Tgl Lahir Sleman, 18 November  [ ... ]

SDM lainnya

Kunjungi Media Sosial Kami

Benih Sumber

VARIETAS STOK PEMBELIAN
INPARI 32 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 33 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 40 BLM TERSEDIA PESAN
INPARA BLM TERSEDIA PESAN
INPAGO 8 BLM TERSEDIA PESAN

 

Buku Teknologi

Statistik Pengunjung

071718
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
138
2096
8214
47899
55614
16104
71718

2018-04-26 00:51