JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение
Temu Teknis Jabatan Fungsional non Peneliti Tingkatkan Kompetensi SDM Penyuluh Pertanian dan Teknisi Litkayasa
Temu Teknis Jabatan Fungsional non Peneliti telah dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 6 Juli 2018 di Ballroom Hotel UNY Yogyakarta. Kegiatan yang diselenggarakan oleh BBP2TP ini mengangkat tema "Peningkatan Kinerja Pejabat Fungsional non Peneliti Balitbangtan mendukung Percepatan Pencapaian Sasaran Strategis Kementerian Pertanian. Acara dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan Litbang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Kepegawaian (Ir.Wachid Bambang Gunawan,M.Si). Acara diikuti oleh 154 peserta yang terdiri dari 91 orang pemakalah diantaranya 35 orang Penyuluh, 41 orang Teknisi Litkayasa, 7 orang Pustakawan, 2 orang Arsiparis, 4 orang Analisis Kepegawaian, 2 orang Pranata Humas dan selebihnya 63 orang sebagai peserta. Hadir pula Kepala Subbidang Akreditas BPPT dan Dosen Fakultas Pertanian UGM.Makalah utama dipaparkan oleh Kepala Puspindiklat BBPT yang diwakili oleh SubBagian Akreditasi (M.Subekti) dengan tema "Prospek Jabatan Fungsional Teknisi Litkayasa Mendukung Pertanian Modern" dan Dosen Fakultas Pertanian UGM (Subejo, SP, M.Sc, PhD) dengan judul makalah "Penyuluh Era Kekinian". Presentasi makalah penunjang dibagi menjadi 4 kelompok. BPTP Bengkulu mengutus 3 orang fungsional penyuluhnya dengan 3 judul makalah penunjang.Peserta juga berkesempatan melakukan kunjungan lapang ke TTP Nglangeran Gunung Kidul dan PT. Karya Hidup Sentosa (KHS) yang merupakan perusahaan alat-alat pertanian terbesar di Indonesia. Pada acara penutupan diumumkan nominasi makalah dan poster terbaik berdasarkan penilaian dari tim evaluator untuk kategori jabatan fungsional penyuluh, teknisi litkayasa, arsiparis dan pustakawan. Untuk kategori penyuluh makalah terbaik diraih oleh BPTP Balitbangtan Bengkulu (Rahmat Oktafia, SP) dengan judul makalah "Peranan Teknologi Budidaya Bawang Merah terhadap Peningkatan Pengetahuan Petani di Kabupaten Rejang Lebong
Mantapkan Reformasi Birokrasi melalui Rakor Lingkup Balitbangtan
Dalam rangka meningkatkan kinerja Reformasi Birokrasi, Badan Litbang Kementerian Pertanian yang merupakan unit kerja Kementerian Pertanian selalu berusaha melakukan peningkatan kapasitas kinerja manajemen. Salah satu upaya yang dilakukan dengan melaksanakan Rapat Koordinasi Pemantapan Reformasi Birokrasi pada tanggal 5 - 6 Juli 2018, yang dihadiri lebih dari 70 orang peserta yang berasal dari perwakilan Balitbangtan, Balai Penelitian dan 13 BPTP dari berbagai Provinsi, serta perwakilan dari Karantina dan Balai Pelatihan Pertanian Jambi. Rapat koordinasi dilaksanakan di Aula Agro Inovasi BPTP Jambi. Peserta Rakor dari BPTP Bengkulu diwakili oleh Kasubbag TU Wahyuni Amelia Wulandari, S.Pt., M.Si dan Kasi KSPP Dr. Rudi Hartono, SP., MP.Rakor dibuka oleh Kepala Bagian Kerjasama, Hukum, Organisasi dan Humas Sekretariat Balitbangtan (Ir. Erlita Adriani, MBA.). Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa rakor ini bertujuan untuk memantapkan UK dan UPT dalam mengikuti penilaian oleh Menpan Reformasi Birokrasi, yang tentunya dengan melakukan perbaikan pelayanan. UPT juga diharapkan untuk terus meningkatkan kualitas dalam pengkajian. Narasumber yang menyampaikan materi dalam Rakor ini berasal dari Biro Organisasi dan Kepegawaian serta dari Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian. Inti materi pada rakor ini, koordinasi yang dilaksanakan terfokus pada upaya peningkatan kinerja birokrasi yang memiliki peranan penting dalam memberikan pelayanan berkualitas prima kepada stakeholder terutama kepada masyarakat pertanian. Reformasi birokrasi tidak lagi bisa dipandang sebagai suatu hal yang penting. Jika pelaksanaan teknis lapangan berjalan baik, namun tidak diikuti oleh birokrasi yang baik, maka UK dan UPT tersebut akan mendapatkan teguran sesuai dengan regulasi yang ada. Untuk itu, Balitbangtan selalu berusaha untuk melakukan berupaya untuk mengakselarasi kinerja Reformasi birokrasi di tingkat UK dan UPT secara berkelanjutan dan konsisten.
KAJIAN SUT JAGUNG HIBRIDA, DUKUNG PROGRAM SWASEMBADA BERKELANJUTAN
Bengkulu, Senin (4/06/2018)  dalam rangka mendukung usaha pencapaian swasembada jagung, BPTP Balitbangtan Bengkulu melaksanakan Pengkajian Sistem Usaha Tani (SUT) Jagung Hibrida, bertempat di Kelompok Tani Bina Karya Desa Sukaraja Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Dengan areal seluas 7 ha dengan 11 petani kooperator.Pengkajian ini bertujuan untuk mendapatkan paket teknologi SUT jagung hibrida di lahan kering Provinsi Bengkulu, sehingga diperoleh paket teknologi SUT jagung hibrida spesifik lokasi. Komponen teknologi yang diterapkan antara lain: (1) penggunaan varietas unggul jagung hibrida Bima 19 URI , Nasa 29 dan NK 6172, (2) dosis pupuk spesifik lokasi berdasarkan rekomendasi Kalender Tanam (KATAM) level Kecamatan Seginim, dan (3) sistem tanam legowo. Perlakuan yang dikaji sebanyak 5 paket; paket 1 (varietas Bima 19 URI, tanpa BO), paket 2 (varietas Bima 19 URI + BO), paket 3 (varietas Nasa 29 tanpa BO), paket 4 (varietas Nasa 29 + BO), dan paket 5 (paket petani, varietas NK 6172). Saat ini tanaman jagung berumur 15 HST dan telah dilakukan pemupukan pertama. BPTP Balitbangtan Bengkulu telah melakukan pendampingan  pemupukan, dimulai dengan penyampaian materi tentang penjelasan teknis pemupukan, waktu pemberian pupuk, dosis pupuk serta praktek pemberian pupuk. Berbarengan dengan kegiatan tersebut, juga dilakukan distribusi pupuk ke petani kooperator. Untuk mengoptimalkan pendampingan, BPTP Balitbangtan Bengkulu bekerjasama dengan para penyuluh lapangan setempat dalam mendampingi petani kooperator. Dengan adanya kegiatan pengkajian ini diharapkan petani dapat mengadopsi inovasi teknologi dalam melaksanakan aktivitas usaha taninya sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan petani.

Berita Upsus

Info Teknologi

SDM Profesional

Evi Silviyani, SST.
26 Mar 2018 08:36 - AdministratorEvi Silviyani, SST.

    Data Personal Nama : Evi Silviyani, SST. Tempat/Tgl Lahir : Cirebon, 27  [ ... ]

Engkos Kosmana
26 Mar 2018 08:23 - AdministratorEngkos Kosmana

    Data Personal Nama : Engkos Kosmana, SST. Tempat/Tgl Lahir : Ciamis, 1 J [ ... ]

Zul Efendi, S.Pt
28 Jul 2015 12:46 - AdministratorZul Efendi, S.Pt

Data Personal   Nama Zul Efendi, S.Pt Tempat/Tgl Lahir Air Manggis/27 Februari 1969  [ ... ]

Ir. Sri Suryani M. Rambe, M.Agr
08 Jul 2015 01:28 - AdministratorIr. Sri Suryani M. Rambe, M.Agr

Data Personal   Nama Ir. Sri Suryani M. Rambe, M.Agr Tempat/Tgl Lahir   Jenis  [ ... ]

SDM lainnya

Kunjungi Media Sosial Kami

Benih Sumber

VARIETAS STOK PEMBELIAN
INPARI 32 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 33 BLM TERSEDIA PESAN
INPARI 40 BLM TERSEDIA PESAN
INPARA BLM TERSEDIA PESAN
INPAGO 8 BLM TERSEDIA PESAN

 

Buku Teknologi

Statistik Pengunjung

250387
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
1268
1918
1268
235767
40576
63380
250387

2018-07-22 15:21