JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Workshop Penyusunan LK Semester II Tingkat Eselon I Balitbangtan Tahun 2018
BOGOR - Kegiatan diselenggarakan di Lor In Hotel Sentul, Bogor pada tanggal 14-18 Januari 2019 yang diikuti oleh 250 orang peserta, terdiri dari Kabag. Umum, Kabag. Tata Usaha, Kasubag. Tata Usaha, semua operator Simak BMN dan Operator Saiba.Sekretaris Badan Litbang Pertanian (Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdy, M.Sc) saat membuka acara menyampaikan apresiasi yang luar biasa dari Menteri Pertanian terhadap BPTP sebagai pahlawan-pahlawan untuk opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) @Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada acara Rakernas.Kriteria WTP meliputi kepatuhan terhadap peraturan, Pengendalian internal dan Full disclousure.Beberapa poin penting yang disampaikan oleh Sekretaris Balitbangtan, antara lain;(1) BPTP mempunyai peran yang sangat penting untuk mewujudkan WTP karena tanpa ada BPTP maka Kementerian Pertanian akan sulit untuk WTP.(2) Koordinasi antar unit di tingkat satker utamanya koordinasi dengan tim program lebih ditingkatkan lagi agar perencanaan yang dibuat menjadi lebih baik lagi dan ini menjadi perhatian pimpinan di tingkat pusat. (3) Tahun ini kementan masih melaksanakan program strategis yaitu UPSUS PAJALE, UPSUS SIWAB,  OPAL/KRPL, BEKERJA dan SERASI. (4) Sampai saat ini masih ditemukan kelemahan di bidang organisasi sehingga perlu ada teamwork yang baik dengan staf. (5) Banyaknya permasalahan yang ada di lingkup TU sehingga harus diselesaikan dengan menentukan skala prioritas penyelesaian maka perlu upaya yang kuat untuk menyelesaikan masalah yang ada. (6) Syarat PPK harus memiliki sertifikat PBJ namun untuk sementara bisa tetap dijabat oleh pelaksana yang mempunyai sertifikat sambil menunggu pejabat struktural yang mempunyai sertifikat PBJ. Jika sampai batas 6 bulan masih belum ada pejabat struktural yang mempunyai sertifikat PBJ maka jabatan PPK dirangkap oleh Ka Balai. (7) Seluruh prosedur yang ada di satker harus dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku.(8) Kegiatan BEKERJA walaupun sudah tercantum di dalam  DIPA, pelaksanaannya masih harus ditunda sambil menunggu arahan lebih lanjut. (9) Dalam melaksanakan tugas harus dilaksanakan sesuai aturan dan selalu berkomunikasi utk mencari jln keluar yang baik. (10) PPSPM harus dijabat oleh Kasubag TU. (11) Dalam rangka penyusunan LK salah satu tugas adalah segera menyelesaikan TP/TGR. (12) Menyusun LK bukan tugas yang gampang sehingga jika kita mengikuti alur yang ada maka akan dapat dilakukan dengan baik.
Kesadaran Nasional Untuk Kerja Semakin Baik
Kamis (17/01/2019) BPTP Balitbangtan Bengkulu melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN), kegiatan ini dilakukan dengan khidmat dan diikuti oleh segenap karyawan.  Dalam arahannya sebagai inspektur upacara pertama di tahun 2019 ini , Kasie KSPP BPTP Balitbangtan Bengkulu (Dr. Rudi Hartono, S.P, MP) menyampaikan bahwa akan ada penambahan tupoksi BPTP yang baru selain yang terkait dengan penyiapan materi penyuluhan yakni mengawal dan mendampingi program strategis Kementerian Pertanian Republik Indonesia diantaranya BEKERJA (Berantas Kemiskinan Rakyat Sejahtera), SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani), OPAL (Obor Pangan Lestari) dan Petani Milenial. BPTP Balitbangtan Bengkulu dipercaya untuk mengawal dan mendampingi kegiatan OPAL dan Petani Milenial. Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan agar para Penanggung jawab kegiatan Tahun 2019 untuk dapat menyelesaikan Juknis/Juklak kegiatan sebelum memulai aktifitas di lapangan. Tim ULPBJ untuk segera mempercepat realisasi Belanja Modal. Selain itu, seluruh ASN juga harus menyelesaikan SKP hingga akhir Januari 2019. Semangat Kesadaran Nasional untuk kerja semakin baik.., MERDEKA..
Kaji Terap Mendongkrak Peluang Adopsi Teknologi
Setelah melakukan demplot Kaji Terap Tumpangsari jagung kedelai di Kec. Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2018, pada hari Selasa (15/1/2019), Tim BPTP Balitbangtan Bengkulu melakukan evaluasi peluang adopsi terhadap Inovasi teknologi tumpangsari jagung kedelai.Pertemuan yang dilaksanakan di Balai Desa Batu Layang Kec. Hulu Palik Kab. Bengkulu Utara ini dihadiri oleh para stakeholder seperti Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Utara, Kabid. Tanaman Pangan, Kabid Penyuluhan, Kepala BPP Hulu Palik dan Penyuluh Daerah dari 8 BPP yang ada di Kab. Bengkulu Utara. Hasil survey menunjukkan peluang adopsi teknologi budidaya jagung lebih tinggi dibandingkan budidaya kedelai, dan peluang adopsi tumpangsari jagung kedelai dikategorikan rendah-sedang. Peluang adopsi tidak hanya dipengaruhi oleh faktor teknis, tetapi juga sosial ekonomi petani.Untuk kedelai, masalah harga dan berbagai faktor pembatas dalam proses produksi, membuat petani mulai enggan untuk menanam kedelai dan beralih pada komoditas lain yang lebih menguntungkan.Saat ini tanaman jagung dan kedelai pada masa pertumbuhan optimal. Tanaman jagung varietas Bima 19 URI, Nada 29, dan Pioneer 23 rata-rata berumur 72 hst dan kedelai varietas Dena 1 berumur 84 hst. Tanaman kedelainya sudah menguning dan hampir panen.Respon penyuluh sangat baik terhadap metode penyuluhan Kaji terap ini. Melalui program UPSUS PAJALE Tahun 2019, rencananya Dinas TPHP Kab. Bengkulu Utara akan menerapkan budidaya tumpangsari jagung kedelai ini di sentra pengembangan jagung di Kab. Bengkulu Utara dan berharap BPTP Balitbangtan Bengkulu tetap mendampingi teknologinya.

Berita Upsus

Info Teknologi

SDM Profesional

Eko Kristanto, S.Pt
26 Mar 2018 08:49 - AdministratorEko Kristanto, S.Pt

    Data Personal   Nama : Eko Kristanto, S.Pt. Tempat/Tgl Lahir : Bengkulu/ [ ... ]

Engkos Kosmana
26 Mar 2018 08:23 - AdministratorEngkos Kosmana

    Data Personal Nama : Engkos Kosmana, SST. Tempat/Tgl Lahir : Ciamis, 1 J [ ... ]

Rahmat Oktavia, SP.
26 Mar 2018 08:41 - Administrator

    Data Personal   Nama : Rahmat Oktafia, SP Tempat/Tgl Lahir : Bengkulu/03 [ ... ]

Yesmawati, SP
10 May 2016 01:40 - AdministratorYesmawati, SP

Data Personal   Nama Yesmawati, SP Tempat/Tgl Lahir Muara Aman/12 September 1976  [ ... ]

SDM lainnya

Kunjungi Media Sosial Kami

Pengumuman Lelang

Pengumuman lelang Kendaraan roda dua dan empat di BPTP Balitbangtan Bengkulu

Benih Sumber

VARIETAS STOK PEMBELIAN
INPARI 32 HABIS PESAN
INPARI 33 HABIS PESAN
INPARI 42 HABIS PESAN
INPARA BLM TERSEDIA PESAN
INPAGO 8 BLM TERSEDIA PESAN

 Update: 07 Januari 2019

Buku Teknologi

Statistik Pengunjung

606789
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
744
1509
9424
583783
32297
48060
606789

2019-01-18 11:21