JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
KAJIAN SUT JAGUNG HIBRIDA, DUKUNG PROGRAM SWASEMBADA BERKELANJUTAN
Bengkulu, Senin (4/06/2018)  dalam rangka mendukung usaha pencapaian swasembada jagung, BPTP Balitbangtan Bengkulu melaksanakan Pengkajian Sistem Usaha Tani (SUT) Jagung Hibrida, bertempat di Kelompok Tani Bina Karya Desa Sukaraja Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan areal seluas 7 ha dengan 11 petani kooperator.Pengkajian ini bertujuan untuk mendapatkan paket teknologi SUT jagung hibrida di lahan kering Provinsi Bengkulu, sehingga diperoleh paket teknologi SUT jagung hibrida spesifik lokasi. Komponen teknologi yang diterapkan antara lain: (1) penggunaan varietas unggul jagung hibrida Bima 19 URI , Nasa 29 dan NK 6172, (2) dosis pupuk spesifik lokasi berdasarkan rekomendasi Kalender Tanam (KATAM) level Kecamatan Seginim, dan (3) sistem tanam legowo. Perlakuan yang dikaji sebanyak 5 paket; paket 1 (varietas Bima 19 URI, tanpa BO), paket 2 (varietas Bima 19 URI + BO), paket 3 (varietas Nasa 29 tanpa BO), paket 4 (varietas Nasa 29 + BO), dan paket 5 (paket petani, varietas NK 6172). Saat ini tanaman jagung berumur 15 HST dan telah dilakukan pemupukan pertama. BPTP Balitbangtan Bengkulu telah melakukan pendampingan  pemupukan, dimulai dengan penyampaian materi tentang penjelasan teknis pemupukan, waktu pemberian pupuk, dosis pupuk serta praktek pemberian pupuk. Berbarengan dengan kegiatan tersebut, juga dilakukan distribusi pupuk ke petani kooperator. Untuk mengoptimalkan pendampingan, BPTP Balitbangtan Bengkulu bekerjasama dengan para penyuluh lapangan setempat dalam mendampingi petani kooperator. Dengan adanya kegiatan pengkajian ini diharapkan petani dapat mengadopsi inovasi teknologi dalam melaksanakan aktivitas usaha taninya sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan petani.
Peran Penting Generasi Muda Dalam Mempercepat Peningkatan Produksi Pertanian
Pada hari Rabu (30/05/2018) Menteri Pertanian Dr. Amran Sulaiman mengundang BEM dan ISMPI yang terdiri dari bersama 221 mahasiswa dari 58 perguruan tinggi se-Indonesia dan 3 Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian di Jakarta. Provinsi Bengkulu diwakili oleh BEM Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu dari Prodi Agroteknologi (Leonardo Dharmawangsa) dan dari Prodi Peternakan (Alven Syahril Muslim). Pertemuan ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan revolusi mental. Amran mengajak untuk membentuk group komunikasi melalui aplikasi media sosial. Melalui grup komunikasi itu, Kementan bersama mahasiswa akan berbagi informasi tentang kebijakan pertanian. Sehingga, apapun persoalan pertanian dapat dilaporkan langsung dan cepat diselesaikan. "Semua perwakilan teman-teman BEM, ISMPI  yang hadir silahkan bentuk group komunikasi medsos bersama humas Kementan. Saatnya pertanian terdepan karena kita ini negara agraris. Seluruh masalah pertanian silahkan laporkan dalam grup tersebut ada penyelewengan atau penyalahgunaan, silahkan laporkan,” ujarnya. Ia pun menegaskan akan menjawab pertanyaan dan menanggapi usulan para mahasiswa yang tergabung dalam grup komunikasi itu. “Silahkan anda bisa langsung berkontribusi melaporkan kondisi di lapangan sejauh mana kinerja. Semuanya akan saya jawab, group ini akan kami tuangkan dalam MoU bersama hari ini juga,” katanya. "Kementerian Pertanian melakukan revolusi mental dengan membangun sistem untuk percepatan peningkatan produksi. Target kami, Indonesia menjadi lumbung pangan dunia pada 2045. Peran generasi muda sangat dibutuhkan," kata  Amran Mahasiswa, imbuhnya, juga dibutuhkan untuk mengurai persoalan alih fungsi lahan, mengurangi kemiskinan, mengumpulkan data produksi yang akurat, hingga mengendalikan hama. Selain itu, mahasiswa sektor pertanian juga bertanggung jawab untuk perderasan informasi terkait kinerja pemerintah. Dengan demikian, masyarakat mengetahui kebijakan dan capaian pemerintah di sektor pertanian untuk mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. “Ada pun kebijakan dan capaian Kementan dalam 4 tahun berjalan pemerintahan Jokowi-JK di antaranya keberhasilan swasembada beras, bawang, dan cabai sejak 2016 hingga 2017. Jagung pun dari 2017 hingga saat ini belum ada impor. Hingga saat ini pun, telah menindak tegas staf Kementan yang melakukan penyalahgunaan wewenang,” katanya. Sekretaris Jenderal Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia, Hasbi Abdullah, mengapresiasi sejumlah capaian pemerintah di sektor pertanian. Karena itu, pertemuan ini memberikan manfaat yang besar bagi upaya menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. “Pemerintah agar mengoptimalkan lembaga-lembaga yang telah ada untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya bagaimana kementerian pertanian mampu mengembalikan identitas Indonesia sebagai negara agraris,” ujarnya.
HARAPAN MAKIN NYATA, PROLIGA MENUNJUKAN PERTUMBUHAN LUAR BIASA
Pada hari Kamis (31 Mei 2018) telah dilakukan pengamatan keragaan pertumbuhan tanaman bawang merah asal TSS dan umbi dalam rangka kegiatan Uji adaptasi teknologi proliga bawang merah di Provinsi Bengkulu. Seperti yang pernah dilaporkan sebelumnya, kegiatan yang berlokasi di Desa Sambirejo Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong ini melibatkan 5 orang petani kooperator dari Kelompok tani Lohjinawi dengan total luasan lahan 5.500 m2. Setiap petani menerapkan 5 paket teknologi. Parameter yang diamati meliputi tinggi tanaman, jumlah helai daun dan jumlah anakan. Pada saat pengamatan umur tanaman berkisar 12-27 hst. Saat pengamatan terlihat pertumbuhan tanaman bawang merah asal TSS dan umbi secara keseluruhan baik, 75% tanaman bawang merah asal TSS Bima sudah dapat beradaptasi dengan baik di pertanaman. Akan tetapi terdapat sekitar 5% tanaman bawang merah asal umbi bima terserang jamur, namun telah dikendalikan dengan penyemprotan fungisida.

Berita Upsus

Info Teknologi

SDM Profesional

Yahumri, SP
09 Jul 2015 13:36 - AdministratorYahumri, SP

Data Personal   Nama Yahumri, SP Tempat/Tgl Lahir Sebilo/15 Agustus 1979 Jenis  [ ... ]

Evi Silviyani, SST.
26 Mar 2018 08:36 - AdministratorEvi Silviyani, SST.

    Data Personal Nama : Evi Silviyani, SST. Tempat/Tgl Lahir : Cirebon, 27  [ ... ]

Andi Ishak, A.Pi, M.Si
22 Jun 2015 07:14 - Administrator

Data Personal   Nama Andi Ishak, A.Pi, M.Si Tempat/Tgl Lahir Tantui/ 21 Novermber 19 [ ... ]

Taupik Rahman, S.Si
09 Jul 2015 13:39 - AdministratorTaupik Rahman, S.Si

Data Personal   Nama Taupik Rahman, S.Si Tempat/Tgl Lahir   Jenis Kelamin Lak [ ... ]

SDM lainnya

Kunjungi Media Sosial Kami

Benih Sumber

VARIETAS STOK PEMBELIAN
INPARI 32 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 33 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 40 BLM TERSEDIA PESAN
INPARA BLM TERSEDIA PESAN
INPAGO 8 BLM TERSEDIA PESAN

 

Buku Teknologi

Statistik Pengunjung

196734
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1502
2513
1502
179875
50303
63607
196734

2018-06-24 12:08